Cara Belajar IELTS Otodidak Tanpa Kursus

Cara Belajar IELTS Otodidak – Sertifikat IELTS perlu kamu miliki jika ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut kamu harus mengikuti tes IELTS yang biayanya sekitar USD 215. Dengan biaya yang tergolong cukup mahal tersebut, tentunya semua orang yang mengikuti IELTS tidak ingin gagal dalam tes tersebut.
Jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengikuti les IELTS atau biaya yang diaokasikan untuk mengikuti kursus IELTS, kamu bisa belajar IELTS secara mandiri atau otodidak. Gimana sih caranya belajar IELTS secara otodidak tanpa mengikuti kursus? Kali ini kita akan membahas bagaimana cara belajar IELTS otodidak, yuk simak caranya berikut ini.

Cara Belajar IELTS Otodidak

1. Miliki Niat dan Komitmen

Hal utama yang kamu perlukan dalam belajar IELTS secara mandiri adalah memiliki niat dan komitmen. Kamu harus memiliki niat dan komitmen yang kuat karena kamu sendiri yang harus mengingatkan dirimu kapan waktunya belajar IELTS dan juga kamu yang memotivasi dirimu sendiri ketika kamu merasa malas.

Saat melakukan persiapan IELTS secara otodidak, kamu harus benar – benar disiplin dalam mengatur waktu untuk belajar.

2. Mengetahui Kelemahan dan Kekuatan Diri Sendiri

Penting untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris kamu. Jika kamu sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris sebagai dasar, maka kamu bisa belajar IELTS otodidak. Namun, jika kamu merasa kemampuan bahasa Inggris kamu sangatlah kurang untuk belajar IELTS otodidak, kamu bisa mengikuti kursus di di westwoodprep.com.

Kamu bisa mencoba tes IELTS percobaan untuk mengetahui kelemahan kamu dalam menjawab soal – soal IELTS. Dengan mengetahui kelemahan kamu, kamu bisa lebih fokus untuk memperbaikinya.

3. Tentukan Target Skor yang Kamu Ingin Capai

Semakin tinggi target skor yang ingin kamu capai, maka kamu harus belajar IELTS dengan lebih tekun. Jika kamu menargetkan skor 6.5, maka kamu harus memiliki skor minimal 6.5 di setiap bagian IELTS. Memiliki target yang jelas akan membuat kamu lebih termotivasi dalam belajar IELTS otodidak.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Kursus IELTS Jakarta Terbaik

4. Buatlah Jadwal Belajar

Kamu perlu membuat jadwal berapa lama kamu meluangkan waktu untuk belajar IELTS tiap harinya, misalnya 2 jam – 4 jam per harinya. Jadwalkan waktu belajar pada kondisi dimana kamu bisa berkonsentrasi dengan baik (pagi hari, siang hari atau malam hari).

5. Miliki Buku Panduan Tes IELTS

Buku persiapan tes IELTS bisa kamu beli di toko buku atau melalui online shop. Kamu bisa memilih buku persiapan IELTS yang berisi soal – soal IELTS disertai jawaban dan pembahasannya.

Buku yang berisi soal – soal IELTS dilengkapi jawaban dan pembahasan sangat membantu belajar IELTS otodidak. Ada banyak buku IELTS yang bisa kamu jadikan bahan untuk belajar, salah satunya The Official Cambridge Guide to IELTS.

Selain belajar dengan buku, kamu juga bisa belajar IELTS melalui website, video, audiobook, podcast,dan lainnya.

6. Banyak Latihan

Cara belajar IELTS otodidak yang efektif adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal – soal IELTS. Sering berlatih mengerjakan soal IELTS akan membantu kamu menjadi terbiasa dan memahami karakteristik soal IELTS.

Setelah banyak berlatih, kamu juga perlu melakukan evaluasi dari hasil belajar kamu. Jika skormu dalam tes percobaan IELTS masih rendah, teruslah berlatih hingga skormu bisa meningkat. Cari kesalahan – kesalahan dan belajarlah dari kesalahan yang kamu lakukan.

7. Mencari Teman Belajar

Mencari teman belajar bisa membantu kamu untuk berlatih speaking. Saat berlatih bersama teman yang lebih fasih berbahasa Inggris, kamu bisa meminta koreksi dan masukan dari teman. Kamu bisa merekam hasil latihan dan mengevaluasinya.

(Visited 67 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *