Langkah Belajar Bahasa Inggris Cepat

Belajar Bahasa Inggris Cepat – Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh negara. Oleh sebab itu, tidak keliru apabila banyak orang berusaha supaya dapat menguasai bahasa Inggris, setidaknya untuk berkomunikasi dengan orang asing.

Cara-cara belajar bahasa Inggris dirasa sulit oleh beberapa orang. Hal tersebut bisa karena kedisiplinan atau pun akibat dari langkah-langkah yang tidak cukup efektif, sehingga terasa sulit.

Berikut ini tips dan belajar bahasa Inggris cepat yang dapat dilakukan secara mandiri atau otodidak di rumah.

1. Ketahui Kata Dasar dalam Bahasa Inggris

Hal terpokok dalam belajar bahasa asing tentu saja adalah perbendaharaan kosakata. Kita bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih cepat apabila menghafalkan beberapa kata dasar yang paling familiar terlebih dahulu, seperti kata ganti orang ataupun kata kerja.

2. Jangan Terjebak pada Kata-Kata Sederhana

Setelah menguasai beberapa kata dasar dalam bahasa Inggris, jangan cepat merasa aman melainkan terus berusaha untuk terus mencari padanannya yang lebih rumit. Seseorang yang kemampuan bahasa Inggrisnya tidak berkembang biasanya karena merasa terlalu nyaman dengan perbendaharaan kata-kata dasar yang itu-itu saja, sehingga akan cenderung menjelaskan banyak hal menggunakan kata-kata itu.

3. Sadari Perbedaan Gramatikal Bahasa Inggris

Salah satu kesalahan yang membuat belajar bahasa Inggris menjadi lebih sukar adalah ketidaksadaran bahwa susunan satuan bahasa dalam bahasa Inggris berbeda dengan gramatikal bahasa asli kita sehari-hari.

Ketidaksadaran gramatikal yang berbeda itu akan membuat kita hanya menerjemahkan satu persatu kata, namun pola SPOK-nya sama. Padahal, yang seharusnya dilakukan adalah menerjemahkan maksud ke dalam kalimat yang SPOK-nya berbeda.

4. Perbanyak Persinggungan dengan Bahasa Inggris

Menetapkan jadwal belajar bahasa Inggris seperti jadwal belajar mata pelajaran di sekolah tidak akan membuat banyak kemajuan dalam belajar bahasa Inggris kita.

Baca Juga  Rumus Perfect Present Tense dan Contoh Penggunaannya

Ketimbang hanya membuat belajar bahasa Inggris terjadwal, belajar bahasa Inggris cepat terbaik adalah dengan menerapkannya secara tidak sadar tapi berulang-ulang. hal itu akan membuat kita tidak merasa tertekan, sehingga otak akan lebih efektif dalam mengambil informasi.

Kita dapat mempersering mendengarkan lagu bahasa Inggris atau pun menonton film berbahasa Inggris tanpa bantuan subtitle atau kode visual untuk mengerti jalan cerita. Hal tersebut secara tidak langsung akan membuat kita dapat mengenal beberapa kata bahasa Inggris beserta cara pelafalannya.

5. Berpikir Menggunakan Bahasa Inggris

Salah satu ciri kita tidak berbahasa Inggris secara fasih adalah lambat dalam merespon teman bicara. Hal tersebut dapat disebabkan karena kita berpikir menggunakan bahasa ibu terlebih dahulu, lalu barulah diterjemahkan ke bahasa Inggris, dan diucapkan.

Dengan cara tersebut, kita pasti akan membutuhkan waktu berapa detik, terhitung sejak berpikir konsep di dalam otak hingga mengucapkannya. Oleh sebab itu, lebih baik kita sudah menggunakan kata-kata bahasa Inggris sejak memikirkan konsep di dalam otak.

Misalnya, apabila kita melihat buah berwarna orange, berbentuk bundar, dan berbulir-bulir, kita tidak perlu menyebut buah itu “jeruk” di dalam otak. Melainkan, kita bisa langsung menamakan buah itu “orange”.

6. Praktikan Apa pun yang Diketahui

Belajar bahasa Inggris cepat adalah dengan mempraktikan apa pun yang sudah kita ketahui, sekalipun itu adalah hal-hal dasar. Penyebab paling banyak yang membuat seseorang tidak dapat cepat berbahasa Inggris adalah tekad untuk menerapkan kemampuan bahasa Inggrisnya hanya jika sudah benar. Padahal, kita tidak akan pernah sampai ke tahap itu apabila tidak belajar mempraktikannya.

7. Pelajari Bahasa Inggris Melalui Bidang Tertentu

Penyebab belajar bahasa Inggris menjadi sangat membosankan adalah justru karena kita terlalu khusus mempelajari bahasa Inggris.

Baca Juga  Ingin Sukses? Kata Motivasi Bahasa Inggris Ini Dapat Membantu

Belajar bahasa Inggris cepat yang bisa diterapkan supaya tidak monoton adalah dengan mempelajari sebuah bidang tertentu, namun menggunakan bahasa Inggris sebagai komunikasinya. Selain kita mendapatkan keuntungan dapat belajar bidang tertentu, kita tidak akan merasa bosan dalam belajar bahasa Inggris.

Misalnya, jika kita mempelajari bidang teater, kita dapat menggunakan istilah-istilah dalam dunia teater menggunakan bahasa Inggris.

8. Perbanyak Membaca Wacana Utuh Berbahasa Inggris

Membaca kamus adalah cara yang baik, tetapi kita tahu bahwa harapan untuk mendapatkan kosakata baru dari cara itu sangatlah kecil. Baru membuka sampul kamus saja, kita sudah bingung mana yang harus kita hafalkan, sehingga yang terjadi adalah malas.

Belajar bahasa Inggris cepat yang bisa kita lakukan untuk menemukan banyak kosakata adalah dengan membaca wacana utuh atau sebuah tulisan berbahasa Inggris yang memuat gagasan secara penuh.

Membaca berbagai wacana utuh seperti novel atau pun berita di koran, kita juga dapat menemukan variasi gramatikal yang dapat diterapkan dalam bahasa Inggris.

9. Bergabung Bersama Komunitas-Komunitas Berbahasa Inggris

Untuk melatih kemampuan speaking dan listening, tentu cara yang sangat baik digunakan adalah dengan menemukan lawan bicara berbasa Inggris.

Kita dapat mengikuti komunitas belajar bahasa Inggris yang memang fokus belajar bahasa Inggris. Namun, akan lebih baik Jika mengikuti komunitas berbahasa Inggris. Komunitas berbahasa Inggris bukanlah sebuah komunitas yang mempelajari bahasa Inggris sebagai fokus utama, melainkan sebuah perkumpulan yang mempelajari bidang tertentu, anime misalnya, menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi.

10. Terapkan Pola Pikir Futuristik

Pada beberapa orang, hal ini memang cukup berisiko dalam mengubah kepribadian dan karakter. Akan tetapi, mengubah pola pikir menjadi lebih futuristik adalah belajar bahasa Inggris cepat yang efektif.

Baca Juga  5 Keuntungan Mengikuti Kursus IELTS Bali Terbaik

Menerapkan pola pikir futuristik akan membuat kita untuk berpikir mengenai teknologi atau pun berbagai hal yang bersifat internasional. Dengan sendirinya, istilah-istilah yang akan kita gunakan dalam hal tersebut adalah istilah bahasa Inggris karena banyak yang tidak ada padanannya dalam bahasa Indonesia.

Itulah uraian singkat tentang belajar bahasa Inggris cepat secara mandiri atau otodidak. Yang perlu sadari adalah bahwa belajar secara mandiri hanya akan efektif untuk keperluan komunikasi. Apabila kebutuhan belajar bahasa Inggris tersebut demi mempersiapkan tes ujian, tidak salah jika kita mengambil kelas bimbingan belajar yang lebih terpadu.

(Visited 50 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *