Macam-Macam Beasiswa S2 di Jerman dan Cara Mendapatkannya

Beasiswa S2 di Jerman – Bagi banyak pelajar dari luar negeri, Jerman sering dijadikan sebagai negara tujuan menuntut ilmu. Alasan utamanya tentu saja karena kualitas pendidikannya yang telah teruji serta biaya kuliah yang sangat terjangkau.

Tidak heran kalau negara yang berlokasi di tengah-tengah Eropa ini menjadi salah satu negara yang memiliki mahasiswa asing terbanyak. Perhatian pemerintah dan swasta yang sangat tinggi pada pendidikan menjadikan ada banyak beasiswa yang tersedia.

Nah bagi kalian yang ingin lanjut S2, berikut ini daftar beberapa beasiswa S2 di Jerman dan cara mendapatkannya.

1.DAAD

DAAD adalah singkatan dari Deutscher Akademischer Austausch Dienst. Atau kalau diterjemahkan secara bebas berarti Dinas Pertukaran Akademik Jerman. DAAD saat ini tercatat sebagai lembaga pemberi beasiswa terbesar, tidak hanya di Eropa, tapi Dunia.

Sejak awal berdiri, lebih dari 2 juta mahasiswa dari seluruh dunia mendapat bantuan keuangan dari DAAD. Lembaga ini menfokuskan diri pada bantuan beasiswa untuk mahasiswa Pascasarjana yang berasal dari negara berkembang seperti Afrika, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Asia, Timur Tengah, maupun Eropa Timur.

Dana yang ada di DAAD berasal dari masyarakat Jerman yang dikelola oleh Kantor Luar Negeri Federal Jerman. Karena besarnya perhatian pemerintah Jerman pada pendidikan, mereka ingin bakat terbaik dari seluruh dunia bisa melanjutkan kuliah di Jerman.

Para penerima beasiswa ini akan mendapatkan full support selama kuliah di Jerman. Untuk tunjangan bulanan, DAAD akan memberikan dana sekitar 750 hingga 1000 Euro/bulan. DAAD juga menanggung asuransi, biaya perjalanan, serta kebutuhan kuliah.

DAAD juga membuka kantor cabang di seluruh dunia. Selain untuk mempromosikan pendidikan Jerman, ini juga memudahkan pelajar untuk mendapat informasi dan mendaftar beasiswa DAAD secara langsung.

Baca Juga  6 Buku Bahasa Jerman Untuk Pemula

Untuk di Indonesia sendiri, kantor DAAD ada di Jakarta. Atau kalian juga bisa masuk ke website www.daad.id untuk mendapat infomasi lengkap tentang beasiswa ini.

2.Erasmus +

Satu lagi beasiswa yang banyak diincar mahasiswa Indonesia, yaitu Erasmus +. Beasiswa ini tersedia bagi mahasiswa semua level, baik Bachelor, Master, Doctoral, serta Post Doctoral. Beasiswa yang disponsori Uni Eropa ini memberikan dukungan bagi mahasiswa Asia untuk menempuh studi di negara-negara Eropa, termasuk Jerman.

Erasmus + juga memiliki berbagai program beasiswa, mulai dari magang, pertukaran mahasiswa, training, hingga beasiswa kuliah secara penuh. Total ada lebih dari 1600 kuota beasiswa yang diberikan untuk kuliah di Eropa. Mereka menganggarkan sekitar 16 Miliar Euro untuk pelatihan pemuda dari seluruh dunia.

Mahasiswa yang menerima beasiswa ini diharapkan bisa fokus dengan studi mereka. Karena semuanya sudah ditanggung oleh beasiswa. Mulai dari biaya hidup antara 1000 sampai 1800 Euro, asuransi, biaya kuliah, penelitian, serta tunjangan perjalanan.

Karena itu persyaratan mendapatkan beasiswa Erasmus + sangat ketat. Kandidat yang dicari tidak hanya istimewa dalam prestasi akademik saja, tapi juga harus memiliki soft skill yang baik serta berprestasi dalam kegiatan non akademik. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa klik https://eacea.ec.europa.eu/erasmus-plus/scholarships_en.

3.Heinrich Böll

Beasiswa yang satu ini berasal dari Heinrich Böll Foundatioan yang merupakan salah satu organisasi afiliasi dari Partai Hijau Jerman. Karena itu tidak heran kalau yang diprioritaskan adalah mahasiswa yang mengambil bidang lingkungan, demokrasi, serta ilmu STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics).

Walaupun tidak memberikan full beasiswa, tapi mahasiswa berhak atau bantuan keuangan 850 hingga 1200 Euro tiap bulannya. Bagi yang berminat, kalian bisa mendaftar beasiswa ini pada awal bulan Maret dan September. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa dapatkan di website resminya www.boell.de/en.

Baca Juga  Bedanya Tugas Kepala Negara Jerman dan Kanselir Jerman

4.Bayer Foundations

Beasiswa ke Jerman juga tersedia dari Perusahaan, contohnya adalah dari Bayen Science and Education Foundation. Dukungan diberikan bagi peneliti atau mahasiswa inovatif dan memiliki minat untuk mengembangkan riset sains, Kedokteran, Kimia, Obat-obatan, serta Biologi.

Tidak hanya biaya kuliah, Bayer Foundations juga menawarkan bantuan dalam bentuk training, magang, penelitian, dan lain-lain.

5.Technical University of Munich

Kalaupun tidak mendapat beasiswa dari pemerintah Jerman, cara lainnya adalah dengan memburu beasiswa yang disediakan kampus. Salah satu universitas yang menawarkan banyak beasiswa S2 Jerman Teknik adalah Technical University of Munich (TUM).

TUM merupakan salah satu universitas Teknik terbaik di Eropa yang telah banyak melahirkan para pemenang nobel. Untuk apply beasiswa dari TUM, kita harus terdaftar dulu sebagai mahasiswa. Setelah nilai semester pertama keluar, barulah kita bisa mendaftar beasiswa.

Beasiswa dari TUM ini akan memberikan bantuan kepada mahasiswa dalam bentuk tunjangan sebesar 500 sampai 1500 Euro tiap semester. Untuk persyaratannya, mereka akan meminta CV, motivation letter, rekomendasi dosen, bukti penghasilan orang tua, serta transkrip IPK semester pertama.

6.RWTH Aachen University

RWTH Aachen menjadi salah satu favorit bagi peminat bidang Teknik. Reputasi universitas ini sudah diakui sejak lama, terutama program studi Teknik Mesin, Teknik Kimia, Elektro, Fisika, Kimia, serta Ilmu Komputer.

Dalam penyediaan beasiswa S2, universitas bekerja sama dengan banyak pihak seperti Henry Ford Scholarships, Porche AG, Unitech International, dan masih banyak lagi. Sebagian besar lembaga tersebut memberikan bantuan keuangan sebesar 300 Euro per bulan. Lumayan kan?

7.Heidelberg University

Universitas yang berdiri sejak tahun 1386 ini juga pas bagi kalian yang ingin lanjut studi Master. Karena universitas menyediakan beasiswa senilai 3600 Euro per tahun. Dan beasiswa ini memang dikhususkan untuk mahasiswa asing. Syarat utamanya adalah prestasi akademik serta aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Baca Juga  Mengenal Nama-Nama Makanan Dalam Bahasa Jerman

Pembiayaan menjadi faktor penting bagi siapa saja yang ingin kuliah di Jerman. Walaupun biaya kuliah Jerman tergolong rendah, tapi biaya hidupnya jelas sangat tinggi. Untungnya beberapa beasiswa di atas akan membantu keuangan mahasiswa.

Cara mendapat beasiswa S2 di Jerman

Untuk apply beasiswa, pertama kalian harus cek ke website pemberi beasiswa tersebut. Di situs kalian akan menemukan informasi kapan waktu pendaftaran, dokumen yang diperlukan, universitas yang bekerjasama, dll. Selain itu, kalian juga bisa bertanya ke universitas perihal beasiswa apa saja yang tersedia di universitas tersebut.

Untuk mendaftar beasiswa S2 luar negeri Jerman, umumnya sponsor akan meminta beberapa dokumen berikut ini

•Formulir pendaftaran yang sudah diisi
•Salinan ijazah dan transkrip nilai S1
•Letter of Acceptance dari universitas di Jerman
•Curriculum Vitae
•Bukti kemampuan bahasa asing (bahasa Jerman dan Inggris)
•Surat rekomendasi dari Dosen dengan stempel resmi universitas
•Motivation letter

Hampir semua beasiswa ke luar negeri mengharuskan mahasiswa menuliskan motivation letter. Karena dari sini sponsor akan mengetahui siapa diri kita, apa motivasi melanjutkan studi S2 di universitas atau jurusan tersebut, serta apa rencana kita pasca lulus S2.

Nah itu tadi informasi mengenai daftar beasiswa S2 di Jerman serta apa saja yang harus dipersiapkan untuk meraihnya. Jadi tinggu apalagi? Yuk segera persiapkan diri kalian untuk meraih beasiswa S2 Jerman. Setidaknya bekali diri dengan skill bahasa Jerman. Selamat berjuang ya!!

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *