Apa Itu Ausbildung

Apa Itu Ausbildung, Cara Mendaftar, dan Manfaat Yang Didapat

Apa Itu Ausbildung – Banyak di antara kita yang mungkin ingin menjelajahi dunia, tapi tidak tahu caranya. Karena traveling ke luar negeri jelas memerlukan biaya sangat besar. Bagi yang berprestasi di dunia akademik, mereka bisa memanfaatkan program pertukaran pelajar maupun beasiswa kuliah di luar negeri.

Sedangkan bagi pekerja yang bekerja di perusahaan multinasional, kesempatan ke luar negeri terbuka ketika diharuskan ikut training atau meeting.

Baca juga ” Contoh Kalimat Adjective, Jenis dan Penjelasan Lengkap “

Nah bagaimana kalau kemampuan akademik maupun finansialnya pas-pasan? Tenang, masih ada cara lain untuk menjelajahi, hidup, dan belajar di negara orang, khususnya negara-negara Eropa. Salah satunya dengan ikut Ausbildung ke Jerman.

Sebagai salah satu negara terbesar dan terkuat dalam hal ekonomi, Jerman membuka peluang bagi pemuda dari seluruh dunia untuk bekerja atau belajar di sana. Terlebih dengan jumlah angkatan kerja Jerman yang sangat minim, mereka dengan senang hati menerima tenaga dari luar.

Lalu apa itu ausbildung, apa saja keuntungan yang didapatkan ikut program ini, serta bagaimana syarat pendaftarannya? Yuk ikuti ulasan berikut ini.

Apa itu ausbildung?

Ausbildung adalah program pelatihan selama 3 tahun yang diperuntukkan bagi lulusan SMA atau yang selevel. Program ini menjadi solusi pemerintah Jerman bagi lulusan SMA yang ingin expert dalam satu bidang tanpa harus kuliah di perguruan tinggi. Di Jerman sendiri, Ausbildung masuk sebagai salah satu bagian dari sistem pendidikan Jerman. Tidak semua siswa Jerman memiliki nilai akademik sangat baik dan ingin kuliah hingga universitas. Mereka biasanya akan ikut ausbildung saat berusia 16 sampai 18 tahun.

Selama 3 tahun, peserta akan mendapatkan pendidikan ala Jerman yang mengkombinasikan antara teori dan praktek. Terkait berapa persen bagian teori dan praktek, setiap negara bagian memiliki peraturan yang berbeda-beda. Ada porsinya sama, yaitu dalam sebulan siswa mendapat 2 minggu teori di kelas dan 2 minggu praktek di lapangan. Tapi banyak juga yang memperbanyak porsi praktek.

Tapi dimanapun negara bagiannya, program ausbildung Jerman memberi jaminan bahwa siswa akan dibekali skill bekerja di lapangan serta pengetahuan teori yang mendalam. Dan setelah menjalani pelatihan 3 tahun, mereka bisa langsung bekerja sesuai keahlian. Keluarga di jermanpun bangga kalau ada anaknya yang ikut ausbildung. Karena mereka bisa lebih cepat mandiri dan membantu keuangan keluarga.

Keluarga juga tidak mempermasalahkan pekerjaan lapangan sebagai tukang listrik, mekanik, tukang cukur, tukang kebun, atau sopir. Jerman memiliki kondisi ekonomi mapan serta kesenjangan yang kecil, sehingga profesi apapun menjanjikan kesejahteraan lebih dari cukup.

Jenis-jenis ausbildung

Dengan mengetahui Apa Itu Ausbildung, sekarang menuju ke jenisnya. Bagi orang Jerman, Ausbildung bisa diikuti pelajar berusia 16 hingga 18 tahun atau setingkat SMA. Tapi bagi orang asing, untuk menjadi azubi (siswa ausbildung) haruslah lulus SMA atau yang setara. Karena itu, ausbildung ini sebenarnya mirip program Diploma di Indonesia.

Bedanya, kita bisa menjalani ausbildung dengan gratis, bahkan mendapat uang saku. Nah di Jerman sendiri dikenal 2 jenis ausbildung.

1.Duale ausbildung

Ausbildung jenis inilah yang diambil orang dari luar negeri, termasuk Indonesia. Seperti namanya, Duale ausbildung yang secara bahasa berarti pelatihan ganda. Pada program ini, azubi akan memperoleh pelatihan praktis dari perusahaan serta pendidikan teori di dalam kelas.

Duale ausbildung juga menjadi jalur pendidikan paling terkenal di Jerman lho. Bahkan lebih dari 50% generasi muda Jerman memilih cara ini untuk memulai karir mereka. Duale ausbildung juga membuat Jerman memiliki tenaga terampil siap kerja dan otomatis akan meminimalkan jumlah pengangguran.

Program duale ausbildung ini membuka banyak bidang pelatihan. Mayoritas azubi Indonesia hanya memilih bidang tertentu seperti perhotelan dan restoran. Padahal ada ratusan bidang lainnya yang bisa kita pilih.

Baca Juga  Mengenal Kata Benda Dan Kata Sifat Dalam Bahasa Jerman

Misalnya saja bengkel, perbankan, multimedia, komunikasi, fotografi, teknisi komputer, tukang rias, pertanian, tekstik, dll. Untuk melihat jurusan ausbildung yang tersedia, bisa kita cek di www.azubiyo.de/berufe/a-z/.

Menjadi lebih menggiurkan lagi karena azubi mendapat uang saku yang lumayan. Dalam sebulan, seorang azubi rata-rata akan mendapat gaji kotor sekitar 795 Euro atau 13,5 Juta Rupiah. Dan jumlah tersebut bisa lebih besar kalau kalian bekerja di wilayah yang upah minimumnya tinggi.

Sedangkan bagi azubi yang bekerja di perusahaan berteknologi tinggi, misalnya mekatronika, Teknik, atau IT, azubi bisa memperoleh gaji kotor 950 Euro atau 16 Juta Rupiah per bulan. Dan di akhir program, azubi akan mendapat serifikat ausbildung.

Dengan industri Jerman yang reputasinya mendunia, sertifikat ausbildung akan membantu kalian mendapat pekerjaan dimanapun berada. Karena sertifikat tersebut menjadi bukti bahwa kalian berpengalaman dengan sistem kerja ala perusahaan Jerman.

2.Schulische Ausbildung

Satu lagi jenis ausbildung, yaitu schulische ausbildung. Schulische artinya sekolah, sehingga kalau diterjemahkan kata per kata, schulische ausbildung bisa diartikan pendidikan sekolah.

Karena itu, program ini memberikan porsi teori di sekolah lebih besar dibanding praktek lapangan. Praktek lapangan hanya dilakukan dalam satu hari saja. Jadi azubi akan menjalani model pembelajaran mirip kuliah kampus.

Dan tidak seperti program duale ausbildung yang gratis, siswa schulische ausbildung umumnya justru diharuskan membayar biaya kursus. Selain itu, siswa juga diharuskan membayar deposit ke bank Jerman sebesar 10.000 Euro. Karena deposit yang sangat besar ini, wajar kalau tidak banyak siswa Indonesia yang ikut schulische ausbildung.

Walau begitu, ada beberapa bidang yang mendapat gaji. Terutama bidang yang berhubungan dengan kesehatan seperti tenaga paramedis, pengasuh di panti jompo, atau terapis.

Manfaat ikut ausbildung

Setelah tahu apa itu ausbildung dan jenisnya, kita juga harus tahu apa saja manfaat yang didapat dari ikut program ini. Karena ausbildung Jerman ini benar-benar unik. Ausbildung menjadi contoh simbiosis mutualisme antara alumni sekolah menengah dan perusahaan. Peserta dari luar Jerman mendapat pengalaman bekerja dan di negara Jerman yang terkenal sangat disiplin.

Banyak hal lain yang bisa dipelajari dari budaya Jerman seperti pola pikir, kreativitas, dan cara kerja yang sistematis. Sementara perusahaan akan mendapat tenaga muda yang sangat bergairah. Untuk menambah semangat, ini dia beberapa keuntungan ikut program ausbildung.

1.Penghasilan dalam Euro

Seperti disebutkan di atas, bahwa azubi akan mendapat gaji bulanan sekitar 795 Euro. Dan gaji tersebut akan naik seiring berjalannya waktu. Tapi ingat, gaji tersebut merupakan gaji bruto atau kotor. Artinya gaji yang didapat akan lebih kecil karena dikurangi sewa asrama, asuransi, serta pajak penghasilan.

Selain gaji bulanan, perusahaan biasanya juga memberikan gaji ke 13 yang dibayarkan pada hari besar keagamaan di Jerman. Lagi-lagi, pemberian gaji ke 13 ini sangat tergantung kebijakan tiap perusahaan.

2.Melancarkan skill bahasa Jerman

Kita semua pasti setuju kalau cara tercepat lancar bahasa asing adalah dengan tinggal di negara tersebut. Nah bagi yang ingin melancarkan bahasa Jerman, kalian bisa menjadi azubi. Tinggal di Jerman mengharuskan kita berkomunikasi bahasa Jerman setiap hari. Otomatis, skill bahasa Jerman kita akan lancar.

3.Ilmu bermanfaat

Ikut ausbildung tidak ubahnya ubahnya magang di perusahaan tapi tetap mendapat pelajaran di kelas. Dengan kata lain, perusahaan tidak hanya mempekerjakan azubi, tapi juga memberi ilmu yang akan bermanfaat di masa depan. Banyak ilmu yang belum tentu didapatkan di bangku kuliah.

Bahkan siswa ausbildung juga diharuskan mengerjakan PR, tugas, serta menjalani ujian. Di Indonesia sendiri belum ada program yang seperti ausbildung.

Baca Juga  Aupair Adalah Salah Satu Cara Mengenali Jerman

4.Sertifikat ausbildung

Sertifikat ausbildung yang didapatkan di akhir program menjadi bukti bahwa kita sangat ahli dalam bidang kerja tersebut. Nah perusahaan mana sih yang mau menolak alumni Jerman? Saat pulang ke tanah air, serifikat ausbildung sangat membantu dalam mendapat pekerjaan.

5.Batu loncatan kuliah di Jerman

Siapa yang tidak ingin kuliah di Jerman? Negara ini memiliki kualitas pendidikan yang sangat tinggi. Sudah gitu, mereka membebaskan biaya kuliah untuk mahasiswa yang diterima di universitas negeri. Tapi untuk bisa kuliah di Jerman tetap tidak mudah.

Selain seleksi yang ketat, mahasiswa diharuskan memiliki jaminan finansial sekitar 8700 Euro. Uang jaminan tersebut sebagai bukti bahwa kita memiliki dana untukmembiayai hidup selama kuliah di Jerman.

Nah bagi yang kondisi ekonominya pas-pasan, salah satu keuntungan ausbildung adalah bisa dijadikan batu loncatan kuliah di Jerman. Caranya, dengan menunjukkan slip gaji ausbildung sebagai bukti kemampuan finansial.

Kebetulan di Jerman ada program Fernstudium atau berufsbegleitendes Studium yang memungkinkan seseorang kuliah sambil menjalani ausbildung.

Kita juga bisa lho lanjut kuliah di Jerman setelah lulus program ausbildung. Pengalaman sebagai ausbildung menjadi bukti kita mampu bekerja di Jerman. Sehingga pengalaman tersebut akan bermanfaat saat mendaftar kampus di Jerman.

Setelah mengetahui Apa Itu Ausbildung, berikut berbagai keuntungannya.

6.Kesempatan berkarir di Jerman

Perusahaan Jerman dikenal dengan cara kerja yang sangat sistematis. Dengan lulus ausbildung, artinya kita mampu mengikuti ritme kerja ala Jerman dan tahu budaya kerja Jerman. Hal ini membuat perusahaan Jerman tidak ragu-ragu untuk merekrut lulusan ausbildung.

Kalau beruntung, perusahaan tempat magang bisa saja merekrut kita. Terlebih kalau kinerja kita sebagai azubi memuaskan.

7.Pengalaman hidup di negara maju

Jerman dikenal dengan ketertiban dan kedisiplinan warganya. Nah tinggal di Jerman selama 3 tahun sebagai azubi akan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih disiplin. Selain dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menularkannya saat balik ke tanah air kelak.

8.Lingkungan kerja profesional

Budaya disiplin warga Jerman juga dibawa di lingkungan kerja. Pekerja Jerman benar-benar fokus dalam tugasnya. Mereka sangat tabu untuk sekedar ngobrol atau nelpon urusan pribadi pada jam kerja. Efeknya, sangat jarang terdengar ada karyawan lembur. Karena pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Tidak sekedar selesai tepat waktu, perusahaan Jerman juga mengharuskan pekerjaan diselesaikan sesuai prosedur yang ada. Dan mereka mengawasi semuanya dengan sangat teliti. Makanya tidak heran kalau produk Jerman dikenal memiliki kualitas sangat tinggi.

9.Jalan-jalan ke negara Eropa lainnya

Hari kerja di Jerman umumnya berlangsung selama 5 hari. Sehingga waktu libur 2 hari dalam seminggu bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan dan menikmati keindahan alam Jerman. Lokasi Jerman yang sangat strategis juga membuat kita bisa jalan-jalan ke negara Eropa lainnya, seperti Italia, Belgia, Swiss, Ceko, Austria, dll.

10.Meluaskan koneksi

Jerman merupakan salah satu negara paling multikultural di Eropa. Nah ausbildung menjadikan kita bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara, budaya, dan karakter. Kesempatan seperti ini pastinya sangat langka.

Kita berkesempatan meluaskan relasi sebanyak mungkin. Pergaulan internasional juga menjadikan kita lebih menghargai perbedaan dan toleransi.

Syarat mendaftar ausbildung

Setelah Mengetahui apa itu ausbildung, sekarang kita bicarakan manfaatnya. Ausbildung boleh diikuti orang Jerman maupun luar Jerman. Yang pasti, syarat ausbildung yang utama adalah kemampuan berbahasa Jerman. Karena tinggal di Jerman, sudah pasti kita wajib bisa berkomunikasi bahasa Jerman. Nah agar tahu secara detail, ini dia beberapa syarat ikut program ausbildung.

1.Skill bahasa Jerman

Proses interview dengan perusahaan sudah menggunakan bahasa Jerman. Sehingga kita sudah harus lancar berbahasa Jerman sejak jauh-jauh hari. Bagi kalian yang ingin ikut ausbildung selepas SMA, setidaknya sudah ikut kursus bahasa satu tahun sebelumnya.

Baca Juga  Wujudkan Mimpi Kuliah Luar Negeri Melalui Beasiswa di Jerman

Dan ternyata skill bahasa Jerman saja tidak cukup, kita harus membuktikannya dalam bentuk sertifikat bahasa. Karena sertifikat bahasa Jerman ini akan diminta saat aplikasi visa.

Biasanya pihak keduataan Jerman di Jakarta akan meminta sertifikat bahasa Jerman pada level B1. Tapi akan lebih baik lagi kalau kita memegang seritifikat level B2. Karena ternyata banyak lho perusahaan Jerman mensyaratkan sertifikat B2.

2.Ijazah terakhir

Tidak ada syarat istimewa dalam hal ijazah. Program ausbildung ini terbuka bagi lulusan SMA atau yang setingkat. Tapi bagi kalian lulusan Diploma atau Sarjana, peluang bergabung akan lebih besar. Karena lulusan perguruan tinggi sering dianggap memiliki pola pikir dan mental yang lebih baik.

Selain ijazah, biasanya ada persyaratan nilai minimal untuk pelajaran tertentu. Ini berlaku untuk lulusan SMA. Dan persyaratan nilai akademik ini biasanya menyesuaikan dengan bidang pekerjaan yang akan dijalani. Sedangkan untuk lulusan perguruan tinggi, perususahaan biasanya tidak akan mensyaratkan nilai minimal.

Ijazah dan transkrip nilai ini akan diberikan ke perusahaan Jerman yang akan merekrut kita. Dan umumnya perusahaan Jerman akan meminta fotocopy ijazah yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Jerman. Jadi jangan lupa untuk diterjemahkan dulu ya!

Apa Itu Ausbildung

3.Usia

Faktor usia Setelah mengetahui Apa Itu Ausbildung. Kalau di Jerman sendiri sebenarnya tidak ada batasa usia peserta ausbildung. Tapi banyak perusahaan yang lebih suka dengan peserta ausbildung berusia 18 hingga 25 tahun. Karena pada usia fresh graduate tersebut, orang sedang giat-giatnya belajar dan bekerja. Perusahaan Jerman juga lebih mudah mendidik seseorang yang berada pada usia emas.

4.Motivasi

Selain faktor akademis, perusahaan akan menilai keseriusan seseorang dari motivasi yang dimilikinya. Bekerja selama 3 tahun di negeri orang jelas membutuhkan niat dan motivasi besar. Tidak selamanya hidup di luar negeri seindah yang dibayangkan. Apalagi banyak orang Indonesia yang mengalami homesicks dan culture shocks saat berhadapan dengan budaya yang sama sekali berbeda.

Cara mendaftar ausbildung

Setelah mengerti Apa Itu Ausbildung, Sekarang langkah selanjutnya cara mendaftar. Ada 2 cara agar bisa ikut program ausbildung, yaitu dengan agen atau mandiri. Bagi yang punya modal, mereka bisa mendaftar lewat agen. Segala sesuatu mulai dari pencarian perusahaan hingga urusan dokumen sudah diurusi pihak agen.

Tapi memakai jasa agen komersial jelas tidak murah. Kita harus menyiapkan dana ratusan juta untuk membayar jasa agen tersebut.

Nah bagi dananya terbatas, jangan khawatir. Karena kita masih bisa mendaftar ausbildung dengan apply langsung visa website, seperti www.ausbildung.de, www.indeed.de, maupun www.stepstone.de. Beberapa website tersebut menyediakan informasi perusahaan yang membuka program ausbildung.

Dan jangan takut ya! Sekiranya ada lowongan ausbildung yang sesuai dengan kompetensi kita, kita bisa coba kirim email ke perusahaan tersebut.

Intinya, pendaftaran ausbildung sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan mandiri. Cukup apply lewat internet, proses wawancara, urusan dokumen, dan kontrak kerja dilakukan via online.

Bagi yang ingin daftar program ausbildung, yang paling penting untuk disiapkan adalah skill bahasa Inggris. Karena kemampuan bahasa sangat diperlukan saat berkomunikasi dengan perusahaan Jerman. Jangan sampai gagal di interview hanya karena skill bahasa Jerman yang terbatas.

Nah bagi yang ingin ikut ausbildung lewat jalur mandiri, dapatkan informasinya dengan menghubungi Virtu Education di nomor 0812-89-8000-26 atau klik www.virtueducation.org.

Nah paham kan Apa Itu Ausbildung? Virtu education telah berpengalaman membantu pelajar Indonesia bergabung dalam program ausbildung Jerman tanpa agen. Berangkat tanpa agen, berarti kita telah menghemat puluhan juta Rupiah. Selamat mencoba dan sukses selalu ya!

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *