beasiswa di jerman

Wujudkan Mimpi Kuliah Luar Negeri Melalui Beasiswa di Jerman

Beasiswa di Jerman– Biaya kuliah di Jerman termasuk murah jika dibandingkan negara lain. Di Jerman terdapat hampir 300 Universitas negeri yang hampir semuanya menggratiskan biaya kuliah. Hanya ada sekitar 100 Universitas Swasta yang menerapkan biaya kuliah bagi mahasiswanya.

Universitas Swasta tidak mendapat subsidi dari pemerintah, sehingga biaya kuliah jauh lebih mahal dibanding Universitas Negeri.

Biaya kuliah di Universitas Swasta, apalagi jurusan Teknik, bisa menghabiskan biaya hingga € 20.000 per tahun. Bandingkan dengan Universitas Negeri yang hanya menarik biaya administrasi sebesar 100 hingga 250 Euro per semester, biaya itupun sebenarnya kembali ke mahasiswa dalam bentuk fasilitas transportasi gratis, fasilitas olahraga, serta kafetaria.

Baca Juga  Mengenali Aupair World Jerman Dan Persyaratannya

Selain biaya kuliah, mahasiswa asing juga harus memikirkan biaya hidup di Jerman yang tergolong tinggi. Biaya hidup bisa berbeda-beda tergantung di kota mana Universitas itu berada. Tapi dibutuhkan setidaknya € 700/bulan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk membiayai semua ini, salah satu caranya adalah dengan mengajukan beasiswa.

Ada berbagai beasiswa di Jerman yang berasal dari yayasan atau organisasi yang akan membantu keuangan mahasiswa asing. Berikut diantaranya

beasiswa di jerman

Beasiswa Dari Pemerintah

1.DAAD

Dinas Pertukaran Akademis Jerman atau DAAD menawarkan beasiswa di berbagai jenjang studi bagi mahasiswa asing yang berniat kuliah di Jerman. Tersedia sekitar 70 ribu beasiswa bagi mahasiswa dari seluruh dunia.

Tidak hanya untuk akademisi, beasiswa DAAD juga terbuka untuk pekerja profesional, PNS, bahkan fresh graduate S1 yang mau melanjutkan ke jenjang S2. Penerima beasiswa DAAD akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar € 750-1000, tiket Indonesia-Jerman, serta beberapa tunjangan pribadi lainnya.

2.Erasmus +

Beasiswa Erasmus + merupakan produk Uni Eropa yang bertujuan untuk mendukung kegiatan akademik mahasiswa yang studi di negara-negara Uni Eropa, termasuk Jerman. Penerima beasiswa Erasmus + akan mendapatkan uang saku bulanan sebesar € 1000-1800, asuransi, serta tiket PP Indonesia-Jerman.

Beasiswa Dari Lembaga Non Pemerintah

3.Beasiswa Heinrich böll

Heinrich Böll Stiftung Green Political Foundation menawarkan beasiswa untuk program Master dan Doctor bagi mahasiswa luar Jerman. Pelamar diminta memberikan bukti kemahiran bahasa Jerman minimal level B2. Program beasiswa ditujukan terutama untuk mahasiswa yang mempelajari bidang studi STEM (Sains, Teknologi, Engineering, Matematika) serta bidang studi yang berkaitan dengan lingkungan.

Beasiswa memang tidak mencakup biaya kuliah (tuition fee), tapi penerima beasiswa akan menerima tunjangan bulanan sebesar € 750-1000 serta sejumlah tunjangan pribadi. Hal ini sebenarnya bukan masalah besar, karena memang biaya kuliah di Jerman sangat rendah, bahkan gratis.

4.Beasiswa Konrad-Adenauer-Stiftung (KAS)

Beasiswa di Jerman lainnya yang dicari mahasiswa internasional adalah beasiswa KAS. Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa pascasarjana yang memiliki keunggulan prestasi akademik dan terutama memiliki minat yang tinggi dalam politik.

Mahasiswa juga harus menunjukkan keseriusan untuk berperan dalam peningkatan hubungan antara Jerman dan negara asalnya. Beasiswa KAS menyediakan tunjangan bulanan sebesar € 850 bagi mahasiswa Master dan € 1100 bagi mahasiswa program Doctoral, disamping sejumlah hibah dan subsidi yang mungkin diberikan.

Baca Juga  20 Contoh Kalimat Gerund sebagai Kata Subjek dan Objek

5.Deutshland Stipendium

Deutshland Stipendium adalah beasiswa untuk semua jenjang studi, baik sarjana maupun pascasarjana. Sumber beasiswa ini berasal dari kerjasama pemerintah Federal dan swasta. Tidak ada persyaratan khusus bagi pelamar beasiswa, yang penting mahasiswa harus terdaftar di salah satu dari 304 Universitas yang bekerjasama dengan pemberi beasiswa.

Mahasiswa yang terpilih akan mendapatkan gaji bulanan sebesar € 300 selama 2 semester. Setelah 2 semester, beasiswa bisa diperpanjang jika mahasiswa tersebut dinilai memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan keuangan lebih lanjut.

6.Beasiswa Helmholtz Association

Asosiasi Helmholtz menawarkan beasiswa di Jerman untuk mahasiswa PhD. Ribuan mahasiswa program Doktor ditawarkan beasiswa ini sehingga mereka bisa fokus pada penelitian dan tidak ada tekanan untuk memikirkan biaya hidup di Jerman.

Tidak ada syarat khusus, semua kandidat Doktor yang melakukan penelitian di salah satu lembaga penelitian Asosiasi Helmholtz, berarti telah memenuhi syarat serta berpeluang mendapatkan beasiswa ini.

beasiswa di jerman

7.Beasiswa Bayer Foundation

Beasiswa untuk belajar di Jerman juga ditawarkan oleh Bayer Foundation, terutama oleh mahasiswa yang memiliki minat pada bidang sains dan kedokteran. Beasiswa ini tidak hanya dalam bentuk bantuan buat mahasiswa, tapi juga dukungan keuangan untuk proyek penelitian, pelatihan, ataupun magang. Syarat utama untuk mengajukan beasiswa Bayer adalah memiliki prestasi akademik yang sangat baik serta topik penelitian yang diajukan harus menarik dan inovatif.

Selain beasiswa dari yayasan, organisasi, perusahaan, ataupun dari pemerintah, sebagian besar Universitas di Jerman juga menawarkan beasiswa bagi mahasiswanya. Persyaratan utamanya, tentu saja harus terdaftar di Universitas tersebut. Nah, ternyata banyak cara kan untuk mendapatkan beasiswa di Jerman.

Kalau kamu tertarik dengan studi di Jerman, segera hubungi Virtu Education di (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau kunjungi www.virtueducation.org. Dapatkan konsultasi gratis serta tips-tips menarik untuk mensiasati berbagai hambatan untuk mewujudkan cita-cita kuliah di luar negeri.

Baca Juga  3 Tahapan Sistem Pendidikan di Perancis Yang Wajib Kamu Ketahui

(Visited 68 times, 1 visits today)

Leave a Reply