Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula

Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula – Kesan apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar ada teman yang akan belajar bahasa Jepang? Kebanyakan orang akan membayangkan kesulitan yang akan dihadapi teman kita tadi. Karena belajar bahasa Jepang memang berbeda dibanding bahasa asing lainnya.

Bahasa-bahasa asing yang populer seperti bahasa Inggris, Jerman, Perancis, dll memiliki akar bahasa yang sama, sehingga tidak terlalu sulit mempelajarinya.

Tapi lain dengan bahasa Jepang. Tidak hanya cara penulisannya yang kompleks, tata bahasa Jepang tidak ada padanannya dengan bahasa-bahasa lainnya. Itulah sebabnya, kalian tidak bisa menerapkan metode belajar bahasa-bahasa asing tersebut ke dalam bahasa Jepang.

Beberapa hal yang membuat bahasa Jepang terasa unik diantaranya

•Tata bahasa

Tata bahasa Jepang sangat berbeda dengan bahasa lain di dunia. Beberapa keunikan struktur bahasa Jepang diantaranya urutan kata (subjek, predikat, objek) yang berbeda serta tidak adanya kata kerja bantu. Jika bahasa Indonesia dan bahasa lainnya umumnya berpola SPO, maka bahasa Jepang menganut pola SOP.

Hal unik lainnya dari tata bahasa Jepang adalah tenses atau perubahan karena waktu tidak hanya terjadi pada kata kerja. Tapi kata sifat bahasa Jepang juga berubah karena perubahan waktu tadi.

Selain itu, subjek dan objek bisa dihilangkan dari kalimat. Ini bisa terjadi kalau subjek dan objek sudah diketahui saat kalimat tersebut diucapkan.

•Cara penulisan

Cara penulisan bahasa Jepang sangat rumit. Bahkan banyak yang berkomentar metode penulisan bahasa Jepang menjadi salah satu yang paling rumit di dunia. Metode penulisan bahasa Jepang merupakan gabungan dari dua sistem penulisan: Kanji untuk penulisan kata dan kana (Katakana dan Hiragana) untuk penulisan suku kata.

Bahkan saat ini banyak generasi muda Jepang yang melupakan tulisan Kanji karena terbiasa menulis dengan komputer. Akibatnya, mereka tidak terlalu lancar dalam menulis Kanji secara manual.

Baca Juga  Syarat Kuliah di Jepang dan Perbedaannya dengan Jerman

•Tingkatan bahasa

Sama dengan bahasa Jawa yang memiliki tingkatan bahasa ngoko, kromo, maupun kromo inggil. Dalam bahasa Jepang juga dikenal tingkatan bahasa berdasarkan dengan siapa kalian berbicara. Tingkatan bahasa ini menunjukkan bahwa orang Jepang masih menjunjung tinggi kesopanan.

Mereka akan melihat melihat orang yang diajak berbicara berdasarkan: usia, status sosial ekonomi, maupun pengalaman. Kosakata yang digunakan saat bicara dengan orang yang lebih tua atau berstatus sosial tinggi akan berbeda dengan saat bicara dengan teman sebaya.

Beberapa keunikan ini membuat kalian harus benar-benar bekerja keras dan cerdas untuk bisa fasih berbahasa Jepang. Tapi ingat, menguasai bahasa Jepang akan mendatangkan manfaat yang sangat banyak. Bahasa Jepang menjadi urgent karena negara itu memegang peranan penting dalam berbagai bidang.

Dengan motivasi yang tepat, kalian akan bisa segera berkomunikasi dengan bahasa Jepang. Jadi bagi kalian yang sedang bertanya-tanya apakah bisa menguasai bahasa Jepang dengan segera? Jawabannya adalah bisa. Nah ingin tahu bagaimana cara belajar bahasa Jepang untuk pemula? Ini dia ulasannya

1.Ikut kursus

Buat kalian yang memulai dari nol, cara termudah adalah dengan ikut kursus. Bagi yang tinggal di kota besar, tidak sulit menemukan lembaga kursus bahasa Jepang. Ikut kursus membuat kalian mendapatkan pelajaran secara komprehensif dan terarah.

Selain itu, kalian akan mendapat teman seperjuangan yang akan menjadikan belajar lebih termotivasi. Tapi kalaupun kalian sibuk dan kesulitan mengatur waktu kursus, kalian bisa bergabung dengan kursus online. Dengan kursus online, kalian bisa menentukan sendiri waktu yang tepat untuk belajar.

2.Pelajari Hiragana dan Katakana

Hiragana dan Katakana adalah dua jenis huruf Jepang paling dasar. Huruf Hiragana digunakan untuk menulis kosakata asli Jepang dan telah digunakan orang Jepang sejak abad 10 Masehi. Bagi anak-anak Jepang atau orang asing, mereka akan memulai pelajaran dengan huruf Hiragana.

Baca Juga  8 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2019

Karena lebih mudah dipahami, huruf Hiragana juga sering digunakan sebagai pengganti huruf Kanji. Sedangkan huruf katakana digunakan untuk menulis kosakata serapan dari bahasa asing. Nah sebelum belajar kanji, wajib hukumnya bagi kalian untuk memahami dua jenis huruf ini.

3.Pakai flashcard

Untuk membantu menghapal kosakata Jepang dalam huruf Kanji, ada baiknya menggunakan flashcard atau kartu flash. Dengan flashcard, kalian bisa menghapal kosakata lebih banyak dalam waktu relatif singkat. Kalian bisa membuat flashcard sendiri atau melalui situs web yang menyediakan pembelajaran bahasa Jepang dengan flashcard.

4.Baca komik Jepang atau Manga

Membaca manga atau komik Jepang sangat disukai banyak orang, baik tua atau muda. Dan aktivitas ini bisa menjadi cara belajar bahasa Jepang secara menyenangkan. Halaman pada manga biasanya dipenuhi gambar dan huruf Furigana.

Gambar-gambar yang ada sangat menolong kalian dalam memahami maksud kalimat dalam cerita tersebut. Adanya Furigana (Hiragana atau Katakana kecil) juga sangat baik untuk meningkatkan kemampuan huruf Kanji kalian.

5.Berlatih dengan tutor

Bahasa Jepang terkenal sangat unik. Sehingga walaupun kalian memiliki kecerdasan tinggi, sangat sulit mempelajari bahasa Jepang tanpa bantuan tutor atau instruktur. Tutor yang baik tidak hanya pandai berbahasa Jepang, tapi juga memiliki cara yang tepat untuk memahamkan siswa.

Seorang tutor akan membantu kalian, mulai dari nol hingga benar-benar mampu berkomunikasi dalam bahasa Jepang.

6.Menonton anime Jepang

Orang Jepang sudah diakui kehebatannya dalam membuat karya anime yang sangat menarik. Selain menghilangkan stress, menonton anime Jepang menjadi salah satu cara menyenangkan dalam mempelajari bahasa Jepang.

Kalian bisa memilih anime Jepang yang lucu-lucu, seperti Doraemon, Dragonball, Digimon, Naruto, dll. Mengikuti alur cerita anime Jepang tanpa sadar membuat kalian familiar dengan kosakata berbahasa Jepang dan pada akhirnya mampu melafalkannya dengan lancar.

Baca Juga  Kerja di Jepang Jalur Mandiri Bersama STUDIVA

7.Sering mendengar bahasa Jepang

Terbiasa mendengarkan bahasa Jepang sebelum belajar topik lainnya dipercaya menjadi salah satu cara cepat belajar bahasa jepang. Banyak orang yang kesulitan melafalkan bahasa Jepang. Tapi kebiasaan mendengar kata-kata bahasa Jepang ini membuat kalian mengerti bagaimana kosakata diucapkan oleh penutur asli.

Tidak apa-apa kalau kalian belum paham artinya, karena lambat laun kalian akan memahaminya. Banyak kok pakar bahasa yang berpendapat mendengar menjadi cara belajar bahasa asing yang lebih efektif dibanding melihat atau visual.

8.Bergabung dengan komunitas belajar bahasa Jepang

Bergabung dengan komunitas menjadi salah satu cara termudah meningkatkan kemampuan bahasa Jepang kalian. Ada banyak komunitas bahasa Jepang, terutama di kota besar maupun kota pelajar. Belajar bersama komunitas juga terasa menyenangkan, karena kalian bisa saling berbagai pengetahuan bahasa Jepang.

Bahkan kalau kalian benar-benar baru memulai, sekedar datang, diam, dan mendengar pembicaraan anggota komunitas akan sangat bermanfaat bagi perkembangan bahasa Jepang.

Nah sekian dulu ulasan mengenai keunikan bahasa Jepang dan beberapa cara mempelajarinya. Dengan ketekunan dan motivasi tinggi, tidak ada yang sulit untuk dipelajari.

Dan jangan lupa juga untuk berani bercakap-cakap dengan bahasa Jepang, apapun level kalian. Karena banyak berlatih komunikasi menjadi kunci sukses belajar bahasa Jepang dasar. Nah selamat belajar bahasa Jepang dan sukses selalu ya!!

(Visited 66 times, 1 visits today)

Leave a Reply