20 Universitas Terbaik di Australia

Universitas Terbaik di Australia – Selain negara-negara di kawasan Eropa, Australia terbukti menerima banyak mahasiswa internasional. Bahkan negara ini menjadi ketiga terbanyak yang menerima mahasiswa luar negara.

Nah, untuk kamu yang juga ingin kuliah ke luar negeri, berikut ini adalah daftar 20 universitas terbaik di Australia yang biasa menjadi pilihan bagi mahasiswa internasional dari berbagai negara.

1. Australian National University (ANU)

Australian National University merupakan universitas terbaik saat ini di Australia untuk tahun 2019 ini. Selain menjadi yang terbaik di negaranya sendiri, universitas ini juga berhasil masuk ke dalam 100 terbaik sedunia dengan menempati peringkat 24 terbaik sedunia.

2. Universitas Melbourne

Setalah berhasil naik dua peringkat dibanding tahun lalu ke peringkat 39 sedunia, University of Melbourne pada tahun 2019 ini juga meraih posisi di 20 besar secara global untuk reputasinya sebagai kampus bagi para akademisi dan pengusaha.

Salah satu keunikan di universitas ini adalah bentuk pembelajarannya yang disebut sebagai “Model Melbourne”.

3. University of Sydney

University of Sydney berhasil naik delapan tempat ke peringkat 42 terbaik sedunia pada tahun 2019 ini. Universitas tertua dibanding universitas-universitas aktif Australia ini sebelumnya juga menempati peringkat keempat di dunia dalam pemeringkatan oleh QS Graduate Employability Rankings tahun 2018.

4. Universitas New South Wales (UNSW)

Satu lagi universitas terbaik di Australia yang terletak di Sydney adalah University of New South Wales. Universitas ini berhasil mempertahankan posisinya di peringkat ke-45 terbaik dunia pada tahun 2019 ini versi Peringkat Universitas Dunia.

Universitas yang satu ini dianggap bergengsi selain karena peringkatnya juga karena merupakan anggota pendiri Kelompok Delapan, yaitu sebuah koalisi universitas intensif penelitian di Australia.

5. Universitas Queensland (UQ)

Daftar universitas terbaik di Australia terbaik juga mencantumkan University of Queensland dalam lima besar terbaik nasional. Selain menjadi ke-5 universitas terbaik di Australia, universitas ini juga berhasil menempati peringkat ke-48 terbaik sedunia pada tahun 2019 ini.

6. Universitas Monash

Universitas terbaik di Australia yang berikiutnya ini masih terus bersaing di 10 besar sebagai universitas bergengsi. Sementara itu, di kancah internasional Universitas Monash berhasil menempati peringkat ke-59 dunia bersama dengan Universitas Shanghai Jiao Tong Cina.

Universitas Monash yang bertempat utama di Kota Melbourne ini sebenarnya tidak hanya mempunyai satu lokasi. Ada beberapa kampusnya yang tersebar di beberapa negara, seperti lima kampus di negara bagian Victoria dan dua kampus lainnya berada di Malaysia dan Afrika Selatan.

7. University of Western Australia (UWA)

University of Western Australia yang berlokasi di Kota Perth adalah salah satu universitas terbaik di Australia yang pada tahun 2019 juga berhasil naik dua peringkat ke peringkat 91 sedunia. Universitas ini sudah kerap menjadi langganan masuk 100 besar universitas terbaik dunia.

Universitas ini diklaim memiliki penilaian terkuat dalam persentase anggota staf pengajar internasional sehingga menjadi salah satu yang paling diminati oleh mahasiswa internasional.

8. Universitas Adelaide

Selain karena beberapa kali disebutkan di buku atau film populer, universitas ini memang terkenal karena memiliki mutu pendidikan yang bersaing. Sebabagi universitas populer yang menempati peringkat 114 di dunia pada tahun 2019 ini, University of Adelaide telah diakui atas inovasinya dalam berbagai bidang penelitian oleh Excellence in Research Australia (ERA).

9. Universitas Teknologi, Sydney (UTS)

Salah satu universitas terbaik di Australia yang terletak di Syney ini berhasil naik 16 peringkat ke peringkat 160 bersama Universitas Swiss di Kota Basel. Padahal, Universitas Teknologi Sydney adalah salah satu universitas termuda di Australia yang baru didirikan dalam bentuk modern seperti saat ini pada tahun 1988.

10. Universitas Newcastle

Sejak berdiri pada tahun 1965, universitas ini telah mempunyai kampus utama di pinggiran Callaghan di Newcastle, New Sou Wales, dan termasuk satu di Negara Singapura. Dari semua kampus yang dimiliki tersebut, total terdapat 26.615 siswa yang aktif tercatat.

Hingga hari ini, salah satu universitas terbaik di Australia ini menempati posisi 214 terbaik sedunia tahun 2019.

Di lain 10 universitas yang kerap menjadi pilihan utama mahasiswa internasional di atas, masih ada beberapa universitas lagi yang bisa kita jadikan andalan jika ingin kuliah di Australia. Beberapa di antaranya menyediakan beasiswa bagi mahasiswa dari negara berkembang, berikut ini:

11.University of Wollongong – menempati peringkat bersama di posisi 218 terbaik sedunia tahun 2019 dan menjadi yang terbaik ke 11 di Autralia.

12.Queensland University of Technology (QUT) – menempati peringkat bersama di posisi 244 terbaik sedunia tahun 2019.

13. Curtin University – menempati peringkat bersama di posisi 250 terbaik sedunia tahun 2019.

13. Macquarie University – menempati peringkat bersama di posisi 250 terbaik sedunia tahun 2019.

13. RMIT University – menempati peringkat bersama di posisi 250 terbaik sedunia tahun 2019.

16.University of Sou Australia (UNISA) – menempati peringkat bersama di posisi 264 terbaik sedunia tahun 2019.

17.University of Tasmania – menempati peringkat 287 terbaik sedunia tahun 2019.

18.Deakin University – menempati peringkat 309 terbaik sedunia tahun 2019.

19.Griffi University – menempati peringkat bersama di posisi 329 terbaik sedunia tahun 2019.

20.James Cook University (JCU) – menempati peringkat bersama di posisi 369 terbaik sedunia tahun 2019.

Itulah tadi 20 universitas terbaik di Australia berdasarkan pemeringkatan secara global di tahun 2019 ini. kamu bisa mencari tahu lebih dalam mengenai kualitas program yang ditawarkan di masing-masing universitas.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *