Universitas Tertua di Inggris

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Universitas Tertua di Inggris – Usia dari universitas kerap menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar. Hal tersebut karena semakin tua universitas, maka teknik pembelajaran yang dilakukan semakin teruji.

Nah, berikut ini adalah beberapa universitas tertua yang ada di Inggris.

1. Universitas Oxford (1096)

Sejarah Universitas Oxford telah berlangsung hampir satu milenium lamanya. Meskipun tidak ada tanggal pendirian yang secara jelas diketahui, catatan pengajaran tertua di Oxford berasal dari tahun 1096.

2. University of Cambridge (1209)

Sejarah Universitas Cambridge terkait erat dengan saingannya dalam pemeringkatan global saat ini, yaitu Universitas Oxford. Dalam ingatan sejarah, ketika sejumlah sarjana Oxford dipaksa untuk pergi setelah perselisihan dengan penduduk kota setempat, beberapa dari mereka pergi ke Kota Cambridge dan mendirikan sekolah baru pada tahun 1209.

Sejak saat itu kemudian salah satu universitas tertua di Inggris ini menjadi salah satu universitas terbaik dan paling berpengaruh di dunia menyaingi University of Oxford.

3. Universitas St. Andrews (1410–1413)

Universitas ini didirikan antara tahun 1410 dan 1413, yang menjadi universitas tertua di daerah Skotlandia. Universitas ini secara konsisten masuk dalam 100 besar peringkat internasional, sesuai dengan moto-nya, “Ever to excel”.

Alumni dari salah satu universitas tertua di Inggris ini adalah orang-orang terkenal seperti B. C. Forbes (pendiri majalah Forbes) dan Pangeran William beserta istrinya Kate Middleton. Hingga hari ini, ada sekitar 11.000 siswa terdaftar di Univesitas St Andrews.

Baca Juga  Cara Melakukan Perkenalan Dalam Bahasa Inggris

4. University of Glasgow (1451)

Menurut catatan, Universitas Glasgow didirikan pada tahun 1451 yang ketika itu sebagai tambahan untuk katedral kota. Selama berabad-abad lamanya Universitas Glasgow telah meluluskan banyak alumni terkenal, seperti penemu dan insinyur James Watt, dan baru-baru ini, aktor Gerard Butler, ekonom Adam Smith, penulis terlaris John Niven, dan Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon.

5. University of Aberdeen (1495)

Sejarah Universitas Aberdeen diperkirakan mencapai lebih dari 500 tahun sebelum ini. Universitas ini awalnya didirikan pada tahun 1495 sebagai King’s College dan kemudian bergabung pada tahun 1860 dengan Marischal College.

Hari ini salah satu universitas tertua di Inggris ini secara konsisten masuk ke dalam peringkat 200 universitas terbaik di dunia. Beberapa alumni terkemuka dari universitas ini adalah seperti aktor Glen (Game of Thrones) dan penulis Ali Smith.

6. Universitas Edinburgh (1583)

Berdasarkan catatannya, University of Edinburgh secara resmi didirikan pada tahun 1582 walaupun baru dibuka pada tahun 1583. Hingga saat ini, dengan lebih dari 30.000 mahasiswa yang ada di dalamnya, universitas ini adalah salah satu dari 10 universitas terbesar di Inggris.

Salah satu universitas tertua di Inggris ini secara konsisten menempati peringkat di bawah 100 universitas terbaik dunia. Beberapa orang yang terkenal dalam sejarah adalah seperti bapak teori evolusi Charles Darwin, ahli statistik Thomas Bayes, ahli fisika James Clerk Maxwell, dan beberapa lainnya.

7. University of Manchester (1824)

Universitas ini baru didirikan dalam bentuk yang seperti ini pada tahun 2004, akan tetapi akar asal dari Universitas Manchester tercatat sejak tahun 1824, tahun ketika Institut Mekanika Manchester didirikan.

Salah satu universitas tertua di Inggris ini telah menyumbangkan dua lusin pemenang Hadiah Nobel, baik itu staf dan alumni mahasiswanya.

Baca Juga  Cara Cepat Menghafal Kata Kerja Bahasa Inggris V1 V2 V3

8. University College London (1826)

University College London (UCL) diperkirakan telah didirikan pada tahun 1826 dengan nama London University. Pada tahun 1836, UCL merupakan salah satu dari dua perguruan tinggi konstituen pendiri Universitas London Baru, sebuah universitas federal perguruan tinggi yang sekarang menaungi hampir 20 perguruan tinggi.

UCL secara rutin menempati 20 tempat teratas dalam peringkat universitas internasional. Hal tersebut sebanding dengan daftar alumninya yang mencakup tokoh-tokoh seperti Francis Crick (co-penemu DNA), Ricky Gervais (komedian dan aktor, The Office), semua anggota Coldplay, dan juga Mahatma Gandhi.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

9. Universitas Durham (1832)

Durham University telah didirikan sejak tahun 1832 dan kini merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Inggris. Di mata internasional, salah satu universitas tertua di Inggris ini secara konsisten dapat menempati posisi ke 100 terbaik dunia.

 

(Visited 61 times, 1 visits today)

Leave a Reply