bimbel cpns

Tahapan Pendaftaran dan 4 Manfaat Mengikuti Bimbel CPNS

Bimbel CPNS – CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil adalah pekerjaan paling banyak diminati oleh jutaan masyarakat Indonesia, dan itu dibuktikan dengan banyaknya pendaftar yang ingin mengikuti seleksi CPNS setiap seleksi CPNS diberlakukan di Indonesia.

Ada banyak hal yang mempengaruhi CPNS menjadi salah satu profesi paling dikejar, misalnya Salary yang menjanjikan dan akan tetap bertambah seiring bertambahnya golongan.

Dan juga tunjangan masa masa tua, dan jika sudah meninggal tunjangan tersebut juga masih bisa diterima oleh pasangan suami/istri, dan tak hanya itu masih ada tunjangan-tunjangan lainnya, dari pemerintah daerah, dari provinsi, selain itu juga status sosial untuk seorang PNS juga masih dianggap lebih.

Namun banyaknya peminat untuk CPNS tentu menjadi sebuah persaingan dalam merebut satu bangku CPNS, karena dari lulusan SMA sederajat juga turut serta dalam tes tersebut, dan itulah mengapa sebelum Anda mendaftar atau mengikuti ujian ada baiknya mengikuti bimbel CPNS terlebih dahulu.

Namun sebelum kita membahas manfaat dari mengikuti bimbel CPNS, berikut ini akan kita bahasa terlebih dahulu tahapan mengikuti tes CPNS dan juga penjelasan secara rinci tentang tes dan manfaat bimbel CPNS.

Tahapan Seleksi CPNS

tahapan seleksi cpns

1. Pengumuman Resmi Pembukaan CPNS

Penerimaan CPNS pasti sering kita dengar jauh dari sebelum pendaftaran akan dibuka, namun resmi nya kapan waktunya akan dibuka harus menunggu pengumuman resmi dari pihak seleksi CPNS yaitu BKN atau Badan Kepegawaian Negara. Dan biasanya pengumuman resmi akan diumumkan 15 hari sebelum dibuka, dan juga situs resminya akan diumumkan.

2. Pendaftaran CPNS

Setelah pendaftaran telah dibuka melalui situs resmi CPNS, maka Anda bisa mendaftarkan akun Anda pada situs tersebut dan mendaftarkan diri Anda pada instansi yang Anda inginkan, dan pastikan bahwa syarat yang dimintakan sesuai dengan Anda.

Isi formulir pendaftaran dan lengkapi berkas-berkas yang diminta, bisanya berkas yang harus Anda siapkan adalah :

a. Pas photo

Dengan pakaian formal, yang menampilkan wajah dengan jelas dan latar belakang atau background pas photonya merah, dan untuk ukuran file photo biasanya normal 120 – 200 Kb dengan format JPEG atau JPG.

b. Kartu Keluarga

Kartu keluarga yang masih aktif dan pastikan data Anda terlampir pada kartu keluarga tersebut.

c. Salinan Ijazah terakhir

Salinan ijazah yang disesuaikan dengan lulusan terakhir Anda, dan jika belum ada ijazah karena masih dalam proses, bisa juga digantikan dengan SKL atau surat keterangan lulus.

d. Surat Akreditasi Dan BAN PT

Surat akreditasi ini biasanya untuk instansi tertentu yang hanya menerima akreditasi kampus atau sekolah yang memiliki akreditasi baik. Dan untuk sebagian ini hanya untuk opsional saja.

Baca Juga  Sebelum Daftar CPNS Pahami Dulu 8 Syarat CPNS Ini

e. Surat Lamaran

Untuk surat lamaran ini harus ditulis tangan dan harus dibubuhi tanda tangan dan juga materai 6000, biasanya formatnya akan dilampirkan pada situs CPNS.

f. Surat Dokter (Bagi Penyandang Difabel)

Untuk format surat difabel ini juga bisa diunduh di situs pendaftaran CPNS.

g. Swafoto

Biasanya swafoto ini selalu diminta, yaitu dengan melakukan swafoto dengan memegang KTP dan pastikan nomor KTP Anda terbaca dengan jelas.

3. Pengumuman Administrasi

bimbingan belajar

Setelah sesi pendaftaran CPNS resmi ditutup, beberapa waktu kemudian pengumuman akan segera dilampirkan pada situs BKN. Dan Anda tinggal mencari nama Anda dengan memasukkan nomor pendaftaran, jika nama Anda muncul maka Anda telah lulus dalam seleksi administrasi.

4. Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi Kompetensi Dasar atau biasa disingkat dengan SKD ini adalah tes dasar yang biasanya ilmu umum dan juga perhitungan dasar.

5. Seleksi Kompetensi Bidang

Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB adalah tes di bidang instansi pilihan Anda, dan disini setiap peserta harus berlomba untuk mendapatkan nilai tinggi sesuai passing grade.

Dan pada seleksi kompetensi bidang ini juga untuk beberapa instansi akan melakukan tes fisik, dan wawancara, nilai kelulusan Anda akan dirata-ratakan untuk bisa dinyatakan lulus atau tidaknya.

6. Pengumuman Kelulusan Dan Pemberkasan

Pengumuman kelulusan juga akan dilampirkan di situs seleksi CPNS oleh BKN dan jika nama Anda terdaftar selanjutnya Anda melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan selanjutnya.

5 Manfaat Mengikuti Bimbel CPNS

bimbingan belajar cpns

Mengingat tingginya persaingan pada seleksi CPNS, maka preparing CPNS harus benar-benar maksimal dan salah satunya dengan bimbingan CPNS atau kursus CPNS. Apa manfaat bimbingan belajar CPNS?

1. Lebih Efektif

Dalam kelas bimbingan belajar CPNS pastinya materinya sudah terarah, apa yang akan diujikan pada SKD dan SKB akan dipelajari dengan sangat rinci pada kelas bimbingan belajar.

Berbeda dengan Anda yang belajar secara otodidak, informasi yang Anda dapatkan hanya sebatas apa saja yang diujikan, tidak dengan materi asli, sedangkan pada kelas bimbel, materi keseluruhan akan dipelajari.

Kemudian yang kedua adalah efektif untuk waktu belajar. Jadwal akan diatur oleh pihak bimbingan belajar atau disesuaikan dengan jadwal Anda, dan waktu tersebut akan Anda jalani dengan baik, karena tuntutan Anda sudah membayar biaya belajar, sangat berbeda dengan belajar otodidak yang biasanya lebih banyak terlewatkan.

2. Buku Tips Dan Contoh Soal CPNS

Mungkin Anda bisa mendapatkan tips seleksi CPNS dan contoh soal CPNS di toko-toko buku terdekat, namun berbeda dengan buku yang dikeluarkan oleh tempat bimbel, biasanya akan menyesuaikan dengan tes CPNS yang sebenarnya karena biasanya murid bimbel yang sudah lulus akan membagi pengalaman, dan itulah tips-tips rahasia yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga  10 Manfaat Tes Minat Bakat Yang Harus Diketahui

3. Diskusi

Jika Anda mengikuti tes CPNS pasti banyak pertanyaan yang akan muncul, dan Anda harus mencarinya sendiri, dan jika dalam pendaftaran ada yang tidak Anda pahami juga akan mencari solusi sendiri, dan itulah manfaat dari mengikuti bimbingan belajar CPNS karena Anda bisa diskusi dengan tutor Anda, dengan sesama teman yang akan mengikuti seleksi CPNS.

Tidak hanya ruang diskusi untuk pendaftaran, tetapi juga dengan materi tes CPNS yang mungkin tidak Anda pahami, bisa Anda diskusikan hingga Anda benar-benar paham dan tidak kebingungan di hari H tes CPNS.

4. Mengevaluasi Kemampuan Diri Sendiri

Anda pasti ingin tahu hasil tes CPNS yang mungkin Anda dapatkan dengan kemampuan Anda saat ini, apakah ada kemungkinan lulus atau tidak. Dan jawabanya Anda bisa dapatkan di tempat kursus CPNS. Karena setiap tempat bimbel pasti melakukan evaluasi kemampuan.

Disini Anda bisa tahu nilai Anda dan juga bagian mana yang merupakan kelemahan dan kelebihan Anda, sehingga bisa Anda tingkatkan selama belajar di bimbingan belajar. Dan biasanya akan ada juga evaluasi atau try out berkali-kali untuk menilai atau mengevaluasi kemampuan Anda. Dan hasilnya pasti akan lebih memacu Anda untuk lebih serius dalam belajar.

Sekian untuk artikel tahapan pendaftaran seleksi CPNS yang dilengkapi dengan berkas-berkas yang dibutuhkan, dan juga manfaat mengikuti bimbingan belajar untuk persiapan CPNS, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *