10 Cara Belajar Berbahasa Inggris yang Efektif

Cara Belajar Berbahasa Inggris – Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Pada perkembangan era globalisasi saat ini, bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang penggunaannya sangat luas bukan hanya di negara – negara barat saja, namun penggunaan bahasa Inggris semakin meluas di negara – negara di dunia termasuk Indonesia.

Banyak berdirinya perusahaan asing di Indonesia, serta perkembangan pariwisata Indonesia yang semakin maju membuat bahasa Inggris menjadi penting untuk dipelajari. Bahkan, saat ini kebanyakan perusahaan mencari merekrut karyawan yang bisa berbahasa Inggris. Nah, kalian bisa menyimak cara belajar berbahasa Inggris yang efektif berikut ini.

Cara Belajar Berbahasa Inggris yang Efektif

1. Pelajari kosakata dasar bahasa Inggris yang sering digunakan

Cara belajar berbahasa Inggris bisa kamu awali dengan mempelajari kosakata dasar bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya, kata ganti orang , kata benda, kata kerja dan lainnya.

2. Belajar merangkai kalimat dari kata – kata dasar bahasa Inggris yang telah dihafalkan

Ada yang bilang bahwa menghafalkan banyak kosakata bahasa Inggris menjadi cara belajar berbahasa Inggris yang tidak efektif. Mengapa?

Karena menghafalkan kosakata saja tanpa belajar merangkai kata – kata tersebut menjadi kalimat tidak akan membantumu untuk mahir berkomunikasi. Nah, sebaiknya setelah menghafalkan kosakata bahasa Inggris dasar, kamu juga belajar membuat kalimat – kalimat sederhana.

Contoh:
I live with my sister.
My mother likes to plant various flowers on the yard.
My dad always buys me books every week.

3. Mempelajari grammar dalam bahasa Inggris

Apakah belajar grammar itu penting? Ya, mempelajari grammar sebagai cara belajar berbahasa Inggris itu penting. Saat kamu mengucapkan kalimat bahasa Inggris dengan grammar yang benar, maka seseorang yang kamu ajak bicara akan memahami apa yang kamu ucapkan.

Baca Juga  Penjelasan Infinitive Disertai 30 Contoh Kalimat Infinitive

Sebaliknya, jika kamu melakukan percakapan dengan grammar yang kurang tepat, maka orang lain yang kamu ajak bicara bisa salah mengartikan maksudmu.

4. Menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia

Cara belajar berbahasa Inggris bisa dilakukan dengan menonton film – film yang berbahasa Inggris tanpa menggunakan teks terjemahan Indonesia pada film. Saat kalian menonton film tanpa subtitle Indonesia, mungkin kalian akan kesulitan memahami isi film pada awalnya.

Namun, jika kalian sering menonton film tanpa subtitle Indonesia, lama – lama kalian akan terbiasa dan kosakata yang kalian miliki akan bertambah. Kalian bisa menggunakan subtitle berbahasa Inggris untuk mempermudah kalian dalam belajar bahasa Inggris.

Jika kalian ingin melatih kemampuan listening, maka lebih baik kalian menonton film tanpa menggunakan subtitle bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

5. Sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan mengartikannya

Belajar bahasa Inggris efektif juga dengan sering mendengarkan lagu – lagu bahasa Inggris. Selain mendengarkan lagunya, kamu juga perlu mengartikannya agar kamu memahami arti dan dapat menghafalkan kata – kata bahasa Inggris dalam lagu yang kamu dengarkan.

Catat lirik lagu yang kamu dengarkan, kemudian carilah arti kata – kata dalam lirik tersebut dengan menggunakan kamus. Selain menambah kosakata, cara ini juga mengasah kemampuan listening kamu lho.

6. Sering membaca teks – teks bahasa Inggris

Kemampuan bahasa Inggris kamu akan meningkat ketika kamu sering membaca teks – teks bahasa Inggris. Nah, jika kamu masih pemula, kamu bisa mulai dari membaca dongeng – dongeng bahasa Inggris.

Selanjutnya, bacalah teks – teks bahasa Inggris lainnya seperti majalah, artikel, literatur, dan bacaan – bacaan bahasa Inggris lainnya. Dengan cara ini kamu dapat melatih kemampuan reading.

Baca Juga  20 Quotes Bahasa Inggris Penuh Makna

7. Belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin

Sebelum kamu melakukan percakapan bahasa Inggris dengan orang lain, kamu bisa belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin terlebih dahulu. Ini dilakukan agar kamu lebih percaya diri saat melakukan percakapan dengan orang lain.

8. Gunakan bahasa Inggris dalam percakapan

Belajar bahasa Inggris akan lebih efektif saat kamu praktekkan dalam percakapan. Kamu bisa mencari teman ngobrol dan melakukan percakapan bahasa Inggris dengannya. Selain itu kamu juga bisa bergabung dalam grup – grup diskusi bahasa Inggris melalui aplikasi online ataupun ikut komunitas.

Saat kamu diskusi bersama dengan temanmu, kemampuan speaking-mu akan berkembang. Semakin sering bercakap – cakap menggunakan bahasa Inggris juga akan membantu mengembangkan pronounciation.

9. Terus – menerus berlatih dimanapun dan kapanpun

Kamu akan semakin fasih berbahasa Inggris saat kamu melatihnya terus – menerus dimanapun dan kapanpun. Ini akan membuat kamu berkembang lebih cepat.

10. Mengikuti kursus bahasa Inggris

Cara belajar berbahasa Inggris yang paling efektif adalah dengan mengikuti kursus. Saat mengikuti kursus, kamu akan belajar bahasa Inggris yang lebih profesional karena materi – materi yang diberikan dalam kursus disesuaikan dengan kemampuan kamu.

Jika kamu masih pemula, maka kamu akan mengikuti kursus dari level yang paling dasar. Namun, jika kamu sudah memiliki kemampuan dasar, kamu bisa mengikuti kursus tingkat lanjutan. Nah, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di westwoodprep.com yang berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

(Visited 58 times, 1 visits today)

Leave a Reply