bahasa jerman terima kasih

11 Ucapan Bahasa Jerman Untuk Mengungkapkan Terima Kasih

Bahasa Jerman terima kasih – Mengenal kosakata sehari-hari menjadi materi penting yang harus dipelajari bagi siapa saja yang baru belajar bahasa Jerman. Salah satunya adalah bagaimana mengucap terima kasih dalam bahasa Jerman.

Sekedar bisa mengucapkan danke atau terima kasih mungkin sangat mudah. Tapi ternyata orang Jerman bisa mengucakannya dengan beberapa ekspresi. Dan pemilihan kosakata ini berhubungan erat dengan kesopanan. Mengucapkan terima kasih pada orang yang lebih tua jelas berbeda dengan teman satu kelas.

Baca juga ” Contoh Kalimat Present Perfect Tense dan Artinya

Walaupun termasuk negara barat yang terkenal dengan kebebasannya, tapi orang Jerman menjunjung tinggi sopan santun lho. Sehingga mereka akan respek pada orang asing yang bisa mengucapkan bahasa Jerman dengan sopan.

Sebaliknya, kita bisa dianggap kurang sopan kalau salah memilih kosakata. Karena itu tidak heran kalau kalau ada hampir selusin bahasa Jerman terima kasih. Nah kali ini kami ingin berbagai cara mengungkapkan terima kasih bahasa Jerman, mulai dari yang paling umum hingga formal.

1.Danke

Danke menjadi salah satu kosakata Jerman yang sudah mendunia, seperti juga Guten Morgen, Guten Tag, maupun Ich liebe dich. Dan mengucap Danke menjadi menjadi cara terbaik dan paling umum untuk mengungkapkan rasa terima kasih.

Kita bisa menggunakan Danke kepada siapa saja. Kalau kalian sudah sering berinteraksi dengan bahasa Jerman, kalian mungkin akan sering mendengar Danke. Sebuag kata yang singkat, gampang diingat, serta bisa digunaan dalam konteks formal maupun informal.

2.Vielen Dank

Nah bagi yang merasa berutang budi sangat banyak pada orang yang sudah membantu kita, saatnya mengungkapkan terima kasih dengan ungkapan “Vielen Dank”. Ucapan Vielen Dank ini artinya terima kasih banyak atau Many thanks dalam bahasa Inggris.

Baca Juga  Mengenal Budaya Kerja di Jerman

Orang yang mendapatkan ucapan Vielen Dank juga akan merasa bahwa kalian menyatakan terima kasih dengan penuh kesungguhan.

3.Danke vielmals

Danke vielmals merupakan bentuk lain dan varisasi dari Vielen Dank. Vielmals artinya berkali-kali. Sehingga artinya juga sama dengan Vielen Dank, yaitu Terima kasih banyak.

4.Besten dank

Bentuk lain yang maknanya mirip dengan Vielen Dank adalah Besten dank yang maknanya terima kasih banyak. Dalam bahasa Inggris, ungkapan ini sama dengan best thanks.

5.Tausend Dank

Kalau diterjemahkan per kata, Tausend Dank bisa diartikan dengan ribuan terima kasih. Atau kalau dalam bahasa Inggris sama dengan “Thousand thanks”.

Jadi Tausend Dank memang bukan bahasa baku dan hanya cocok digunakan dalam suasana informal. Misalnya dengan kerabat, teman dekat, teman seumuran atau yang lebih muda.

bahasa jerman terima kasih

6.Danke schön

Dengan menambah “schön”, maka akan muncul kesan sedikit formal. Secara terjemahan, Danke schön artinya juga masih sama dengan Danke, yaitu terima kasih.

Tapi Danke schön sering digunakan di kantor maupun dalam lingkungan bisnis. Walau begitu, Danke schön sebenarnya tetap cocok untuk segala suasana.

7.Danke sehr

Ucapan yang satu ini bentuknya mirip dengan Danke schön, yaitu ada penambahan kata di belakang Danke. Tapi dari segi arti sedikit berbeda lho. Selain lebih formal, Danke sehr secara makna berarti terima kasih banyak.

Memang untuk menggunakan mana yang lebih pas, kita harus pakai perasaan. Pertimbangkan juga cara berbicara dan mana yang menurut kita lebih nyaman. Jadi tiap orang mungkin memiliki pandangan yang berbeda, apakah nyaman dengan Danke sehr ataukah Danke schön.

8.Ich danke Ihnen

Kalimat ini artinya saya mengucapkan kasih untuk anda. Dan ini menjadi salah satu cara paling formal dalam mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jerman.

Baca Juga  Keadaan Geografi dan Iklim di Jerman

9.Ich danke dir

Mirip dengan Ich danke Ihnen, Ich danke dir berarti saya berterima kasih pada anda. Kalimat ini lebih informal dibanding Ich danke Ihnen. Tapi dibanding Danke saja, Ich danke dir jelas tampak lebih elegan.

10.Vergelt’s Gott

Banyak bahasa Jerman terima kasih memang sangat banyak. Tidak hanya berdasarkan tingkat kesopanan, tapi ada juga ungkapan yang digunakan daerah tertentu. Salah satunya adalah Vergelt’s Gott yang artinya semoga tuhan memberi balasan padamu. Ungakapan ini biasa digunakan orang Jerman bagian selatan dan juga Austria.

11.Ich bin dir dankbar

Walau jarang digunakan, tapi Ich bin dir dankbar harus dimasukkan dalam daftar cara mengucapkan terima kasih bahasa Jerman. Secara harfiah atau makna, ungkapan ini berarti saya berterima kasih pada anda. Kalau kita menggunakan “dir”, maka ungkapan di atas cocok untuk diucapkan pada teman.

Kuncinya adalah tergantung dengan siapa kita berbicara. Kalau berbicara dengan orang yang baru dikenal, kita bisa mengganti “dir” dengan “Ihnen”.

Nah itu tadi 11 bahasa Jerman terima kasih. Ungkapan mana yang dipilih sangat tergantung seberapa formal situasinya. Untuk amannya, Danke bisa digunakan dalam segala suasana. Tapi kalau kita ingin mengucapkan terima kasih dengan penuh kesungguhan, danke schön menjadi ungkapan populer di Jerman.

(Visited 884 times, 1 visits today)

Leave a Reply