Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Apa Itu IELTS

IELTS – Apa itu IELTS? IELTS singkatan dari International English Language Testing. IELTS adalah tes yang digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris. Tes ini diselenggarakan oleh British Council, Universitas Cambridge dan IDP Educational Australia.

IELTS didirikan sejak tahun 1989 dan hingga kini menjadi tes yang sering digunakan di dunia terutama di Eropa dan negara – negara persemakmuran Inggris. IELTS diterima oleh hampir semua lembaga dan institusi – institusi akademik di berbagai negara seperti di Inggris, Australia, Selandia Baru dan lainnya.

Jenis – Jenis Tes IELTS

Tes IELTS terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

• IELTS General Training

IELTS General merupakan tes kemampuan bahasa Inggris umum yang cocok diikuti oleh orang – orang yang ingin migrasi maupun melamar pekerjaan di luar negeri. Jika kamu berencana melakukan pelatihan – pelatihan non akademik, kamu bisa mengikuti tes IELTS General.

• IELTS Academic

IELTS Academic merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang harus dilalui seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di negara – negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, maka kamu perlu mengambil IELTS Academic.

Materi IELTS Test

IELTS test (Academic dan General Training) mencakup reading, listening, writing, dan speaking. Waktu keseluruhan yang diberikan untuk mengerjakan soal – soal tes IELTS adalah 2 jam 45 menit. Secara umum struktur tes IELTS yaitu:

• Reading

Dalam sesi reading tes IELTS meliputi berbagai jenis pertanyaan yang menguji keterampilan membaca. Diantaranya yaitu mencari ide utama, pesan tersirat, membaca cepat secara keseluruhan, serta mengetahui maksud penulis teks. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan sesi reading ini 60 menit.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Kursus IELTS Jakarta Terbaik

Tes reading untuk IELTS Academic terdiri dari tiga teks panjang, yang bersifat analitis, deskriptif, dan faktual. Teks – teks tersebut bisa diambil dari jurnal, surat kabar, majalah, atau buku.

Sementara kutipan dalam tes reading untuk General Training diambil dari buku, teks pengumuman, surat kabar, majalah, buku pegangan perusahaan atau iklan.

• Listening

Dalam sesi listening tes IELTS, kamu harus mendengarkan empat rekaman lalu menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diajukan. Waktu yang diberikan untuk sesi listening ini 30 menit.

• Writing

Dalam sesi writing, kamu harus mengerjakan dua tugas dimana topik penulisannya bersifat umum tergantung jenis IELTS yang kamu ambil. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan sesi writing yaitu 60 menit.

– Untuk IELTS Academic terdiri dari topik yang cocok untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Tugas 1: bisa berupa tabel, bagan, diagram atau grafik yang harus dideskripsikan dengan kata – katamu sendiri. Kamu mungkin juga diminta untuk menjelaskan data yang ditampilkan atau tahapan kerja suatu proses.

Tugas 2: kamu harus menulis esai sebagai tanggapan atas masalah, pendapat atau argumen.

– Untuk IELTS General Training terdiri dari kutipan topik umum dari majalah, buku, pengumuman, buku pegangan perusahaan.

Tugas 1: Kamu diminta menulis surat untuk menjelaskan suatu kondisi yang diberikan atau meminta informasi.

• Speaking

Dalam sesi speaking ini, kemampuan berbicara kamu dalam bahasa Inggris akan dinilai. Ada beberapa bagian dalam tes speaking, yaitu:

Bagian 1 Introduction and Interview

Kamu akan ditanya mengenai diri kamu dan topik umum seperti keluarga, hobi, rumah, minat, pekerjaan, dan studi. Durasi waktunya sekitar 4-5 menit.

Bagian 2 Individual Long Term

Kamu akan diberi sebuah kartu yang dengan topik tertentu. Setelah menerima kartu, kamu akan diberi waktu 1 menit untuk menuliskan catatan singkat untuk mempersiapkan jawaban yang akan kamu sampaikan secara lisan. Waktu yang diberikan untuk sesi ini sekitar 3-4 menit.

Baca Juga  Perbedaan TOEFL Dan IELTS Yang Wajib Kamu Ketahui
Bagian 3 Two Way Discussion

Pada bagian ini penguji akan beberapa pertanyaan mengenai topik yang diberikan pada bagian 2. Di bagian ini peserta tes akan lebih banyak melakukan interaksi timbal balik dengan penguji dengan topik yang bisa berkembang lebih luas dan abstrak. Waktu yang diberikan pada bagian ini sekitar 4-5 menit.

Biaya dan Pelaksanaan Tes IELTS

Biaya tes IELTS mulai dari $215, jika dirupiahkan dengan kurs saat ini sekitar Rp 2.900.000. Sementara biaya IELTS untuk UKVI dan IELTS Life Skills yaitu:

– IELTS for UKVI General training or Academic Rp 3,780,000.
– IELTS Life Skills A2 Rp 2,835,000.
– IELTS Life Skills A1 Rp 2,835,000.
– IELTS Life Skills B1 Rp 2,835,000.

Biaya tersebut dapat berubah sewaSertifikat IELTS berlaku selama dua tahun. Tes IELTS diselenggarakan 4 kali dalam satu bulan atau 48 kali dalam satu tahun.

Ada 41 lokasi tes IELTS yang tersebar di Indonesia, beberapa diantaranya yaitu Jakarta, Bali, Medan, Makassar, Surabaya, Bandung, Palembang, Yogyakarta, Semarang dan lainnya. Sebelum mendaftar tes IELTS, kamu bisa mengikuti kursus preparation IELTS di Westwoodprep.com berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

(Visited 36 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *