7 Aplikasi Foto Edit Terbaik 2019 Untuk Smartphone

Aplikasi Foto Edit –¬†Berbagi foto aktivitas sehari-hari ke medsos tampaknya sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat kita. Mulai dari aktivitas saat bersama anak, jalan-jalan, di kantor, hingga foto selfie. Dan kamera di smartphone menjadi senjata utama untuk mengabadikan momen berkesan.

Apalagi begitu banyak produsen ponsel yang mengeluarkan smartphone yang dilengkapi kamera resolusi tinggi. Walaupun perangkat yang ada sudah begitu canggih, tapi selalu saja ada yang membuat kita tidak puas. Misalnya gambar tampak kurang jelas, adanya bagian foto yang tidak diinginkan, dll.

Tapi tidak perlu khawatir, karena ada aplikasi foto editor yang akan merubah foto kalian menjadi lebih oke. Dengan bantuan aplikasi, kalian bisa mengatur pewarnaan, memotong bagian foto, mencerahkan, dan fitur menarik lainnya.

Nah ingin tahu apa saja aplikasi foto terbaik yang bisa diinstal ke smartphone kalian? Ini dia ulasannya

1.Adobe Photoshop Express

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar software pengeditan foto? Bisa jadi kalian langsung teringat dengan Photoshop. Tidak salah juga, karena memang Adobe Photoshop telah ada sejak puluhan tahun lalu. Dan karena industri ponsel sedang booming, Adobe mengeluarkan Photoshop versi seluler.

Dengan cepat Adobe Photoshop Express menjadi salah satu aplikasi android terbaik untuk mengedit foto di smartphone maupun tablet. Adobe Photoshop Express juga compatible dengan iOS dan Windows phone, dan kalian bisa menggunakannya secara gratis.

Apapun file foto yang kalian miliki, apakah JPEG, PNG, ataupun RAW, PS Express bisa melakukan tugas pengeditan dengan sangat mudah. Kalian tinggal upload koleksi foto yang ada di memori, lalu langsung mulai melakukan pengeditan.

Aplikasi foto ini juga memiliki semua fitur editing dasar yang kalian perlukan: cropping, rotate, pengaturan kecerahan, contrast, smart filter, efek artistik dll. Smart filter atau filter cerdas menjadi salah satu fitur terbaik yang ada di PS Express, karena fitur ini memuat banyak editor seperti pengaturan warna dan pencahayaan.

Baca Juga  8 Aplikasi Edit Foto Gratis Untuk Android

Tapi, terlepas dari kehebatannya, aplikasi ini hanya cocok bagi kalian yang ingin mengedit secara cepat. Kalau untuk melakukan pengeditan lebih jauh, ada baiknya kalian menginstal Photoshop versi PC.

2.Bonfire Photo Editor Pro

Aplikasi foto editor yang satu ini tampilan antarmukanya sederhana tapi memiliki filter yang sangat bagus. Kalian hanya perlu mengupload gambar ke editor untuk kemudian diedit dengan berbagai fitur yang ada. Aplikasi ini sangat bagus untuk mengedit foto wajah yang akan di share di medsos.

Fitur Selfie Makeup yang ada di aplikasi ini mampu menghilangkan noda di wajah sehingga menghasilkan foto dengan kulit wajah halus berkilau. Selain itu, banyak efek unik lainnya yang membuat foto kalian menjadi lebih menarik perhatian. Diantaranya bisa merubah foto ke dalam bentuk cairan yang unik.

Kalau kalian ingin mengedit foto tapi tidak tahu hasilnya lebih baik atau tidak, kalian bisa membandingkan kedua foto before dan after secara berdampingan.

Pengembang aplikasi ini juga mengaku menggunakan algoritma kecerdasan buatan, sehingga hasil editing lebih masuk akal dan lebih sesuai dengan gambar di dunia nyata.

Versi gratis dari Bonfire Photo Editor Pro menyediakan fitur standar yang bisa diandalkan untuk edit foto secara cepat. Tapi bagi kalian yang menginginkan fitur yang lebih powerfull, kalian bisa membeli aplikasi berbayarnya seharga $ 10.

3.Adobe Lightroom CC

Dengan aplikasi keluaran Adobe ini, pengedit foto kelas profesional akan selalu tersedia kemanapun kalian pergi. Termasuk bagi kalian yang suka mengedit foto berkualitas tinggi dalam bentuk file RAW. Makanya tidak mengherankan kalau Adobe Lightroom CC menjadi salah satu aplikasi favorit fotografer profesional.

Kalian bisa meningkatkan kualitas foto dengan menyesuaikan warna, tingkat kecerahan, pencahayaan, bintik-bintik, maupun detail lainnya. Semuanya bisa dilakukan dengan cukup mudah, bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Hebatnya, versi gratis dari aplikasi ini memiliki fitur yang mendekati software versi PC-nya.

Baca Juga  Ini Dia 4 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di FD

Seperti namanya, aplikasi ini sangat handal dalam mengatur pencahayaan. Fitur yang berhubungan dengan kecerahan dan kontras foto ditampilkan secara detail. Beberapa bagian pengaturan cahaya yang ada di Adobe Lightroom CC adalah Eksposur, White, Blacks, Whites, Contrast, Highlight, dan Shadow.

4.PhotoGrid

Ingin membuat foto-foto pernikahan tampak menarik dengan menggabungkannya secara vertikal dan horizontal? Kalian harus mencoba salah satu aplikasi foto grid dan foto kolase terbaik ini. Buktinya, PhotoGrid pernah dinobatkan oleh Google Play sebagai aplikasi terbaik 2016.

Selain itu, ada lebih dari 7 juta orang yang sudah mengunduh dan menggunakan aplikasi buatan Developer Cheetah Mobile ini. Aplikasi ini memiliki beragam susunan grid foto dan kolase, sehingga sangat membantu kalian dalam membuat foto grid secara cepat, mudah, tapi tetap terlihat profesional.

PhotoGrid juga memiliki fitur untuk membuat sketsa, zoom, memutar gambar, memindahkan, menambah teks, clipart, dll pada foto grid kalian. Dan semua fasilitas ini bisa kalian nikmati dengan gratis. Setelah selesai membuat susunan foto grid, kalian bisa langsung berbagi ke Facebook, Instagram, Twitter, Google Plus, atau akun medsos lainnya.

5.VSCO Cam

Ingin memiliki foto selfie menarik ala selebgram tapi nggak pernah kesampaian? Bisa jadi karena editan foto yang kurang maksimal. Kalau begitu kalian harus mencoba mengedit foto dengan VSCO Cam.

Karena aplikasi ini memang diakui sebagai salah satu yang terbaik dalam edit foto. Bahkan banyak selebgram yang menggunakan untuk mempercantik fotonya.

Kelebihan utama dari VSCO Cam adalah filter atau preset yang sangat lengkap. Kalian bisa memanfaatkan fitur exposure, temperature, grain, maupun contrast yang ada di VSCO Cam. Walaupun fiturnya lengkap, tetap saja kalian harus selektif dalam memilih filter yang tepat.

Jangan sampai salah mengedit hingga foto terlihat aneh dan berlebihan. Misalnya saja saat harus mengedit foto pemandangan di pantai. Usahakan menggunakan filter yang membuat warna ombak tampak menonjol, misalnya dengan menggunakan filter biru laut.

Baca Juga  Cara Mengubah PDF ke JPG Dengan Mudah, Gratis, dan Cepat

6.Photo Collage

Pernah mendengar istilah photo collage atau foto kolase? Hampir sama dengan foto grid, foto kolase merupakan metode meletakkan banyak foto ke dalam sebuah frame. Cara ini biasanya digunakan untuk foto pernikahan, ulang tahun, maupun perayaan lainnya.

Biasanya orang akan mengedit dalam bentuk kolase terlebih dulu sebelum dishare ke medsos. Aplikasi ini memuat ribuan layout yang akan digunakan untuk menggabungkan banyak foto dalam satu frame. Ada berbagai macam background dengan theme yang sangat menarik.

Apakah kalian suka dengan tema olahraga, kuliner, atau seni? Kalian bisa bebas memilih salah satu frame yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan selera. Selain itu, Photo Collage juga menyediakan fitur pengeditan dasar seperti pengaturan font, warna, maupun ukuran.

7.PhotoDirector

Saat ini ada banyak aplikasi foto editor yang ada di Play Store, tapi aplikasi yang menyajikan pengeditan secara manual jumlahnya tidak terlalu banyak. Salah satunya adalah Photo Director. Walaupun lebih rumit dibanding aplikasi yang menggunakan filter, tapi kalian bisa mengedit foto dengan lebih mendalam.

Jadi bagi penyuka edit foto manual, Photo Director bisa menjadi pilihan utama. Fitur yang ada di Photo Director sepertinya hampir sama dengan aplikasi lainnya. Kalian bisa melakukan pengaturan brightness, contrast, exposure, maupun tone.

Satu keunggulan lain dari aplikasi ini adalah adanya fitur Content-Aware Removal yang bisa menghilangkan gambar yang tidak diinginkan, misalnya watermark. Perbedaan Photo Director dengan aplikasi lain memang tidak terlalu banyak, satu perbedaan utamanya adalah pada penggunaan tool secara manual. Bagaimana? Berminat mencoba Photo Director?

Nah demikian tadi 7 aplikasi foto terbaru 2019 sekaligus terbaik yang bisa kalian install ke smartphone. Semoga membantu kalian menemukan pilihan yang sesuai kebutuhan. Bagaimana menurut kalian?

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *