Apa Itu Bahasa Pemrograman dan Macam-Macamnya

Bahasa Pemrograman – Bahasa merupakan alat yang digunakan manusia agar bisa saling berkomunikasi dan berinteraksi. Begitu juga kalau kita bicara tentang komputer yang terdiri dari komponen hardware dan software yang harus saling berkomunikasi.

Software komputer akan melakukan perintah yang dilakukan lewat mouse atau keyboard. Komputer juga bisa membuka file yang tersimpan di hard disk, dan lain sebagainya. Tapi mesin komputer tidak mengerti apa-apa kecuali “1” dan “0”.

Pada awal mula komputer ada, perintah dilakukan dengan mengubah “1” dan “0” secara manual melalui kabel dan rangkaian elektronik. Cara ini sangat sulit dan perintahnyapun sangat terbatas. Nah, karena itu lahirlah bahasa pemrograman yang mempermudah proses perintah ke mesin komputer.

Bahasa pemrograman membuat kita bisa memerintah komputer dengan bahasa yang lebih “manusiawi”, walaupun tidak sama persis dengan bahasa normal. Setelah kalian menuliskan bahasa tersebut, ada perangkat lunak khusus yang akan mengubah koda yang kalian tulis agar dimengerti oleh mesin.

Jadi, bahasa pemrograman adalah serangkaian instruksi atau sintaks yang digunakan manusia agar bisa memberi perintah pada komputer. Instruksi yang ditulis ini harus dibuat secara detail dan dengan logika yang benar.

Selanjutnya, dengan kode pemrograman ini kita bisa memprogram robot yang bisa membantu pekerjaan rumah, menyelesaikan masalah teknik, membuat game komputer, membuat website, dan masih banyak lagi.

Dan programming language ini menjadi ilmu wajib bagi seorang programmer atau software developer. Tanpa menguasai programming language, mereka tidak akan bisa mengembangkan software atau aplikasi.

Siapa saja yang menguasai programming language, hampir dapat dipastikan karirnya akan melejit. Karena itulah, mempelajari kemampuan ini akan menjadi investasi besar yang akan bermanfaat bagi masa depan.

Baca Juga  Cara Mengubah JPG ke PDF Dengan Gratis

Nah agar tahu bahasa apa yang sesuai dengan kebutuhan, yuk kita lihat penjelasan mengenai beberapa bahasa pemrograman terpopuler berikut ini.

1.Java

Java merupakan bahasa yang sudah sangat populer selama lebih dari 20 tahun. Java dikenal juga sebagai bahasa tingkat tinggi atau bahasa yang bisa dibaca dan ditulis dengan mudah oleh manusia.

Bahasa yang dikembangkan di awal 1990 ini bersifat multiplatform, yaitu bisa dijalankan di PC maupun perangkat mobile. Disamping itu ada banyak keunggulan lain dari bahasa Java, diantaranya bisa dioperasikan di berbagai OS, termasuk pbject oriented programming, serta sangat mudah digunakan.

Bahasa java juga menjadi wajib bagi programmer mobile, karena sebagian besar aplikasi Android dirancang dengan Java language.

2.C

Bahasa yang dikembangkan sejak tahun 1972 ini merupakan pelajaran wajib di kampus jurusan Informatika atau Ilmu komputer. Karena bahasa C menjadi dasar sebelum mempelajari bahasa lainnya. Kalau kalian tahu bahasa C, maka kalian bisa menguasai bahasa lainnya dengan mudah.

Bahasa C juga di gunakan dalam perancangan sistem operasi (termasuk Windows, Linux, Max), serta berbagai program seperti database Oracle, Python, Git, dan masih banyak lagi. Jadi tidak salah kalau ada yang mengatakan kalau bahasa C merupakan nenek moyang dari bahasa dan perangkat lunak lainnya.

3.C++

Bahasa C++ merupakan turunan dari bahasa C dan bisa diaplikasikan untuk banyak tujuan. Bahasa C++ ini termasuk dalam golongan bahasa tingkat menengah atau middle level language yang berada di antara hihg dan low level. Semakin rendah level suatu bahasa, maka semakin mirip dengan bahasa mesin.

Sedikit berbeda dengan bahasa C yang bersifat prosedural, C++ diciptakan dengan konsep Object Oriented Programming atau pemrograman berorientasi objek.

C++ juga bisa berjalan pada berbagai plratform seperti Windows, Linux, Mac, Unix, dll. Bahasa C++ juga menjadi dasar bahasa lainnya seperti PHP, Java, Javascript, dll.

Baca Juga  Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

4.Python

Karena sintaknya yang sederhana, singkat, dan termasuk dalam bahasa tingkat tinggi, bahasa Python sangat disarankan untuk dipelajari pemula atau yang belum pernah membuat coding sama sekali. Dibanding bahasa lainnya, Python memang termasuk sangat mudah.

Pyton juga disebut sebagai bahasa Multi Paradigma. Hal ini karena Python bisa dibuat dengan kode yang prosedural tapi juga support untuk Object Oriented Programming. Intinya, Python menjadi bahasa yang lengkap di masa modern ini.

Karena itu, tidak heran kalau Python sangat diandalkan pada ilmuwan dalam kegiatan risetnya. Terutama untuk aplikasi yang berhubungan dengan data mining, big data, maupun data science.

5.Javascript

Javascript merupakan bahasa yang sangat populer di kalangan pengembang web. Karena awalnya Javascript memang ditujukan untuk membuat aplikasi web. Dan meski ada kemiripan nama, Javascript tidak ada hubungan sama sekali dengan bahasa Java. Justru sintaks Javascript banyak dipengaruhi bahasa C.

Dengan bantuan Javascript, kalian bisa membuat halaman website yang lebih hidup dan interaktif. Tapi ternyata tidak hanya diaplikasikan di halaman web saja, karena sekarang Javascript juga digunakan untuk mengembangkan game, aplikasi dekstop, mikrokontroller, aplikasi mobile, dan bahkan untuk memprogram robot.

Jadi dengan penguasaan yang mendalam bahasa Javascript, kalian bisa membuat berbagai alat canggih. Karena itu tidak heran kalau programmer Javascript mendapat penghargaan tinggi di berbagai perusahaan berbasis teknologi.

6.PHP

PHP merupakan server side scripting language atau bahasa server side yang digunakan untuk mengembangkan situs web atau aplikasi web. Disebut bahasa server side, karena PHP bekerja pada komputer server atau penyedia.

Kebalikan dari server side adalah client side atau bahasa yang bekerja di komputer klien atau pengunjung. Contoh bahasa client side misalnya CSS, HTML, serta Javascript.

Baca Juga  Memaksimalkan Browsing Dengan Web Browser Pilihan

Dalam perancangan web, PHP biasanya tidak bekerja sendiri. Tapi dikombinasikan dengan bahasa lainnya. Misalnya saja digabung dengan CSS yang berfungsi untuk mendesain halaman website sehingga terlihat lebih menarik.

7.Visual Basic

Bagi orang yang suka dengan dunia pemrograman, pasti tidak asing dengan bahasa Visul Basic. Karena Visual Basic termasuk bahasa tingkat tinggi yang berorientasi pada objek atau object oriented. Bahasa ini termasuk sangat mudah digunakan, sehingga banyak programmer pemula yang menyukainya.

Visual Basic juga banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis database pada sistem operasi Windows. Makanya, bagi yang ingin membuat berbagai aplikasi database seperti database barang minimarket, aplikasi sistem penggajian, atau yang lainnya, Visual Basic merupakan pilihan yang tepat.

8.Matlab

Matlab adalah singkatan dari Matrix Laboratory. Seperti namanya, bahasa yang banyak digunakan dalam perhitungan Teknik, Fisika, dan Matematika ini memiliki kelebihan dalam menyelesaikan permasalahan teknis dalam bentuk matrik dan vektor.

Selain itu, Matlab juga bisa menampilkan perhitungan dalam bentuk grafik dan visual. Beberapa masalah yang seringkali memerlukan Matlab diantaranya Komputasi dan Matematika, pengembangan algoritma, permodelan dan simulasi, analisa data, visualisasi, grafik, dll.

Jadi Matlab menggabungkan antara komputasi, visualisasi, dan pemrograman, lalu memberikan solusi dalam bentuk notasi matematis.

Nah itu tadi 8 bahasa pemrograman yang sering digunakan mahasiswa maupun profesional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Bagi yang ingin terjun di dunia programming, kalian harus selalu mengupdate kemampuan dan mempelajari programming language yang terus bermunculan. Tetap semangat ya!!

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Reply