Apa itu Visa dan Bagaimana Cara Mengurusnya Lewat VFS Global

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Apa itu Visa – Bagi kalian yang ingin berkunjung ke luar negeri, pasti akan diribetkan dengan yang namanya pengurusan visa. Tapi tahukah kalian kalau tidak perlu datang langsung ke kantor kedutaan untuk mengurus visa? Karena beberapa negara telah menyerahkan proses pengajuan visa pada jasa agen.

Nah kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai apa itu visa, paspor, serta langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengurus visa

Apa itu visa?

Paspor dan visa merupakan dua dokumen yang wajib dimiliki bagi kalian yang mau berkunjung ke luar negeri. Walaupun sekarang ini ada beberapa negara yang menerapkan bebas visa bagi pengunjung yang memegang paspor Indonesia. Tapi pembebasan visa ini biasanya hanya berlaku untuk kunjungan singkat.

Bagi kalian yang ingin ke luar negeri dalam rangka belajar atau bekerja dalam jangka waktu lama, pasti diharuskan memiliki visa. Lalu apa sih pengertian visa itu dan apa bedanya dengan paspor?

Visa adalah dokumen izin resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara yang membuktikan pemegang paspor negara lain diperbolehkan berkunjung ke negara tersebut.

Atau, visa merupakan otorisasi bagi pemegang paspor untuk berkunjung ke negara lain dengan jangka waktu dan tujuan kunjungan yang sesuai dengan jenis visa yang dikeluarkan.

Jadi visa memiliki batas waktu berlakunya dan aktivitas pemegang visa tersebut juga dibatasi sesuai dengan jenis visanya. Seseorang yang memegang visa turis tidak akan diperbolehkan bekerja di negara tersebut.

Makanya kita sering mendengar ada orang yang dideportasi karena jangka waktu visa telah lewat habis masa berlakunya atau melanggar dari tujuan dikeluarkannya visa tersebut.

Sedangkan paspor adalah dokumen yang dikeluarkan pemerintah kepada warga negaranya dan menjadi kartu identitas pemiliknya saat berkunjung ke luar negeri. Paspor berisi data pribadi seperti nama lengkap, foto, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, serta nomor dan masa berlakunya.

Untuk Indonesia, paspor terbaru berwarna hijau toska atau hijau kebiru-biruan dan berlaku selama lima tahun. Adanya logo garuda berwarna emas dengan ukuran lebih besar di covernya serta background budaya dan flora fauna membuat tingkat keasliannya lebih terjamin dibanding sebelumnya.

Berbeda dengan visa yang dikeluarkan oleh kedutaan negara tujuan, maka paspor dikeluarkan oleh kantor imigrasi negara asal. Untuk Indonesia, paspor yang berupa buku kecil ini dikeluarkan oleh kantor imigrasi RI atau kantor perwakilan Indonesia di luar negeri.

Arti imigrasi sendiri adalah perpindahan orang dari satu negara ke negara lainnya. Berdasarkan pengertian imigrasi ini, maka kalau kalian bekerja atau belajar ke luar negeri selama beberapa tahun, maka kalian disebut sedang berimigrasi.

Makanya dibentuklah kantor imigrasi yang tugas pokoknya melayani sekaligus mengawasi lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia. Petugas imigrasi selalu melakukan pemeriksaan dokumen orang yang berkunjung maupun meninggalkan Indonesia.

Cara mengurus visa

Setelah tahu apa pengertian visa, sekarang saatnya mengetahui apa saja yang diperlukan dan langkah apa yang ditempuh untuk mendapatkan visa.

Baik yang baru pertama kali dan bahkan yang sering pergi ke luar negeri, proses pembuatan visa bisa sangat menyita waktu. Karena kalian harus selalu update informasi syarat apa saja yang harus disiapkan.

Syarat pembuatan visa sendiri berbeda-beda, tergantung jenis visa yang diapply serta negara yang dituju. Bagi kalian yang hendak berwisata secara short time pastinya memerlukan dokumen lebih sedikit dibanding visa belajar atau visa bekerja. Tapi secara umum, ini dia beberapa tahapan dalam pengurusan visa.

1.Menyiapkan kelengkapan dokumen

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan kelengkapan dokumen pengajuan visa. Tiap negara menerapkan persyaratan yang berbeda-beda. Kalian bisa cek ke masing-masing website kantor kedutaan negara yang bersangkutan. Tapi secara umum, beberapa dokumen pribadi yang harus disiapkan diantaranya

•Paspor yang masih valid, minimal masih berlaku selama 6 bulan (peraturan tiap negara bisa berbeda-beda)
•Pas foto terbaru
•KTP, KK, akta kelahiran
•Bukti jaminan keuangan berupa rekening koran tabungan 3 bulan terakhir
•Bukti booking tiket dan akomodasi selama tinggal di luar negeri

Selain itu ada beberapa dokumen tambahan sesuai dengan jenis visa yang di ajukan. Misal, untuk visa pelajar biasanya akan diminta menyerahkan bukti kemampuan bahasa asing, ijazah dan teranskrip nilai, bukti diterima di universitas yang bersangkutan (acceptance letter), serta bukti sumber pembiayaan.

Sedangkan untuk visa kerja, beberapa dokumen tambahan diantaranya surat bukti kemampuan bahasa asing, kontrak kerja, uraian job description, rekomendasi dari perusahaan sebelumnya, serta CV.

2.Mengisi formulir

Setelah menyiapkan dokumen, kalian bisa mengisi formulir pengajuan visa. Formulir ini bisa kalian dapatkan di website kantor kedutaan atau di website agensi yang ditunjuk oleh kedutaan. Misalnya saja di www.vfsglobal.com (untuk negara-negara yang bekerjasama dengan vfs global).

VFS global sendiri merupakan agensi visa yang bekerjasama dengan banyak kantor kedutaan besar, yaitu Australia, New Zealand, Uni Emirat Arab, Denmark, Spanyol, Norwegia, Inggris, Kanada, Denmark, Kroasia, Belgia, Italia, Islandia, dan Belanda.

Kedutaan besar negara-negara tersebut tidak menerima permohonan visa secara langsung, tapi harus melalui VFS global. VFS global akan menerima formulir visa lalu meneruskannya ke kantor kedutaan negara yang dituju.

3.Membuat jadwal pertemuan

Setelah kalian mengisi formulir pengajuan visa dan menyiapkan dokumen pendukung lainnya, langkah selanjutnya adalah membuat appointment atau jadwal pertemuan dengan pihak kedutaan atau dengan VFS global sebagai pihak yang mewakili kedutaan.

Setelah menentukan tanggal pertemuan, kalian harus membayar biaya pengajuan visa. Begitu pembayaran diterima, kalian akan mendapat surat konfirmasi via email. Surat konformasi ini bisa kalian cetak dan ditunjukkan saat wawancara.

4.Menyerahkan dokumen ke kedutaan atau agen yang ditunjuk

Nah saat yang ditunggu telah tiba. Pada hari yang telah ditentukan, kalian harus datang tepat waktu dengan membawa dokumen lengkap. Usahakan jangan terlambat, karena kedutaan negara asing bisa sangat disiplin.

Datang terlambat atau dokumen kurang lengkap bisa membuat kalian ditolak dan harus membuat appointment di hari lainnnya.

Kalau kedutaan negara yang bersangkutan bekerjasama dengan VFS global, kalian bisa datang ke VFS global Jakarta yang beralamat di kuningan City Mall, 2nd Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta.

Di satu gedung ini menjadi tempat pengurusan visa ke berbagai negara, diantaranya VFS Australia, Italia, Inggris, Spanyol, dll. Selain VFS global Jakarta, mereka juga hadir di dua kota besar lainnya, yaitu Surabaya dan Bali.

5.Menerima email diterima tidaknya permohonan visa

Setelah menjalani semua proses tersebut, kalian tinggal menunggu keputusan sambil berdoa agar diberi kelancaran. Berapa lama pemrosesan visa tergantung berapa lama kalian akan tinggal. Untuk visa pelajar atau bekerja biasanya akan memakan waktu pemrosesan lebih lama dibanding visa turis.

Setelah aplikasi visa kalian diterima, maka pihak kedutaan atau VFS global akan memberitahu lewat email atau telepon. kalianpun bisa segera mengambil paspor yang sudah diberi stempel visa. Tapi jika ditolak (semoga tidak terjadi), mereka akan menyampaikan alasan penolakan dan kalian diberi kesempatan untuk banding.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Nah tidak sulit kan mengurus visa? Asal telaten dan teliti dalam menyiapkan dokumen, pembuatan visa akan lancar kok. Jadi, siap bepergian ke luar negeri?

(Visited 43 times, 1 visits today)

Leave a Reply