Beasiswa Jerman S1

8 Beasiswa Jerman S1 Untuk Mahasiswa Asing

Beasiswa Jerman S1 – Tidak diragukan lagi kalau Jerman menjadi negara terdepan dalam menyediakan pendidikan murah bagi mahasiswa asing. Semua mahasiswa yang diterima di hampir semua universitas negeri akan dibebaskan dari biaya kuliah atau tuition fee. Mereka hanya membayar biaya administrasi per semester yang nilainya sangat terjangkau.

Tapi tantangan terbesar mahasiswa asing justru pada urusan non studi, misalnya saja biaya hidup Jerman yang terkenal lumayan tinggi. Dibutuhkan sekitar 750 Euro atau sekitar Rp 11,5 Juta untuk biaya akomodasi, makan minum, dan kebutuhan harian lainnya. Makanya banyak mahasiswa asing yang mengincar beasiswa ke Jerman.

Baca juga ” Daftar Universitas di Inggris yang Terbaik “

Dan salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah beasiswa Jerman S1 untuk mahasiswa asing itu benar-benar ada? Dan kalaupun ada, apakah terbuka untuk mahasiswa non Uni Eropa?

Pertanyaan ini terus muncul, karena sebagian besar beasiswa yang ditawarkan adalah untuk pascasarjana, baik Master maupun Doktoral. Walaupun tidak sebanyak beasiswa Pascasarjana, tapi beasiswa Jerman S1 tetap ada. Ingin tahu apa saja? Yuk ikuti daftar beasiswa berikut ini.

1.Erasmus plus

Erasmus plus merupakan program Uni Eropa yang memiliki concern dalam pendikan, olahraga, dan pelatihan yang diadakan di Eropa. Dan tidak hanya untuk mahasiswa Eropa saja, beasiswa ini tersedia juga untuk negara non Uni Eropa, termasuk Indonesia.

Bahkan pada tahun 2019 saja ada 200 mahasiswa dan dosen dari Indonesia yang menerima beasiswa ini. Baik untuk program gelar maupun non gelar (pertukaran mahasiswa) dari S1 sampai S3. Dan karena disponsori oleh Uni Eropa, mahasiswa bisa memilih berbagai universitas di Eropa, termasuk Jerman pastinya.

Nah karena termasuk beasiswa full, persaingan untuk mendapatkan juga sangat ketat lho. Bagi peraih beasiswa, mereka akan mendapat sokongan tunjangan bulanan sebesar 1000 Euro untuk S1 dan S2, serta 1500 Euro untuk mahasiswa S3.

Pendaftaran beasiswa Erasmus Plus biasanya dibuka sekitar bulan Oktober. Bagaimana, berminat ikut beasiswa Erasmus Plus? Klik aja https://eacea.ec.europa.eu/erasmus-plus/scholarships_en

Baca Juga  4 Fakta Jerman Mulai dari Sejarah hingga Liburan yang Asyik

Beasiswa Jerman S1

2.Deutschlandstipendium

Deutschlandstipendium kalau diterjemahkan artinya “beasiswa Jerman”. Beasiswa yang disponsori Kementerian Pendidikan dan Penelitian Federal (BMBF) dan swasta ini telah mmemberikan bantuan keuangan mahasiswa sejak April 2011.

Lalu bagaimana untuk mendapat beasiswa ini? Untuk mendaftar, kalian harus sudah diterima dan terdaftar sebagai mahasiswa. Dan begitu terdaftar sebagai mahasiswa, kalian bisa langsung mengajukan beasiswa Deutschlandstipendium.

Bagi yang berhasil mendapatkannya, mereka berhak atas tunjangan tahunan sebesar 3600 Euro atau 300 Euro per bulan. Beasiswa ini diberikan setidaknya 2 semester dan bisa diperpanjang sampai masa studi standar di masing-masing program studi.

Beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa S1 hingga S3 ini juga memberikan program tambahan, seperti mentoring dan magang. Selain itu, mahasiswa juga berpeluang memperkuat link dengan perusahaan sponsor. Tertarik? Yuk dapatkan informasi lengkapnya di deutschlandstipendium.de.

3.Kurt Hansen Science Scholarships

Beasiswa yang disponsori Bayern Foundations ini fokus pada bantuan riset, magang, maupun pelatihan bagi mahasiswa dan peneliti muda yang memiliki perhatian pada bidang medis dan sains.

Ada 5 program beasiswa yang bisa dicoba mahasiswa Indonesia antara lain Life Science, Medicine, Agro Science, Biology and Chemistry Educators, serta Apprentices (untuk yang berprofesi non akademis).

Untuk mendaftar, mahasiswa harus menyampaikan rencana studi atau risetnya, kemudian mengajukan besaran dana yang diperlukan. Jadi sponsor akan memberikan bantuan sesuai kebutuhan. Tertarik? Kalian bisa mendaftarnya di sekitar bulan Juni dan Juli.

Jumlah beasiswa S1 untuk mahasiswa asing memang terbatas. Tapi jangan khawatir, karena ada banyak universitas yang menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Ini dia beberapa diantaranya

4.Universität Hamburg

Bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi di Universität Hamburg, mereka bisa mengajukan beasiswa melalui merit scholarship program atau beasiswa prestasi. Dan beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa seluruh jenjang, yang penting mereka memiliki prestasi menonjol.

Dan untuk mahasiswa S1, mereka bisa mengajukan beasiswa kalau sudah menjalani perkuliahan minimal 2 semester. Tergantung ketersediaan dana, tetapi kandidat bisa menerima tunjangan bulana hingga 850 Euro. Beasiswa akan diberikan selama 12 bulan atau 2 semester. Setelah itu, mahasiswa bisa daftar ulang kembali.

Baca Juga  Mengapa Kursus GRE Jakarta itu Penting Untuk Anda Ikuti

5.Hamburg University of Applied Science (HAW Hamburg)

Seperti namanya, universitas yang baru berdiri pada tahun 1970 ini berkonsentrasi pada riset pengajaran dan riset ilmu terapan. HAW Hamburg sekarang ini menjadi universitas terbesar kedua di kota Hamburg dan universitas Applied Science terbesar ketiga di seluruh Jerman.

Universitas dikenal karena banyaknya aktivitas riset di laboratorium serta proyek kerjasama dengan industri. Semua teori yang diajarkan langsung dipraktekkan di laboratorium, studio, dan diperdalam dengan studi kasus. Kerjasama dengan industri juga membuat mahasiswa terbiasa berinteraksi dengan dunia profesional.

Dan seperti universitas negeri lainnya, HAW Hamburg tidak menarik biaya kuliah pada mahasiswanya. Belajar di HAW Hamburg menjadi makin menarik karena banyaknya beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa asing.

Salah satunya adalah program Excellence Scholarships yang membuka kesempatan beasiswa bagi mahasiswa S1 yang sudah menjalani perkuliahan di 2 semester tertama. Beasiswa Jerman S1 yang disponsori Pemda Hamburg ini akan memberikan bantuan keuangan sebesar 1.800 Euro per semester atau 300 Euro per bulan.

6.Technical University of Munich (TUM)

Beasiswa yang satu ini datang dari salah satu universitas terbaik Eropa, yaitu TU Munich. Universitas yang sudah melahirkan imuwan kelas dunia dan pemenang nobel ini menjadi universitas Jerman pertama yang digelari University of Excellence.

Dan untuk membantu pendanaan mahasiswa asing, TU Munich juga memberikan beasiswa yang sumbernya berasal dari pemerintah negara bagian Bavaria. Mahasiswa yang memenuhi syarat bisa menerima bantuan keuangan sebesar 500 hingga 1500 Euro per semester.

7.Heidelberg University

Dengan kedudukannya sebagai kampus bersejarah dan paling tua di Jerman, banyak pelajar Jerman yang bangga bisa kuliah di Universitas Heidelberg. Mereka terkenal sebagai salah satu yang terbaik dalam bidang studi Kedokteran, Sains, Psikologi, Bisnis, maupun Ilmu-Ilmu Sosial.

Baca Juga  60 Ungkapan Dalam Bahasa Jerman dan Artinya

Suasana yang masih alami juga membuat mahasiswa betah berlama-lama di kampus. Nah bagi mahasiswa berprestasi, mereka berpeluang besar mendapat beasiswa yang berasal dari kampus.

Misalnya saja Beasiswa Jerman S1 bagi mahasiswa dari negara berkembang yang mengambil studi Kedokteran Umum ataupun Kedokteran Gigi. Universitas menyediakan bantuan keuangan bulanan sekitar 300 hingga 600 Euro.

8.RWTH Aachen University

Bagi pelajar yang ingin mendalami Ilmu Teknik, RWTH Aachen bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Karena universiats ini memang fokus pada riset Teknik dan Teknologi terbaru. Dan reputasi RWTH Aachen sebagai yang terbaik ini sudah dikenal dari dulu.

Bukti paling sahihnya adalah bapak pesawat terbang Indonesia, Prof Bj Habibie yang mendapat gelar Insinyur dari RWTH Aachen. Sebagai universitas riset, RWTH Aachen banyak bekerjasama dengan perusahaan swasta, termasuk dalam penyediaan beasiswa.

Salah satunya kerjasama dengan perusahaan otomotif Ford Werke GmbH. Beasiswa yang dinamakan The Henry Ford Scholarship ini menargetkan mahasiswi Teknik Mesin yang memiliki prestasi akademik dan aktif dalam ekstrakurikuler.

Mereka berhak mendapat tunjangan bulanan 300 Euro yang berlaku minimal selama satu tahun. Selain itu, ada juga beasiswa lainnya seperti UNITECH International, Porche IT Scholarships, atau Education Fund. Untuk mendapat informasi beasiswa RWTH Aachen, silakan klik https://www.rwth-aachen.de/go/id/dyiv/lidx/1.

Mencari beasiswa Jerman S1 memang gampang-gampang susah. Selain kompetisi untuk mendapatkannya sangat ketat, jumlah beasiswa yang tersedia juga cukup terbatas. Karena sebenarnya mahasiswa sudah mendapat subsidi yang sangat besar dari pemerintah Jerman.

Sebagian besar beasiswa Jerman untuk mahasiswa S1 justru ditawarkan oleh universitas. Tapi ya itu tadi, kalian harus terdaftar dulu sebagai mahasiswa di kampus tersebut. Nah Semoga beberapa daftar beasiswa S1 Jerman di atas semakin memotivasi kalian untuk mewujudkan mimpi kuliah di Jerman. Selamat mencoba ya!

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *