Kuliah di Universitas Melbourne

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Universitas Melbourne – University of Melbourne adalah sebuah universitas riset negeri yang terletak di Kota Melbourne, Negara Bagian Vistoria, Australia. Universitas ini didirikan pada tahun 1853 dan menjadi universitas tertua kedua di Australia atau yang paling tua di Bagian Victoria hingga kini.

Banyak mahasiswa tertarik untuk kuliah di sini selain karena selain nama besar University of Melbourne juga karena penduduk di Melbourne rata-rata berusia 28 tahun menurut survei Australian Bureau of Statistics tahun 2011. Hal itu memungkinkan kita untuk mendapat komunitas yang baik.

Dari banyak anak muda yang merupakan mahasiswa, terdapat siswa internasional yang jumlahnya mencapai 39.804 orang menurut Department of Education and Training Australia tahun 2014. Dengan begitu anggota komunitas yang tercipta sangat beragam.

Hingga kini Universitas Melbourne memiliki sekitar 40.000 mahasiswa yang didukung oleh sekitar 6.000 staf. Jurusan-jurusan yang populer di universitas ini adalah seperti bidang ilmu-ilmu sosial, ilmu budaya dan biomedis.

Lambang Universitas Melbourne

Lambang dari universitas ini adalah sebuah perisai biru (sebagai penggambaran “Kemenangan”) dalam warna putih yang memiliki karangan bunga laurel di atas bintang-bintang Southern Cross.

Moto dari Universitas Melbourne adalah “Postera crescam laude” yang berarti “Nanti aku akan tumbuh dengan pujian” atau dalam penerjemahan lain, “Kita akan tumbuh dalam penghargaan generasi masa depan”) yang ditulis di atas gulungan di bawah perisai.

Moto tersebut merupakan bahasa latin yang berasal dari sebuah baris di dalam Horace’s Odes, yaitu “ego postera crescam laude recens”.

Lokasi Universitas Melbourne

Kampus utama dari Universitas Melbourne terletak di Parkville, sebuah kawasan pinggiran kota bagian utara kawasan pusat bisnis Melbourne. Selain kampus utama, ada beberapa kampus lain Universitas Melbourne berlokasi di seberang Victoria.

Baca Juga  Pertimbangan Kuliah di Australia

Unit Universitas Melbourne

Universitas Melbourne terdiri dari 10 unit akademik yang terpisah. Unit-unit tersebut dikaitkan dengan sejumlah lembaga dan pusat penelitian, seperti Institut Penelitian Medis Walter dan Eliza Hall, Institut Ilmu Saraf dan Kesehatan Mental Florey, Institut Penelitian Ekonomi dan Sosial Terapan Melbourne dan Institut Grattan.

Ada juga 15 sekolah pascasarjana Melbourne yang cukup terkenal, seperti di antaranya Melbourne Business School, Melbourne Law School, dan Melbourne Medical School.

Peringkat Universitas Melbourne

Times Higher Education menempatkan Universitas Melbourne sebagai universitas terbaik ke-32 secara global pada 2017-2018. Sementara itu, Peringkat Akademik Universitas Dunia menempatkan Melbourne di urutan ke-38 terbaik di dunia, dan Peringkat Universitas Dunia QS 2019 menempatkan Universitas Melbourne di posisi 39 terbaik secara global.

Secara Tingkatan Kelayakan Kerja untuk QS 2019, universitas ini berada di peringkat keenam terbaik sedunia.

Fakultas di Universitas Melbourne

University of Melbourne memiliki 10 fakultas yang mencakup semua departemen, baik penelitian atau pun pengajaran. Berikut ini adalah fakultas di Universitas Melbourne dan masing-masing dekan yang mengepalai.

1. Fakultas Arsitektur, Bangunan dan Perencanaan.

Dekan fakultas ini adalah Julie Willis.

2. Fakultas Seni.

Dekan fakultas ini adalah Russell Goulbourne.

3. Fakultas Bisnis dan Ekonomi.

Dekan fakultas ini adalah Co-Deans, Paul Kofman, & Ian Harper.

4. Sekolah Pascasarjana Pendidikan Melbourne.

Dekan fakultas ini adalah Jim Watterston.

5. Sekolah Teknik Melbourne.

Dekan fakultas ini adalah Mark Cassidy.

6. Fakultas Seni Rupa dan Musik.

Dekan fakultas ini adalah Barry Conyngham.

7. Melbourne Law School.

Dekan fakultas ini adalah Pip Nicholson.

8. Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan.

Dekan fakultas ini adalah Shitij Kapur.

9. Fakultas Sains.

Dekan fakultas ini adalah Hari Karen.

10. Fakultas Ilmu Kedokteran Hewan dan Pertanian.

Baca Juga  Persyaratan dan Cara Kuliah di Australia

Dekan fakultas ini adalah John Fazakerley.

Sistem Pengajaran dan Pembelajaran

Dimulai pada tanggal 15 November 2005, Vice-Chancellor Glyn Davis memberikan pengumuman tentang sebuah program perubahan yang dinamai Growing Esteem. Di dalam program tersebut, University of Melbourne akan mencoba untuk mengonsolidasikan ketiga aktivitas utamanya, yaitu Riset, pembelajaran, dan pemindahan Pengetahuan.

Struktur kesarjanaan di universitas ini kemudian akan diubah ke dalam sebuah bentuk yang dinamakan sebagai “Melbourne Model”. Bentuk tersebut merupakan gabungan dari beberapa praktik universitas di wilayah Amerika dan Eropa.

Menurut para pendukungnya, hal tersebut telah sesuai dengan Perjanjian Bologna yang akan memastikan bahwa program kesarjanaannya akan memiliki relevansi di tingkat internasional. Hal ini yang kemudian menyebabkan gelar setingkat master di Universitas Melbourne dapat berubah nama menjadi “master” atau “doktor” apabila berada di Amerika Utara.

Universitas Melbourne sejauh ini menawarkan sembilan gelar tiga tahun umum dan bukan merupakan gelar sarjana khusus yang lebih tradisional. Beberapa gelar yang dimaksud adalah seperti:

Sarjana seni, Sarjana Pertanian, Sarjana Biomedis, Sarjana Perdagangan, Sarjana Desain, Sarjana Musik, Sarjana Kesehatan Mulut, dan Sarjana Sains. Sementara itu, The Bachelor of Design atau Sarjana Design adalah tambahan baru yang dimulai sejak tahun 2017.

Tambahan tersebut terkait dengan penutupan Bachelor of Environments yang secara kontroversial diberhentikan pada 2016, sejak berdiri tahun 2008. Hal itu dikarenakan keinginan beberapa Departemen yang bertujuan untuk mempertahankan fokus lingkungan.

Mengenai bentuk pembelajaran yang dinamai “Mocel Melbourne” tersebut sebenarnya muncul kontroversi oleh berbagai kelompok. Serikat pelajar, akademisi, dan beberapa siswa telah menyatakan kritik terhadap “Model Melbourne”, terutama mengenai risiko “dumbing down”.

Alumni Universitas Melbourne

Ada banyak sekali alumni Universitas Melbourne yang kemudian menjadi tokoh, mulai dari politikus hingga artis.

Hingga kini tercatat sebanyak empat perdana menteri Australia dan lima gubernur jenderal merupakan lulusan dari University of Melbourne. Selain itu, ada juga sebanyak sepuluh penerima hadiah Nobel yang diketahui pernah menjadi mahasiswa atau staf pengajar di sini.

Baca Juga  Lowongan Kerja di Australia

Beasiswa di Universitas Melbourne

Untuk kamu yang memerlukan bantuan biaya kuliah penuh, termasuk biaya tinggal, kuliah di Autralia memang bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal itu karena banyak tersedia beasiswa yang dapat digunakan, termasuk untuk masuk ke Universitas Melbourne ini.

1. Australia Awards Scholarships

Beasiswa Australia Awards merupakan bantuan pendidikan yang dikelola oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan. Cakupan pembiayaan oleh beasiswa ini meliputi biaya pendidikan secara penuh, perjalanan udara pulang pergi ke negara asal, tunjangan hidup, kontribusi untuk biaya hidup (CLE), Overseas Student Health Cover (OSHC), dll.

2. Endeavour Postgraduate Scholarship Awards

Beasiswa ini akan memberi bantuan keuangan penuh bagi siswa internasional yang menempuh pascasarjana di tingkat Master atau PhD dalam bidang studi apa pun di banyak universitas di Australia.

Cakupan pembiayaan oleh beasiswa ini adalah termasuk biaya kuliah, tunjangan perjalanan, tunjangan hidup, tunjangan bulanan, serta asuransi kesehatan khusus bagi mahasiswa internasional.

3. International Postgraduate Research Scholarships (IPRS)

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Beasiswa yang memiliki jangka waktu dua tahun dalam jenjang Magister dengan gelar penelitian atau tiga tahun untuk Doktor dengan gelar penelitian ini akan memberikan bantuan biaya sekolah dan biaya kesehatan secara penuh.

(Visited 423 times, 1 visits today)

Leave a Reply