Cara Kuliah di Australia

Persyaratan dan Cara Kuliah di Australia

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Cara Kuliah di Australia – Terdapat banyak beasiswa kuliah di Australia untuk kamu yang ingin melanjutkan program studi S1 dan S2 di Australia. Memilih untuk kuliah di Australia bisa memberikan banyak peluang dan pengalaman berharga. Kalian akan bertemu dengan ratusan ribu mahasiwa yang berasal dari lebih dari 130 negara. Lalu mengapa mereka tertarik kuliah di Australia?

Karena negara ini memiliki kualitas pengajaran dan universitas yang diakui di seluruh dunia. Tapi apa yang harus disiapkan untuk bisa kuliah di Australia? Pertanyaan singkat ini terkadang membutuhkan jawaban yang agak panjang. Karena memang ada banyak aturan yang harus kalian ikuti, terutama masalah imigrasi.

Nah bagi kalian yang tertarik untuk melanjutkan belajar ke Australia, ada beberapa step yang harus dijalani. Berikut ini cara kuliah di Australia sebagai mahasiswa asing

Cara Kuliah di Australia

  • Pilih jurusan dan universitas

Sebelum mempersiapkan persyaratan, kalian harus memilih bidang studi yang sesuai dengan minat dan bakat. Pilih bidang yang menjadi passion kalian, hal ini akan membuat kalian menikmati perkuliahan. Selain itu, bidang studi yang dipelajari sebaiknya dibutuhkan di Indonesia, sehingga memberikan manfaat pada bangsa dan negara.

Setelah menentukan bidang studi, kalian juga harus memilih universitas yang kuat di bidang studi itu. Ada lebih 40 universitas di Australia. Kalian bisa menilai universitas dengan melihat peringkat dunia versi QS World University ranking ataupun versi Times Higher Education (THE).

  • Siapkan semua persyaratan

Setelah memutuskan universitas pilihan, tahap selanjutnya adalah mulai menyiapkan semua dokumen. Ada banyak dokumen yang harus disiapkan dan bisa jadi tiap universitas menerapkan persyaratan yang berbeda-beda. Agar lebih yakin, kalian bisa cek langsung ke website universitas di bagian panitia penerimaan mahasiswa.

Beberapa dokumen yang hampir pasti dibutuhkan diantaranya paspor terbaru, bukti kemahiran bahasa Inggris, dan bukti kemampuan pendanaan.

  • Ikuti tes bahasa Inggris

Karena Indonesia bukan negara berbahasa Inggris, maka kalian harus mengikuti tes kecakapan bahasa Inggris. Tes bahasa Inggris terpopuler di Australia adalah IELTS. Agar sukses dalam IELTS test, ada baiknya kalian mengikuti IELTS preparation terlebih dahulu.

Setelah kalian ikut IELTS test (dan semoga berhasil), simpan hasil tes yang didapatkan. Karena skor IELTS akan diperlukan saat mengirim aplikasi.

Cara Kuliah di Australia

  • Kirim aplikasi

Kalau kalian sudah mengecek ke bagian penerimaan universitas dan mendapatkan info valid mengenai syarat kuliah di Australia, kalian bisa langsung mengirimkan aplikasi. Seluruh proses pendaftaran biasanya dilakukan secara online.

Di beberapa universitas, kalian perlu menulis data diri secara detail, pengalaman atau prestasi yang pernah didapat, personal statement alasan memilih bidang studi, maupun surat rekomendasi.

Untuk meningkatkan peluang diterima, cobalah untuk apply ke beberapa universitas, setidaknya ke tiga kampus. Atau coba untuk apply ke universitas yang sekiranya kalian berpeluang besar diterima. Jangan khawatir kalau diterima di universitas kurang terkenal, karena sebagian besar universias memiliki kualitas sangat baik.

Batas waktu penerimaan mahasiswa di Australia biasanya berlangsung 2 kali dalam setahun, yaitu di bulan Juni dan Mei. Bagi mahasiswa asing, sebaiknya kalian kirim aplikasi sedini mungkin, setidaknya satu bulan sebelum batas waktu.

  • Apply visa

Setelah mendapat mendapat kepastian diterima di universitas Australia, kalian harus segera mendapatkan visa belajar. Universitas akan mengirim konfirmasi penerimaan dan dokumen tersebut harus kalian sertakan dalam pengajuan visa.

Dokumen lainnya yang dibutuhkan dalam pengajuan visa belajar diantaranya formulir aplikasi yang sudah diisi, bukti kemampuan bahasa Inggris, bukti kemampuan finansial, bukti asuransi kesehatan, serta membayar biaya visa sebesar AUD $ 620.

Biaya visa pelajar Australia bisa berubah-ubah setiap saat. Silakan kunjungi www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia/visa-fees-at-glance untuk mendapatkan informasi biaya visa pelajar yang terupdate.

Proses pembuatan visa pelajar bisa memakan waktu setidaknya 4 hingga 8 minggu. Begitu permintaan visa pelajar disetujui, kalian segera akan diberi tahu mengenai tanggal penyerahan visa, nomor visa serta durasi masa berlakunya visa pelajar.

  • Mulailah merencanakan perjalanan ke Australia

Begitu kalian menerima visa pelajar, bersiap-siaplah untuk memulai petualangan tinggal dan belajar di Australia sebagai mahasiswa asing. Yang pertama kalian siapkan adalah akomodasi alias tempat tinggal. Sebaiknya kalian sudah membooking tempat tinggal sebelum benar-benar sampai di Australia.

Kalian bisa meminta bantuan pada organisasi mahasiswa Indonesia atau kenalan yang tinggal di kota tempat kampus kalian berada.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Sekian dulu ya postingan mengenai cara kuliah di Australia dan langkah-langkah yang harus dijalani. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang memerlukan info tentang tata cara kuliah di Australia. Selamat belajar dan sukses selalu ya!!

 

(Visited 28 times, 1 visits today)

Leave a Reply