Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog Gratis yang Mudah dan Cepat tanpa Coding

Cara Membuat Blog – Mungkin kamu tertarik untuk membuat blog setelah mengunjungi blog besar dengan tulisan yang bagus sehingga membuatmu tersihir. Ada juga yang ingin memiliki blog karena tau ada peluang mendapatkan uang disana. Pastinya setiap orang memiliki berbagai macam alasannya sendiri untuk membuat blog sehingga terhenti disini untuk mencari cara membuat blog gratis. Kamu tidak salah dan sudah tepat sampai disini.

Walaupun sudah banyak wadah menulis secara online, membuat blog pribadi jauh lebih menguntungkan untuk diri kalian atau bisnis kalian. Salah satunya adalah kebebasan beropini atau menentukan topik tulisan tanpa terikat aturan dari platform yang kamu ikuti.
Saat memiliki blog sendiri, kamu adalah penulis sekaligus editor untuk tulisan kamu.

Kekurangannya adalah kamu harus terus banyak membaca blog orang lain agar tulisan kamu semakin berkembang dan lebih menarik dibaca oleh pengikutmu. Kecuali, kamu punya orang yang membantumu untuk menulis dan mengedit. Itu beda lagi ya.

Baca juga : Memilih Strategi Pemasaran yang Efektif dan Efisien

Masih banyak yang mengira untuk membuat blog dibutuhkan keahlian coding atau programming. Padahal, tidak sama sekali. Tanpa pengetahuan mengenai kedua hal tersebut kalian bisa dengan mudah membuat blog untuk tulisan kalian.

Cara membuat blog pribadi atau bisnis itu mudah, tetapi untuk membuat blog yang sukses dan dibaca banyak orang ada ilmunya, tidak hanya sekedar menuliskan apa yang kamu inginkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Untuk lebih lengkapnya, akan dijelaskan nanti ya.

Agar kamu tidak bingung dan tersesat, berikut ringkasan topik yang akan kamu dapatkan:
1. Manfaat Blog untuk Personal Branding dan Bisnis
2. Kenapa banyak Blog yang gagal dan tidak bertahan lama
3. Menentukan Topik Tulisan untuk Blog
4. Memilih Platform Terbaik
5. Memilih Hosting
6. Cara Menentukan Domain yang Mudah Diingat
7. Instalasi WordPress
8. Mulai Menulis dengan WordPress

Dari ke-7 topik diatas, fondasi dalam membuat blog adalah point nomor 2. Secara teknis, point lainnya bisa dipelajari dengan mudah. Paling sulit adalah membangun mindset yang tepat saat kamu menulis blog agar tidak gagal dan terus berlanjut.

Namun, sebelum kamu melangkah kesana, ada baiknya kamu benar-benar mengetahui manfaat dari memiliki blog. Apakah blog cuma sekedar tulisan begitu saja atau ada hal positif lainnya? Dan kenapa kamu harus benar-benar memilikinya?

Manfaat Blog untuk Personal Branding dan Bisnis

Mungkin kamu punya alasan tersendiri dalam membuat blog seperti yang sudah disinggung diatas. Tapi jangan hanya menjadikan blog sebagai diary ya, karena banyak banget manfaat lain dari memiliki blog untuk diri kamu dan perkembangan bisnismu.

Cara Membuat Blog

1. Blog untuk Personal Branding

Apapun pekerjaan kamu saat ini, blog dapat membantumu untuk membangun personal branding yang lebih baik. Bila kamu masih sekolah, blog juga bisa menjadi investasi masa depan saat kamu mencari kerja setelah lulus sekolah atau kuliah. Jadi ini merupakan permulaan yang baik saat kamu mulai searching cara membuat blog di hp ataupun laptop.

Dengan memiliki blog, kamu dapat menuangkan gagasan terhadap suatu hal dalam tulisan. Bila selama ini hanya terpendam di pikiranmu, inilah waktunya untuk membagikan kepada orang banyak tentang apa yang kamu pikirkan. Tulisan-tulisan tersebut nantinya akan menjadi cerminan atas diri kamu.

Lalu apa hubungannya dengan pekerjaan?

Di zaman seperti ini, para rekruter akan mencari tau lebih lanjut mengenai diri kamu melalui internet, termasuk media sosial dan blog. Nah bila kamu memiliki blog dan tulisanmu menarik, maka akan menjadi nilai tambah bagi para rekruter. Apalagi bila tulisan kamu berkaitan dengan pekerjaan yang kamu inginkan.
Cuma itu aja?

Enggak dong, personal branding kan bukan cuma untuk kerja. Percaya deh kalau kamu fokus dengan apa yang kamu tulis di blog dan konsisten menjalankannya, orang-orang akan mulai mengakui dirimu sebagai seorang ahli di bidangnya. Misalnya kamu rajin menulis tentang pemasaran digital dan disukai olah para pembaca, mereka akan menjadikan tulisanmu sebagai referensi untuk belajar topik tersebut.

Kalau sudah punya pembaca, lalu apa?

Kamu bisa mulai mendapatkan penghasilan dari sana. Entah itu melalui iklan atau endorsement. Lebih hebatnya lagi, kamu bisa sharing dengan orang-orang atau para pembaca dan memberikan manfaat lebih banyak lagi ke lingkungan sekitar. Gimana? Semakin semangat untuk membuat blog?

Baca Juga  8 Aplikasi Pemotong Video Online, Sangat Cocok Untuk Pemula

2. Blog untuk Meningkatkan Bisnis

Selain untuk diri kamu sendiri, blog juga dapat membantu bisnis kamu semakin berkembang. Dari sini kamu bisa membuat brand kamu semakin dikenal dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Dalam internet marketing, blog merupakan sebuah channel untuk mengakuisisi calon pembeli. Mudahnya, mereka yang menyukai tulisanmu akan lebih mudah untuk ditawarkan produk-produk yang kamu miliki. Hal ini terjadi karena adanya kepercayaan, serta koneksi melalui tulisan yang kamu buat.

Tapi kembali lagi, kamu membutuhkan strategi yang tepat agar dapat menarik orang-orang yang sesuai dengan produk yang kamu tawarkan.

Bagaimana caranya? Nanti akan dibahas dalam menentukan topik untuk blog kamu. Sekarang saatnya kamu mengetahui mindset yang tepat agar blog kamu sukses diikuti banyak orang.

Kenapa banyak Blog yang Gagal dan Tidak Bertahan Lama

Percaya atau tidak banyak orang-orang yang berhenti menulis di tengah jalan saat membuat blog. Mungkin karena mulai malas dan tidak punya waktu. Atau merasa gagal karena tidak banyak yang baca karena traffic pengunjung yang minim. Itu adalah beberapa alasan yang umum di jumpai dari para “blogger”.

Namun kamu tau apa permasalahan yang paling utama?
Penulisan yang asal-asalan dan topik yang tidak konsisten. Lalu, tidak adanya content mapping yang mempermudah ide penulisan dan jadwal tayang.

Meskipun kamu sudah membaca ratusan cara membuat blog pribadi atau cara membuat blog gratis dengan mudah, kalau kamu tidak memiliki niat dengan konten yang jelas maka dapat dipastikan blog kamu hanya bertahan 1-3 bulan.
Bila kamu ingin melangkah jauh dengan blog yang kamu buat, mari kita pelajari bersama bagaimana cara menentukan topik yang tepat.

Menentukan Topik Tulisan untuk Blog

Satu kata yang harus kamu ingat tentang bagian ini, krusial. Ini adalah nyawa dari blog kamu agar dapat berhasil mencapai tujuan yang kamu inginkan. Lebih lagi akan memberikan manfaat bagi dirimu atau bisnis kamu kedepannya. Jadi jangan hanya mengetahui cara membuat blog di hp atau laptop saja, tapi kamu harus tau juga bagaimana agar blog ini bisa menjadi aset yang berharga. Betul gak?
Lalu, bagaimana cara menentukan topik tulisan untuk blog?

1. Untuk Pemula Buatlah Konten Sesuai dengan Minat Kamu

Bila ini adalah blog pertama kamu dan tidak memiliki pengalaman menulis, maka sebaiknya kamu jadikan minat dan hobi kamu sebagai topik tulisan. Nantinya ini akan memudahkan kamu mencari pembahasan saat kamu menulis, karena kamu sudah memiliki pengetahuan tentang minat dan hobi tersebut.

Hanya saja yang perlu kamu lakukan adalah memperbanyak referensi tulisan dengan topik sejenis. Apabila kamu suka dengan topik travelling, maka kumpulkan beberapa blog yang menulis tentang travelling. Perhatikan bagaimana dia menulis, apa sapaan yang digunakan, yang nantinya berguna sebagai dasar saat kamu menulis nanti.

Lakukan juga riset sederhana untuk mengetahui profil calon audiens atau niche dari blog yang akan kamu buat. Cobalah cari tau umur orang-orang yang suka travelling untuk menentukan gaya kamu bercerita.

Lalu bisa juga riset apa yang traveller ingin ketahui saat mereka hendak berkunjung ke suatu tempat dan jadikan bahan tulisan, contohnya rekomendasi tempat makan, restoran halal di kota tersebut, atau tempat membeli oleh-oleh.

Ingat kembali bahwa kamu harus konsisten dengan topik yang sudah kamu pilih. Jangan sampai kehilangan semangat di tengah jalan. Pasti kamu juga akan ada saatnya tulisanmu tidak banyak dibaca orang. Kamu tau? itu wajar. Cari tau apa sebab tulisan tersebut kurang banyak dibaca. Perhatikan lagi judul dan kontennya.

2. Buatlah Topik Blog Sesuai dengan Bisnis dan Audiens Kamu

Khusus untuk bisnis atau brand akan lebih mudah saat menentukan topik untuk blog. Setidaknya kamu sudah mempunyai bayangan topik akan ditulis dalam blog kamu. Kamu juga pastinya tau niche dari blog kamu nanti. Mudahnya, sesuaikan saja dengan pelanggan yang selama ini loyal dengan brand kamu. Atau kamu juga bisa membuat topik yang sesuai dengan jenis usaha brand kamu sendiri.

Bila kamu memiliki bisnis kopi, maka tulis sesuatu tentang kopi di blog yang kamu buat. Contohnya adalah cara membuat es kopi susu sederhana di rumah atau membuat es kopi dalgona tanpa mixer. Carilah sesuatu yang sekiranya diminati orang-orang yang meminum kopi. Ingat tujuannya adalah meningkatkan brand awareness bisnismu.

Baca Juga  Apa Itu Reseller, Keuntungan, dan Bagaimana Cara Kerjanya

Selain itu kamu juga bisa melakukan riset sederhana dengan pelanggan kamu. Tanyakan umur mereka, apa yang mereka sukai, kegiatan apa yang mereka lakukan, dan juga preferensi mereka dalam menonton atau membaca. Itu hanya sebagai contoh. Dari situ kamu akan menemukan topik-topik yang cocok di tulis dalam blog kamu.

Kenapa harus sesuai dengan pelanggan bisnis kamu?

Saat membuat blog untuk brand, tujuannya yaitu mendatangkan calon pelanggan baru. Nah bagaimana kamu bisa menarik minat orang-orang yang belum tau tentang brand kamu? Yaitu dengan membuat tulisan atau konten yang disukai oleh pelanggan yang selama ini loyal kepadamu. Harapannya, orang-orang dengan minat yang sama menemukan brand kamu dalam situs pencarian.

3. Ikuti Trend yang Sedang Naik

Ini adalah salah satu topik yang menarik untuk kamu tulis di blog kamu. Tapi lihat lagi trend tersebut, akankah tetap menjadi trend untuk beberapa waktu kedepan atau sementara saja.

Kamu harus melatih kepekaan kamu terhadap trend di sekitar. Misalnya tentang menulis di blog. Lihat baik-baik apakah topik tersebut akan booming atau hanya sesaat dan menjadi angin lalu.

Biasanya hal-hal yang berbau teknologi akan terus dibicarakan. Blog sendiri sudah ada dari beberapa tahun yang lalu, namun terus menjadi bahan pembicaraan karena tidak lekang oleh waktu. Buktinya kamu mencari tau cara membuat blog disini.

Namun, tetap cari trend yang sesuai dengan minat kamu ya. Jangan sampai kamu mempersulit dirimu dengan mengikuti trend yang sama sekali tidak kamu kuasai. Akibatnya bisa membuat kamu stres lalu malas untuk menulis kembali.
Setelah kamu menentukan topik yang dipilih untuk blog, saatnya cari tau platform apa yang paling pas dan mudah dalam membuat blog.

Memilih Platform Terbaik

Ini waktunya mencari tau hal-hal teknis cara membuat blog pribadi kamu atau untuk brand kamu. Awali dengan memilih platform terbaik. Platform sendiri nantinya menjadi wadah dari mulai kamu menulis, mengedit, sampai menerbitkan tulisan kamu. Kuncinya cari yang mudah digunakan.

Sebelumnya sudah disebutkan juga kan kalau bikin blog itu tidaklah sulit. Kamu tidak butuh belajar coding atau programming untuk membuatnya. Sekarang sudah banyak platform yang bisa disesuaikan dengan keinginan kamu, dari tampilan, font, warna, dan lain halnya. Kamu bisa kulik tanpa harus otak-otik kode yang ada dibalik tampilan tersebut.

Lalu platform apa yang terbaik untuk blog kamu?

Saat ini ada wordpress, blogger, Medium, Wix, serta situs micro-blogging seperti Tumblr. Namun cara membuat blog gratis yang mudah adalah dengan wordpress, karena platform ini cukup unggul dari platform lainnya. Apa saja keunggulannya? Ini dia.

1. Menyesuaikan Tampilan Sesukamu dengan Mudah

Ada ratusan bahkan ribuan template tampilan gratis yang bisa kamu gunakan. Kamu tidak perlu menulis kode-kode yang rumit dan membuat pusing hanya untuk mengganti tampilan. Tinggal cari yang kamu inginkan dan sesuaikan dengan topik kamu, lalu tinggal klik untuk diaplikasikan. Tidak sampai 5 menit kamu sudah memiliki tampilan yang keren.

2. Banyaknya Fitur atau Plugin

WordPress menyediakan banyak plugin untukmu. Inilah yang menjadi kelebihan dari wordpress daripada platformnya lainnya. Kamu tidak perlu ribet, hanya tinggal mencari plugin yang ingin kamu gunakan lalu terapkan.

Beberapa plugin wajib yang harus ada ialah:
– YoastSEO untuk mempermudah urusanmu tentang SEO.
– Akismet untuk mencegah spam
– WP Super Cache untuk mengatur cache dengan mudah
– Addthis untuk menambah fitur share ke media sosial

Sebenarnya masih banyak lagi plugin untuk wordpress kamu. Namun 4 hal itu cukup krusial saat kamu memulai blog kamu dengan platform ini.

3. Komunitas yang besar

Banyak sekali pengguna wordpress saat ini sehingga cukup mudah mencari tau tentang platform tersebut. Ada forum wordpress yang bisa kamu ikuti bila memiliki pertanyaan. Bahkan banyak juga blog yang menulis mengenai wordpress yang mudah dimengerti untuk membantu memaksimalkannya.

4. WordPress Digunakan oleh Brand Besar

Percayakah kamu brand seperti Disney, Sony Music, BBC America, The Official Star-Wars Blog menggunakan wordpress? Itulah kenyatannya. Platform ini sangat besar sampai digunakan oleh brand tersebut.

Baca Juga  Konten adalah Kunci, Pelajari Sekarang Agar Brand Kamu Berkembang!

Di samping itu semua, wordpress sangat ramah untuk pemula dan dapat diatur sesuai dengan keinginan kamu.

Memilih Hosting

Mungkin bagi kamu asing dengan hosting. Ini wajar sajar karena mungkin kamu baru pertama kali akan menggunakannya. Mudahnya, hosting adalah wadah atau rumah untuk menyimpan barang-barang. Dalam blog, maka hosting ini digunakan untuk menyimpan tulisan, gambar, dan video. Sama seperti rumah, kamu bisa memilih hosting sesuai dengan kapasitas penyimpaanannya, semakin besar maka semakin banyak pula file yang bisa kalian simpan.

Bila kamu menggunakan wordpress.com maka kamu tidak membutuhkan hosting karena sudah terintegrasi. Namun bila kamu menggunakan wordpress.org, kamu harus menyewa hosting secara mandiri.
Ada banyak penyedia hosting yang bisa kamu hubungi, seperti Niagahoster, Dewaweb, dan Domainesia. Mereka memiliki paket yang bervariasi dan bisa kamu pilih sesuai dengan kantong. Biasanya mereka juga ada paket domain gratis.

Cara Menentukan Domain yang Mudah Diingat

Nama domain ini akan selalu melekat dengan blog kamu. Sebenernya bisa saja kamu mengganti nama domain di tengah jalan. Tapi akan berakibat buruk dan fatal terhadap kredensial dari blog yang sudah kamu buat.

Jadi, tentukan nama domain yang tepat dari sekarang ya. Sebelum itu, perhatikan 5 hal ini:
– Cari nama yang sesuai dengan topik kamu
– Bila digunakan sebagai portfolio, bisa menggunakan nama kamu
– Hindari penggunaan angka dan strip/minus ‘–‘
– Jangan menggunakan nama yang mirip dengan brand lain
– Buat nama yang singkat dan sebisa mungkin gunakan .com

Instalasi WordPress

Ada beberapa cara untuk menginstall wordpres, namun yang salah satu yang paling mudah adalah menggunakan Softaculous yang seringkali sudah ada di hosting yang kamu gunakan. Ikuti langkah-langkah berikut ya.

1. Login cPanel

Hosting akan menginformasikan cPanel kamu melalui tautan email, biasanya seperti ini: http://namadomainanda/cpanel

2. Buka Softaculous Installer

Buka SOFTACULOUS APPS INSTALLER, lalu klik logo WordPress dan klik Tombol Install Now

3. Pilih Domain

Pilih domain Anda pada kolom Choose Domain, silahkan kosongkan kolom In Directory

4. Isi Detail Website

Pada kolom Site Name dan Site Description, isikan detail dari website kamu ya!

5. Masukkan Username dan Password

Buat username dan password untuk login ke dashboard WordPress kamu. Jangan sampai lupa.

6. Pilih Tema

Sekarang waktunya memilih tema yang kamu inginkan. Sudah? kemudian klik tombol Install.

7. Selesai!

Akan ada pesan sukses bila kamu sudah selesai. Disitu juag terdapat alamat blog beserta URL login ke dashboard admin.

8. Jelajahi Dashboard WordPress

Sempatkan waktu untuk menjelajahi dashboard wordpress kamu sebelum menulis. Pastikan kamu tahu setiap fungsi dari pengaturan yang ada. Bila bingung, jangan ragu untuk bertanya.

Mulai Menulis dengan WordPress

Sekarang kamu sudah mengetahui cara membuat blog dengan mudah. Bahkan, kamu seharusnya sudah memilikinya bila mengikutinya sembari praktik. Bagi yang pertama kali membuatnya mungkin akan cukup memakan waktu. Jadi kamu bisa ambil nafas sebentar sebelum mulai menulis.

Bila kamu sudah menjelajahi wordpress dan melakukan pengaturan sesuai yang kamu inginkan, sekarang waktunya mulai menulis.
1. Pilih menu Post
2. Selanjutnya pilih Add New
3. Tambahkan judul
4. Buat tulisan yang menarik
5. Bila sudah, klik tombol publish di sebelah kanan wordpress

Pada dasarnya itulah cara menulis di wordpress secara sistematis. Bila kamu sedang kehabisan ide atau mengalami writer’s block, bisa menyimpan tulisanmu sebagai draft terlebih dahulu. Apakah bisa lanjutkan nanti? Tentu saja, itulah fungsinya fitur tersebut.

Jangan Berhenti Disini

Benar, jangan berhenti disini saja. Segera buat blog pribadi kamu dan mulailah menulis. Semua perjalanan panjang ini tidak akan berarti apa-apa kalau kamu tidak segera membuatnya. Jangan tunggu sampai matang dan buatlah perencanaan yang baik agar bisa segera menulis. Ingat, kuncinya adalah konsistensi yang disertai dengan topik yang baik.

Tulisan pertamamu mungkin tidak akan sempurna. Tapi jangan khawatir ya, setiap pakar awalnya adalah seorang pemula.
Sebenarnya banyak cara membuat blog gratis lainnya dan tetap mudah. Bahkan kamu juga bisa membuatnya dari handphone. Walaupun begitu, cara membuat blog di hp sedikit rumit karena layarnya yang kecil. Disarankan tetap menggunakan laptop atau komputer ya.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply