Update Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Australia

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Biaya Kuliah di Australia – Bagi pelajar Indonesia, Australia merupakan salah satu negara tujuan kuliah paling menarik. Negara Kanguru ini alamnya sangat indah, kualitas pendidikan berkelas dunia, serta kualitas hidup yang sangat tinggi. Australia memiliki beberapa universitas berperingkat dunia serta menawarkan lingkungan belajar yang sangat baik.

Beberapa universitas terbaiknya antara lain universitas Melbourne, universitas Queensland, universitas Monash, serta universitas New South Wales. Penduduk Australia juga multikultural, sehingga mereka sangat welcome pada mahasisw asing. Selama bisa bahasa Inggris, kalian tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan warga lokal.

Selain itu, di Australia banyak komunitas Indonesia. Baik yang masih WNI maupun sudah berganti kewarganegaraan. Last but not the least, apalagi kalau bukan karena jarak Australia dan Indonesia yang relatif sangat dekat. Kalian bisa mudik ke Indonesia dengan waktu lebih singkat.

Tapi kuliah di luar negeri juga menyisakan dua hal yang menjadi pertanyaan orang tua maupun kalian sendiri, yaitu mengenai biaya hidup dan biaya kuliah di Australia. Dari perbandingan mata uangnya saja sudah bisa diprediksi kalau biaya kuliah dan biaya hidup di Australia dalam Rupiah pasti akan nampak sangat mahal.

Tapi jangan menyerah sebelum bertanding ya, karena banyak kok siswa yang bearasal dari keluarga biasa-biasa saja tapi bisa kuliah di Australia. Yang terpenting, sekarang kalian persiapkan diri semaksimal mungkin dan berusaha memantaskan diri bahwa kalian memang layak menjadi pemenang.

Biaya kuliah di Australia sendiri tergantung bidang studi serta universitas yang dipilih. Antara Ilmu Sosial, Bisnis, STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics), biaya kuliahnya akan berbeda-beda. Biasanya kuliah di bidang Sains dan Teknologi akan dikenai biaya lebih mahal dibanding ilmu-ilmu Sosial.

Untuk program Bachelor degree atau Sarjana (non Kedokteran), universitas Australia menerapkan biaya kuliah mulai dari $ AUD 15.000 hingga $ AUD 33.000 per tahun. Sedangkan untuk Pascasarjana (Master dan PhD), biaya kuliah di Australia ada di angka $ AUD 14.000 hingga $ AUD 37.000 per tahun.

Karena biaya kuliah lumayan tinggi, mendapatkan beasiswa adalah cara terbaik kuliah di Australia. Ada banyak beasiswa Australia yang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional. Dan kita harus bangga, karena Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak mendapat beasiswa dari pemerintah Australia.

Walaupun biayanya tinggi, tapi masa studi kuliah di Australia lebih singkat. Untuk mendapat gelar Sarjana, akan menghabiskan total waktu 3 tahun saja. Sedangkan program Master hanya memerlukan waktu 1,5 tahun. Dengan waktu kuliah lebih singkat, kalian bisa menghemat biaya hidup dan juga memiliki waktu lebih lama untuk mengambil langkah selanjutnya.

Selain biaya kuliah, biaya hidup juga menjadi pertimbangan lainnya bagi kalian yang ingin kuliah di luar negeri. Lalu berapa biaya hidup di Australia per bulan sebagai seorang mahasiswa asing?

Departemen dalam negeri Australia sendiri sudah menetapkan $ AUD 20.290 per tahun atau $ AUD 1690 per bulan sebagai standar hidup layak bagi mahasiswa asing yang kuliah di Australia. Pada akhirnya, tetap saja biaya hidup Australia berbeda-beda antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya.

Biaya hidup bervariasi tergantung di kota mana kalian tinggal dan lifestyle yang dijalani. Nah biaya yang akan dibahas disini hanya mencakup kebutuhan pokok saja diantaranya sewa kamar, makan dan minum, transportasi, telepon, dan listrik.

Sedangkan beberapa biaya tambahan seperti jalan-jalan, beli sepatu baru, hiburan, dan sejenisnya kami masukkan ke biaya tak terduga. Untuk memberikan gambaran budget untuk hidup per bulan, berikut ini biaya hidup di 3 kota besar di Australia.

Biaya hidup di melbourne

Melbourne termasuk salah satu kota termahal di Australia dan menurut data tahun 2018, Melbourne berada di peringkat 54 kota termahal di dunia. Wajar saja, karena Melbourne merupakan kota besar dengan reputasi internasional. Bahkan Melbourne pernah dinobatkan sebagai kota terbaik di dunia dalam hal standar kehidupan.

Melbourne juga bisa disebut sebagai kota pendidikan Australia. Kota ini sering disebut sebagai salah satu kota pendidikan terbaik di dunia. Walau biaya kuliah di Melbourne dan biaya hidupnya termasuk tinggi, tapi kota ini tidak pernah sepi dari mahasiswa asing.

Karena di Melbourne tempatnya beberapa universitas kelas dunia. Sebut saja university of Melbourne, Australian National university, Monash university, RMIT university. Nah ingin tahu berapa biaya hidup di Melbourne? Ini dia rinciannya

•Akomodasi : $ AUD 100 hingga $ AUD 350 per minggu
•Makan : $ AUD 150 per bulan
•Transportasi : $ AUD 150 per bulan
•Listrik, telepon, internet : $ AUD 100 per bulan
•Biaya tak terduga : $ AUD 100 per bulan

Biaya hidup di Sydney

Sydney bukan hanya pusat ekonomi dan bisnis Australia. Kota ini juga menjadi salah satu favorit mahasiswa dalam melanjutkan studinya. Kota ini menjadi rumah bagi Western Sydney University, University of Sydney, University of New South Wales, maupun University of Technology Sydney.

Di Sydney terdapat sekitar 230 ribu mahasiswa dengan 50 ribu diantaranya berstatus mahasiswa asing. Walaupun biaya hidup di Sydney adalah yang tertinggi di Australia, tapi banyak peluang bisnis bisa didapatkan di Sydney. Jadi kalian bisa kuliah sambil menajamkan intuisi bisnis.

Biaya hidup di Sydney sedikit lebih tinggi dibanding Melbourne, terutama dalam hal sewa kamar. Berikut ini rinciannya

•Akomodasi : $ AUD 130 hingga $ AUD 350 per minggu
•Makan : $ AUD 150 per bulan
•Transportasi : $ AUD 150 per bulan
•Listrik, telepon, internet : $ AUD 100 per bulan
•Biaya tak terduga : $ AUD 100 per bulan

Biaya hidup di Perth

Perth terletak di ujung barat daya Australia, sehingga kalian mungkin berpikir alangkah terpencilnya kota ini. Tapi siapa sangka kalau Perth memiliki 3 universitas yang masuk dalam QS world university, yaitu University of Western Australia, Murdoch university, dan Curtin university.

Perth juga menawarkan suasana belajar yang kondusif bagi mahasiswa asing. Buktinya, Perth menempati peringkat 39 dunia best student cities versi QS Rankings 2018 dan juga telah ditetapkan sebagai kota pelajar Australia. Agar tahu detail biaya hidup di Perth, silakan lihat rincian di bawah ini

•Akomodasi : $ AUD 100 hingga $ AUD 250 per minggu
•Makan : $ AUD 150 per bulan
•Transportasi : $ AUD 120 per bulan
•Listrik, telepon, internet : $ AUD 100 per bulan
•Biaya tak terduga : $ AUD 100 per bulan

Biaya akomodasi menjadi faktor terbesar perbedaan biaya hidup tiap kota di Australia. Bahkan akomodasi bisa menyumbang 30% hingga 40% dari biaya hidup total. Secara umum, kalian bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari di Australia dengan budget sebesar $AUD 1300 per bulan.

Itu tadi informasi seputar biaya kuliah dan biaya hidup di kota-kota besar di di Australia. Karena biaya kuliah di Australia tidak sedikit, sebagian besar mahasiswa Indonesia berangkat dengan dukungan beasiswa. Kalaupun bukan beasiswa full, banyak diantara mereka yang mendapat keringanan biaya kuliah dari kampusnya.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Nah kalau mereka bisa, seharusnya kalian juga bisa kan. Selamat mencoba dan Sukses selalu ya!!

(Visited 127 times, 1 visits today)

Leave a Reply