Apa itu Freelance dan Untung Rugi Bekerja Sebagai Freelancer

Apa itu Freelance – Ada banyak alasan yang membuat orang zaman now lebih suka bekerja di rumah. Apalagi bagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, bekerja di luar rumah membuat mereka harus berhadapan dengan macet. Akbatnya, waktu banyak dihabiskan di jalan.

Kerja di rumah juga membuat kalian tetap enjoy menikmati kebersamaan dengan keluarga. Nah salah satu solusi agar bisa bekerja di rumah adalah dengan menjadi freelancer.

Ada banyak pekerjaan frelance yang bisa dikerjakan di rumah seperti copywriting, desain grafis, desain web, programmer, penerjemah, marketing online, data entry, dll. Bekerja freelance bisa menjadi cara jitu untuk tetap mendapatkan uang dari rumah.

Apalagi perkembangan internet memungkinkan kalian bisa bekerja freelance di rumah. Tapi apakah kalian benar-benar tahu apa itu freelance? Apa saja untung dan rugi bekerja frelance? Yuk ikuti ulasan berikut ini

Apa itu freelance?

Pekerja lepas atau freelance adalah pekerjaan yang dilakukan tanpa perjanjian jangka panjang atau kontrak dengan perusahaan atau klien yang membiayainya.

Biasanya pekerjaan yang dilakukan adalah per proyek. Jadi pekerja akan diminta menyelesaikan pekerjaan atau proyek itu saja. Begitu proyek selesai sebagaimana waktu yang disepakati, maka perjanjianpun selesai.

Contoh, mungkin kalian pernah melihat lowongan freelance untuk mengerjakan desain web. Maka desainer segera mengerjakan tugas tersebut dan kontrak akan berakhir setelah desainer web tadi menyelesaikan pekerjaanya.

Keuntungan bekerja freelance

Menjadi freelancer berarti kalian menjadi bos bagi diri sendiri. Kalian tidak diawasi secara langsung oleh klien atau orang yang memberi pekerjaan. Keuntungan lain menjadi frelancer diantaranya:

•Waktu fleksibel

Faktor utama yang membuat banyak orang enjoy menjadi freelancer adalah waktu bekerja yang fleksibel. Kalau kebanyakan orang bekerja dari jam 8.00 pagi sampai jam 5.00 sore, maka freelancer bisa menentukan jadwal kerjanya sendiri.

Baca Juga  Apa Itu Aktuaria, Prospek, dan Cara Menjadi Aktuaris

Walau begitu, freelancer tetap harus menyelesaikan pekerjaan sesuai target. Jadi dia harus bisa mengatur waktu dengan baik dan disiplin tinggi. Manajemen waktu yang buruk hanya membuat pekerjaan terhambat dan kalian bisa kesulitan mendapat pekerjaan lain di masa depan.

•Tidak harus ngantor

Sebagian pekerja mengeluh karena jauhnya jarak rumah ke kantor. Tapi tidak dengan freelancer. Selain bebas memilih jam kerja, freelancer juga bisa bekerja dimana saja sesuka hati. Kalau tidak pengin repot, bekerja di rumah adalah pilihan terbaik. Kalian tidak harus keluar ongkos bensin dan terbebas dari kemacetan lalu lintas.

•Bisa memilih pekerjaan yang disukai

Seorang pekerja kantoran sering harus mengerjakan tugas yang tidak disukainya. Tapi sebagai freelancer, kalian bisa memilih jenis pekerjaan yang disukai. Dan di internet ada berbagai jenis lowongan freelancer yang bisa kalian pilih.

•Bisa mengerjakan job side

Karena waktu yang fleksibel, maka freelancer bisa memiliki lebih dari satu pekerjaan. Ini membuat freelancer berpotensi mendapat penghasilan lebih dibanding pekerja biasa.

Misalnya, di sela-sela mengerjakan proyek desain grafis, kalian tetap bisa menjalankan bisnis lainnya. Dan hal ini tidak dilarang, selama proyek bisa diselesaikan sesuai perjanjian.

•Banyak link

Bekerja freelance membuat kalian bisa bekerja sama dengan banyak pihak. Kalau mampu memberikan kesan baik dan memuaskan klien, pastinya kerjasama ini bisa bermanfaat di masa depan. Kalian bisa mendapat pekerjaan lagi dari klien tersebut atau mendapat rekomendasi untuk mengerjakan proyek lainnya.

Kerugian bekerja freelance

Tapi disamping menyenangkan dan banyak keuntungan, bekerja secara freelance juga ada kerugiannya lho. Ini dia beberapa kerugiannya:

•Pendapatan tidak stabil

Tidak seperti karyawan yang tiap bulan mendapat penghasilan tetap, pendapatan freelancer sangat tergantung ramai atau sepinya job. Kalian tidak akan selalu mendapat 4 atau 5 job dalam sebulan. Ada kalanya kalian mengalami sepi job sehingga penghasilanpun turun drastis.

Baca Juga  8 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Smartphone Android

Jadi agar dapur tetap selalu ngepul, kalian harus pandai-pandai mengatur keuangan serta menjaga hubungan baik dengan klien.

•Fasilitas pas-pasan

Nilai minus lainnya dari bekerja freelance adalah terbatasnya fasilitas yang didapat. Misalnya, kalian tidak akan mendapat uang makan, transport, asuransi kesehatan, tunjangan anak istri, dan fasilitas lainnya.

Jadi kalian tidak bisa berharap mendapat tunjangan kesehatan saat sakit. Selain itu, uang lembur juga tidak akan dibayar meski kalian bekerja di hari libur. Karena honor biasanya sudah disepakati di awal.

•Tidak mendapat bonus tahunan

Salah dua yang ditunggu-tunggu karyawan adalah bonus tahunan dan tunjangan hari raya. Bahkan ada banyak perusahaan yang memberikan bonus sebesar beberapa kali gaji. Nah sebagai freelancer, kalian pastinya harus gigit jari saat ada teman yang menerima THR.

•Kurang gaul

Efek negatif lain yang berpotensi terjadi pada pekerja freelance adalah terisolasi dari pergaulan. Karena seorang freelancer tidak bertemu dengan atasan dan rekan sesama karyawan. Bisa jadi dalam sehari mereka hanya berkutat dengan laptop dan tidak bicara dengan siapapun.

Pola kerja seperti ini pastinya kurang bagus bagi kesehatan mental kalian. Nah saat itulah kalian bisa memanfaatkan medsos untuk tetap terhubung dengan dunia luar.

Selain itu, ada baiknya juga untuk tidak terus menerus bekerja di dalam rumah. Ada banyak tempat yang bisa dijadikan kantor virtual seperti kafe, perpustakaan, dll.

•Gangguan anak istri

Bekerja di rumah sebagai freelancer memang menyenangkan. Tapi gangguan justru bisa datang dari keluarga sendiri. Di saat kalian sedang fokus bekerja, ada kalanya istri minta diantar ke pasar atau ada panggilan dari tetangga.

Nah agar proyek bisa selesai tepat waktu, sangat penting bagi kalian untuk membedakan antara waktu bekerja dan waktu untuk keluarga.

Baca Juga  Maksimalkan Speed Internet Dengan 10 Aplikasi Penguat Sinyal

Pekerjaan freelance ada positif dan negatifnya. Kalau kalian menginginkan kepuasan kerja, mungkin freelance menjadi pilihan lebih baik. Tapi freelance juga berarti risiko ketidakstabilan dan kegagalan. Jadi, tertarik untuk bekerja freelance?

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *