panduan bahasa inggris

5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Seiring perkembangan zaman yang memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi dan berbagi informasi antar negara, menguasai Bahasa Inggris menjadi kemampuan yang harus dimiliki setiap orang, khususnya di dunia kerja.

Oleh karena itu, saat ini di Indonesia banyak sekali orang yang mempelajari Bahasa Inggris agar tetap dapat bersaing dan memiliki nilai lebih.

Banyak cara untuk belajar Bahasa Inggris, salah satunya yang mungkin sudah kalian ikuti adalah belajar di sekolah dan tempat kursus.

Tidak hanya itu, saat ini belajar Bahasa Inggris dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui smartphone seperti OPPO Reno yang kalian miliki karena terdapat banyak sekali aplikasi ataupun pembelajaran Bahasa Inggris online beredar di internet.

Dengan berbagai kemudahan dalam mengakses materi pembelajaran, tetap saja sebagian orang merasa kesulitan untuk mempelajari Bahasa Inggris dan ada juga yang tidak merasakan adanya perkembangan dalam proses belajarnya.

Untuk itu, di sini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membantu proses belajar Bahasa Inggris menjadi lebih efektif.

1.     Membuat Rencana Belajar yang Sistematis

Yang dimaksud dengan rencana di sini bukanlah pembagian waktu belajar yang akan kalian lakukan. Akan tetapi, lebih kepada rencana jangka panjang dan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran ini.

Dalam menyusun rencana pembelajaran, sebaiknya kalian membuat tujuan yang detail, terukur, dapat tercapai, relevan, dan dengan jangka waktu.

Dengan demikian, kalian dapat memantau sejauh apa perkembangan kalian dalam proses belajar. Rencana ini juga bisa disusun secara bertahap dan perlahan.

Misalnya, membuat tujuan utamanya adalah dalam 1 tahun kalian dapat menulis artikel Bahasa Inggris tanpa bantuan penerjemah. Untuk itu, kalian susun rencana belajar bulanan dengan tujuan yang lebih detail sehingga membantu kalian mencapai tujuan utama.

Seperti, di bulan pertama harus menguasai 100 kosakata baru, membaca 500 halaman tulisan dalam Bahasa Inggris dan menulis 1 artikel dalam Bahasa Inggris (menggunakan bantuan).

Dari sini, kalian bisa teruskan untuk membuat rencana bulanan sambil memantau perkembangan tiap bulannya, apakah akan dapat mencapai target utama dalam 1 tahun.

Dengan membuat rencana belajar yang terstruktur dan sistematis, kalian dapat mengetahui sudah sejauh apa perkembangan yang telah dicapai. Selain itu, dengan proses belajar yang lebih terarah dan tujuan yang jelas, kalian lebih mudah untuk mempertahankan motivasi dalam belajar.

2.     Jadwalkan Waktu Khusus untuk Belajar Bahasa Inggris

Untuk kalian yang mengambil kursus, tentu saja sudah ada jadwal tersendiri yang dibuat untuk belajar Bahasa Inggris. Namun, bagi yang belajar sendiri, terkadang kalian hanya belajar saat sedang ingin saja. Sebaiknya, kalian sediakan waktu khusus setiap hari ataupun mingguan untuk belajar.

Hal ini bertujuan agar kalian dapat lebih fokus untuk belajar sehingga kalian bisa mencapai tujuan yang sudah kalian tetapkan. Tidak perlu untuk menyisihkan waktu yang banyak, cukup sekitar 1-2 jam per harinya.

Tergantung kondisi, kalian juga dapat memperbanyak atau mempersingkat waktu belajar yang diperlukan. Namun, yang paling penting adalah untuk melakukannya secara rutin dalam periode tertentu.

Baca Juga  Panduan Bahasa Inggris Agar Lancar Berbicara

3.     Coba Beberapa Teknik Belajar

Dalam belajar ternyata terdapat beberapa teknik yang dapat kalian terapkan agar proses belajar lebih efektif. Salah satunya yang sering digunakan adalah teknik Pomodoro.

Pomodoro adalah teknik mengatur waktu supaya kalian bisa lebih fokus dalam belajar ataupun mengerjakan tugas. Yang perlu dilakukan adalah belajar selama 20 menit, lalu istirahat selama 5 menit.

Pada istirahat yang ke-5 kalian melakukan istirahat lebih panjang, yaitu 15-20 menit. Setelah itu, ulangi lagi siklus dari awal sampai waktu belajar kalian selesai.

Dengan menerapkan teknik ini, kalian memberikan waktu pada otak untuk beristirahat sehingga tidak cepat jenuh. Tidak hanya Pomodoro, ada banyak teknik belajar lain yang bisa kalian terapkan agar belajar lebih efisien dan efektif.

4.     Cari Media Pembelajaran yang Menarik

Dalam belajar Bahasa Inggris, kejenuhan sering terjadi dikarenakan media pembelajaran yang membosankan, khususnya bagi kalian yang belajar secara online. Untuk itu kalian perlu menemukan cara belajar yang menarik dan tidak membosankan.

Kalian juga dapat belajar melalui aplikasi ataupun media pembelajaran yang tidak menggunakan metode konvensional. Hal tersebut dapat kalian cari melalui internet dan melakukan uji coba dengan berbagai media sampai kalian menemukan satu yang paling cocok dengan karakter kalian.

5.     Cari Teman Belajar

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mencari teman atau partner dalam belajar. Ini diperlukan khususnya bagi kalian yang belajar sendiri untuk menghindari kejenuhan dan sebagai sarana untuk latihan. Mempunyai teman belajar yang tepat juga akan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dapat saling berbagi ilmu, memberi masukan dan berlatih percakapan dalam Bahasa Inggris. Hal ini akan sangat membantu proses belajar secara signifikan daripada belajar sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian terapkan dalam proses belajar Bahasa Inggris, khususnya untuk kalian yang belajar sendiri secara online dari rumah.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Semoga setelah menerapkan cara belajar di atas, kalian dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan fasih dalam berbahasa Inggris. Selamat belajar!

(Visited 11 times, 1 visits today)