6 Cara Membaca Bahasa Inggris dan Paham Maknanya

Cara Membaca Bahasa Inggris – Salah satu kemampuan yang harus dimiliki dalam berbahasa Inggris adalah skill membaca dan memahami bacaan tersebut. Apalagi bagi kalian yang sedang kuliah, pasti akan sering berinteraksi dengan literatur berbahasa Inggris. Dan kebiasaan membaca ini menjadi cara efektif meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Tapi seberapapun seringnya kalian membaca, tidak banyak bermanfaat kalau tidak memahami makna dalam buku tersebut. Nah pasti kalian bertanya-tanya bagaimana cara membaca bahasa Inggris dan memahaminya. Karenanya, kali ini kami akan berbagi cara membaca tulisan berbahasa Inggris secara cerdas.

1.Kuasai alfabet

Modal awal bagi siapa saja yang ingin membaca tulisan berbahasa Inggris dengan benar adalah dengan menguasai cara membaca alfabet Inggris. Walaupun huruf dari A sampai Z sama, tapi pelafalan alfabet bahasa Inggris sangat jauh berbeda dibanding bahasa Indonesia.

Misalnya saja huruf A yang dalam bahasa Inggris dibaca “ei”. Atau huruf E yang dibaca “i”. Nah sangat terlihat kan perbedaannya?

Dan inilah yang sering menjadi penghalang terbesar dalam mengucapkan kosakata bahasa Inggris dengan benar. Bahkan banyak yang bilang lidah orang Indonesia memang kurang cocok untuk melafalkan sebagaimana penutur asli. Tapi sebenarnya ini hanya masalah kebiasaan saja.

Kalian akan lancar melafalkan alfabet Inggris kalau sering berlatih dan praktek. Apalagi saat ini ada banya cara berlatih pengucapan alfabet. Mulai dari cara konvensional dengan mengucapkan huruf per huruf, mengeja kata per kata, atau bisa juga belajar lewat lagu.

2.Perbanyak koleksi kosakata

Banyaknya kosakata yang dikuasai ternyata menjadi faktor penting agar bisa membaca dan memahami buku-buku bahasa Inggris dengan benar. Kalau kalian hanya memiliki kosakata terbatas, otomatis kalian akan kesulitan untuk jago membaca.

Baca Juga  25 Kata Kata Bijaksana Bahasa Inggris Penuh Makna

Namun ternyata ada banyak orang yang kesulitan menghapal kosakata. Agar menghapal kosakata terasa mudah, kalian harus memiliki niat dan kemauan yang kuat. Selain itu, kalian juga harus memiliki cara belajar yang efektif dan tidak membuat bosan.

Salah satu caranya adalah dengan terus berinteraksi sebanyak mungkin dengan kosakata dan kalimat bahasa Inggris. Kalian bisa memanfaatkan berbagai sumber daya seperti podcast, youtube, ataupun berita berbahasa Inggris.

Kalau ada kosakata yang tidak diketahui maknanya, kalian bisa menebak sesuai konteks atau mencarinya di kamus. Semakin sering berinteraksi, maka koleksi kosakata kalian akan meningkat dengan sangat cepat dan semakin memudahkan mengerti teks berbahasa Inggris.

3.Tidak perlu menerjemahkan kata per kata

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan orang dalam membaca teks bahasa Inggris adalah mengartikan kata per kata. Padahal kita tidak perlu melakukan itu, apalagi kalau hasil terjemahannya aneh.

Dan hampir semua mesin penerjemah didesain untuk penerjemahan kata per kata. Makanya sangat sering kita kesulitan memahami hasil terjemahan mesin penerjemah online.

Yang harus kalian lakukan adalah memahami satu kalimat atau satu paragraf sesuai konteksnya. Cara ini membuat kalian terhindar dari kesalahan memahami makna atau hubungan antar kalimat yang tidak sesuai.

Karena itu, kita wajib memahami tata bahasa dengan baik dan juga sering-sering membaca koran, artikel, atau novel berbahasa Inggris. Dengan jam terbang mencukupi, kemampuan kalian akan semakin terasah sehingga mampu membaca tulisan bahasa Inggris dengan lancar.

4.Sediakan waktu khusus

Membaca memang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kalian bisa lakukan saat di bus, menunggu antrian, ataupun saat santai di taman. Tapi kalau kalian ingin meningkatkan kemampuan membaca dan memahami makna, kalian harus lebih fokus dan meluangkan waktu khusus.

Baca Juga  3 Trik Mengerjakan Test TOEFL Untuk Dapatakan SCore Tinggi

Ini berarti kalian harus tenang dan tidak ada gangguan. Tidak perlu lama-lama, 30 menit perhari sudah sangat cukup meningkatkan skill membaca kalian.

5.Pilih bacaan yang sesuai minat

Apa yang kalian lakukan agar tidak takut dengan gelap? Caranya adalah dengan masuk ke daerah yang gelap. Begitu juga kalau ingin lancar membaca bahasa Inggris, salah satu cara terbaik adalah dengan menceburkan diri ke dalam teks berbahasa Inggris.

Pada dasarnya, kemampuan membaca itu hanya masalah kebiasaan saja. Bukan masalah besar kalau awalnya kalian membaca tanpa mengikuti kaedah atau membaca dengan terbata-bata. Yang menjadi masalah justru ketidakmauan dan enggan membaca.

Dan agar tidak cepat bosan dan lebih mudah paham, ada baiknya kalian memulai dengan topik yang disukai terlebih dulu. Jadi jika kalian suka dengan cerita fiksi ilmiah, tidak ada salahnya membaca buku tentang mesin waktu yang membuat seseorang terjebak di masa lalu.

Begitu juga bagi yang suka dunia olahraga, kalian bisa membaca berita olahraga yang ada di website. Walau begitu, ini hanya awalan saja. Pada akhirnya kalian harus membuka diri untuk membaca berbagai macam topik.

6.Bertanya pada ahlinya

Ada pepatah malu bertanya sesat di jalan. Ini berlaku juga bagi kalian yang sedang belajar membaca bahasa Inggris. Akan lebih baik kalau kalian belajar membaca dengan teman, saudara, atau guru yang lebih paham. Memiliki mentor akan memastikan apakah cara membaca bahasa Inggris sudah betul atau masih salah.

Mentor juga akan memberi tahu kita cara membaca, melafalkan, dan mengartikan yang benar. Intinya, kalian akan lebih cepat paham saat berlatih dengan partner yang lebih mahir berbahasa Inggris.

Nah itu tadi kira-kira 6 cara membaca bahasa Inggris dan memahami maknanya. Terkadang membaca teks saja tidak cukup untuk memahami makna. Tapi dengan kemauan tinggi untuk terus belajar, kalian akan mampu memperbaiki skill membaca. Selamat berlatih ya!!

Baca Juga  20 Kata Mutiara Bahasa Inggris dan Artinya

(Visited 44 times, 1 visits today)

Leave a Reply