Tips Belajar TOEFL Efektif Tanpa Kursus

Belajar TOEFL – Setiap orang yang mengikuti tes TOEFL pastinya ingin mendapatkan skor yang tinggi dengan tujuan yang beragam. Ada yang mengikuti tes TOEFL untuk mendaftar kuliah di luar negeri, ada yang ingin mendaftar beasiswa ataupun untuk melamar kerja. Skor tinggi bisa diperoleh dengan melakukan persiapan belajar TOEFL. Bagaimana cara belajar TOEFL yang efektif?

Tips Belajar TOEFL Efektif Tanpa Kursus

1. Jadwalkan waktu belajar TOEFL

Kamu perlu menjadwalkan berapa lama kamu belajar TOEFL tiap harinya. Jika kamu masih kuliah atau bekerja, kamu bisa meluangkan waktumu 2 – 4 jam per hari untuk belajar TOEFL. Kamu bisa menjadwalkan waktu belajar pada kondisi dimana kamu bisa berkonsentrasi dengan baik, apakah pagi hari, siang hari, atau malam hari.

Buatlah manajemen waktu belajar, nah kamu bisa menjadwalkan berapa jam yang kamu butuhkan tiap harinya hingga menjelang tes TOEFL. Kamu harus benar – benar pandai mengatur waktu dan disiplin menjalankan jadwal yang kamu buat.

2. Miliki buku panduan tes TOEFL

Buku panduan tes TOEFL akan membantu kamu dalam belajar TOEFL. Ada banyak buku persiapan tes TOEFL yang direkomendasikan seperti Official TOEFL IBT Test Volume 1, Official TOEFL IBT Test Volume 2, The Official Guide to the TOEFL Test, Cambridge Preparation for the TOEFL, Barron’s TOEFL IBT Superpack, dan lainnya.

Buku panduan tersebut akan memberikan pemahaman – pemahaman mengenai tes TOEFL. Beberapa buku panduan belajar TOEFL menyertakan review mengenai materi tes TOEFL serta soal – soal disertai pembahasan dan jawabannya.

3. Belajar TOEFL secara online

Selain mempelajari panduan dan soal – soal TOEFL dari buku, kamu juga bisa mempelajari materi persiapan TOEFL secara online. Beberapa situs belajar TOEFL gratis diantaranya:

Baca Juga  Sudah Sejauh Mana Persiapan Anda Menghadapi Toefl IBT?

• Learn4good.com

Situs ini merupakan salah satu situs yang populer untuk belajar TOEFL. Kamu bisa mendapatkan penjelasan mengenai TOEFL dan berbagai macam soal reading, writing, serta soal – soal latihan lainnya.

• Examenglish.com

Examenglish.com menyediakan informasi mengenai tes TOEFL seperti biaya TOEFL, tempat pelaksanaan TOEFL, dan tips – tips TOEFL. Selain itu, situs ini juga menyediakan soal – soal TOEFL seperti reading, listening, speaking, vocabulary, dan structure.

• English-test.net

English-test.net merupakan situs belajar TOEFL yang menyediakan soal – soal latihan, contoh esay, practice test, flashcards, serta forum untuk berdiskusi.

• Toeflibtcourse

Toeflibtcourse menyediakan soal – soal latihan TOEFL secara online yang meliputi reading, listening, writing, dan speaking.

4. Ikuti Tes TOEFL online secara gratis dan perbaiki kelemahan

Setelah banyak belajar mengenai TOEFL tentunya kamu ingin mengetahui sejauh mana kemampuan kamu mengerjakan soal TOEFL kan?

Kamu bisa mengikuti tes TOEFL online gratis dan melihat hasilnya. Nah, dari hasil tes tersebut kamu bisa mengetahui di mana letak kelemahan kamu dan memperbaiki kelemahan – kelemahan kamu.

Jika kelemahanmu terletak di listening, maka kamu perlu belajar lebih giat di bagian listening.
Namun jika kamu lemah di bagian writing, perbanyaklah berlatih menulis dalam bahasa Inggris

5. Berlatih, berlatih, dan berlatih

Cara belajar TOEFL paling efektif adalah dengan banyak berlatih mengerjakan soal – soal TOEFL hingga kamu terbiasa. Selain terbiasa dengan soal – soal TOEFL, kamu juga perlu melatih manajemen waktu untuk menjawab soal – soal latihan TOEFL. Lakukan evaluasi pada setiap perkembangan belajar kamu dan lihat hasil jawaban kamu. Berlatihlah secara rutin hingga kamu memahami karakteristik soal dan jawabannya.

Baca Juga  Fakta Tentang Tes TOEFL Online

Nah, itu tadi tips – tips belajar TOEFL efektif tanpa kursus yang bisa kamu lakukan secara mandiri. Namun, jika kamu merasa ingin persiapan belajar TOEFL intensif melalui kursus TOEFL, kamu bisa mengikuti kursus TOEFL di Westwoodprep.com berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

(Visited 81 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *