Fakta-Fakta Tentang Bentang Alam Jerman

Bentang Alam Jerman – Jerman merupakan negara yang sangat indah dengan kekayaan alam yang sangat komplet. Bentang alam Jerman yang sangat bervariasi ini menjadikan negara ini sebagai tujuan utama wisatawan dari berbagai negara. Ditambah lagi, Jerman beriklim sedang, yang membuatnya sangat jarang mengalami cuaca ekstrem.

Nah bagi kalian yang ingin mengenal Jerman lebih dalam, berikut ini 10 fakta menarik mengenai bentang alam Jerman

1.Dengan total luas wilayah 357.386 kilometer persegi, wilayah Jerman menjadi yang terbesar ke-7 di Eropa dan ke-64 di dunia. Dari total luas wilayah itu, 97,7% berupa daratan dan 2,3% terdiri dari perairan.

2.Kalau diukur dari Jerman paling utara yang berbatasan dengan Denmark ke Jerman paling selatan (daerah pegunungan Alpen), panjang wilayah Jerman mencapai 853 kilometer. Sedangkan kalau dihitung dari bagian Jerman paling barat yang berbatasan dengan Belgia ke wilayah Jerman paling timur, lebar wilayah negara Jerman mencapai sekitar 650 kilometer.

3.Bentang alam Jerman sangat tak beraturan dengan topografi yang bervariasi. Jerman bagian utara umumnya berupa dataran rendah yang sangat subur, sehingga sangat baik untuk pertanian. Sebaliknya, Jerman selatan berupa dataran tinggi, gunung, dan perbukitan dengan hutan yang sangat lebat.

4.Karena terletak di antara dataran rendah di utara dan pegunungan di selatan, Jerman bagian tengah bentang alamnya sangat bervariasi. Sebagian besar Jerman tengah didominasi oleh dataran tinggi dan bukit berhutan lebat. Adanya dataran tinggi yang diselingi beberapa lembah menambah keunikan bentang alam Jerman tengah.

5.Hutan terbesar di Jerman, yaitu Black Forest ada di Jerman barat daya. Black Forest merupakan hutan yang berada di dataran tinggi serta dipenuhi pohon cemara dan pinus. Mata air yang ada di Black Forest akan mengairi sungai Danube yang menjadi sungai terpanjang kedua di Eropa serta menghubungkan 10 negara Eropa Tengah dan Eropa Timur.

Baca Juga  Wujudkan Mimpi Kuliah Luar Negeri Melalui Beasiswa di Jerman

6.Puncak Zugspitze berada pada 2.962 meter dpl dan menjadi titik tertinggi di seluruh Jerman. Zugspitze merupakan salah satu dari 400 puncak gunung yang ada di pegunungan Alpen yang membentang sepanjang Jerman dan Austria. Puncak Zugspitze memiliki pemandangan yang sangat indah dan saat ini menjadi salah satu daya tarik utama wisata Jerman.

7.Jerman terletak di pusatnya Eropa tengah dan berbatasan dengan 9 negara Eropa lainnya. Di sebelah utara, Jerman berbatasan dengan Denmark. Di sebelah timur dengan Polandia dan Republik Ceko. Di selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria. Dan di sebelah barat berbatasan dengan 4 negara sekaligus, Perancis, Luksemburg, Belgia, dan Belanda.

8.Jerman juga berhadapan langsung dengan 2 laut, yaitu laut Baltik di sebelah utara dan laut Utara di sebelah barat laut. Laut Baltik ini membatasi negara-negara Eropa Tengah dengan beberapa negara kawasan Baltik seperti Swedia, Finlandia, Lithuania, Latvia, dan Estonia.

9.Jerman termasuk negara modern dengan sebagian besar warganya hidup di perkotaan. Tapi Jerman ternyata juga memiliki sekitar 80 pulau yang jauh dari keramaian kota. Pulau-pulau yang sangat indah tersebut sebagian besarnya terletak di laut Baltik dan laut Utara.

10.Tanah Jerman juga menyediakan berbagai sumber daya alam dan bahan mineral. Beberapa hasil bumi Jerman yang digunakan untuk sumber bahan bakar diantaranya batubara, uranium, dan gas alam. Jerman juga memiliki sumber daya mineral berupa tembaga, nikel, maupun bijih besi. Sumber daya alam Jerman banyak dimanfaatkan untuk mengembangkan industrinya.

Nah sekian dulu ya ulasan kami mengenai beberapa fakta bentang alam Jerman. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Sampai jumpa!!

(Visited 72 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *