Cara Membuat Email di Gmail dan Yahoo Dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Email – Adanya 3.3 miliar akun email yang terdaftar di seluruh dunia menjadi bukti bahwa email sudah menjadi salah satu alat komunikasi terpenting. Alamat email berguna agar kalian bisa terhubung dengan saudara, teman, dan juga rekan bisnis.

Bahkan email dipercaya menjadi salah satu alat digital marketing yang sangat handal dalam menaikkan omzet perusahaan. Dan popularitas email semakin melambung dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi serta memasyarakatnya medsos dan perangkat smartphone.

Meski kepopuleran email sudah tidak diragukan lagi, tapi masih ada saja beberapa orang yang mungkin belum paham cara membuat email. Bahkan beberapa siswa menengah ada yang masih kebingungan membuat email, mendaftar akun di medsos seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Biasanya mereka adalah pengguna smartphone pemula, karena bisa jadi orang tuanya baru membolehkan memakai smartphone saat usia remaja.

Macam-macam email

Bagi sebagian besar orang yang hidup di zaman milenia, email sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Dan hari ini kita melihat ada banyak layanan email. Nah, berikut ini beberapa layanan email gratis yang bisa kalian daftarkan sekarang juga

1.Gmail

Gmail bisa dibilang penyedia layanan email terpopuler saat ini. Alasan banyak orang menggunakan google adalah fiturnya yang lengkap serta terintegrasi dengan medson maupun aplikasi seluler. Dan google memberikan ruang penyimpanan 15 GB secara gratis.

2.Yahoo mail

Penyedia layanan email paling terkenal kedua adalah yahoo mail. Akun email Yahoo juga akan memberi kalian akses penyimpanan sebesar 1 TB (terabyte). Sangat besar kan? Dan ini didapatkan secara cuma-cuma. Antarmuka yang user friendly membuat kalian bisa dengan mudah memilih tema yang kalian sukai.

3.Outlook

Ketika mendengar nama outlook, kebanyakan orang akan membayangkan aplikasi dekstop Microsoft Outlook. Padahal outlook juga menyediakan layanan email gratis yang terhubung ke Skype, Facebook, PowerPoint, dll. Outlook menawarkan penyimpanan gratis 15 GB pada setiap penggunanya.

Baca Juga  Memilih Strategi Pemasaran yang Efektif dan Efisien

4.AOL

AOL atau America Online merupakan pilihan lain untuk mendapat akun email gratis. AOL menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki akun email lainnya, yaitu penyimpanan tak terbatas. AOL juga menyediakan fitur dasar lainnya, seperti pengaturan tema, tata letak kotak masuk, serta memiliki filter spam dan perlindungan virus yang canggih.

5.Mail.com

Bagi kalian pemiliki usaha atau pekerja lepas, mail.com bisa menjadi pilihan utama. Mail.com memang hanya menyediakan penyimpanan 2 GB, tapi bisa memilih 200 domain yang berbeda. Jadi kalian bisa mengganti “@mail.com” dengan nama apa saja ynag menggambarkan diri kalian.

Misalnya saja kalian seorang desainer web, maka kalian bisa menggunakan email dengan nama ekstensi “@design-web.com”

Setelah mengetahui macam-macam email, sekarang saatnya bagi kalian untuk membuat akun email. Yuk kita lihat cara membuat email di gmail dan yahoo berikut ini

Cara membuat email gmail

Gmail merupakan salah satu fitur google dalam bentuk email gratis. Selain gmail, kalian bisa menggunakan fitur lainnya seperti google drive, google sheets, google translate, google docs, dan masih banyak lagi. Tapi, untuk menggunakan berbagai fitur tadi, syarat utamanya adalah memiliki akun email gmail.

Bahkan untuk berjualan online di marketplace atau mengakses medsos, biasanya akan diminta memasukkan akun gmail terlebih dulu. Jadi sekarang ini email di gmail seperti sudah menjadi identitas seseorang atau KTP di dunia online.

Lalu bagaimana cara membuat email gmail?

Untuk membuat akun email di gmail, caranya sangat mudah. Berikut ini beberapa langkahnya,

1.Yang pertama, buka www.gmail.com
2.Klik “Create Account” atau”buat akun” di kanan atas halaman gmail
3.Kalian akan bertemu dengan halaman baru yang meminta data isian berikut ini,

•Nama depan dan nama belakang
•Nama pengguna atau identitas (ID) email kalian, misalnya: andikdk@gmail.com, iwanjogja@gmail.com, dll
•Kalau ternyata nama pengguna atau ID tadi sudah digunakan orang lain, google akan menawarkan ID alternatif. Kalian bisa pilih salah satu saran google atau mencoba mendaftar dengan ID lain
•Ketikkan password atau kata sandi. Google mensyaratkan jumlah minimal password terdiri dari 8 karakter. Sekedar saran, isi dengan password yang gampang diingat tapi unik
•Untuk mengkonfirmasi, ketik ulang password
•Untuk keamanan, google akan meminta nomor telepon kalian. Isi di baris nomor telepon
•Google juga akan meminta alamat email yang masih aktif. Ini sifatnya opsional, bisa juga dibiarkan kosong
•Selanjutnya kalian juga harus mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin
•Untuk memastikan nomor telepon itu memang milik kalian, google akan mengirim sms yang berisi kode verifikasi sebanyak 6 digit.
•Ketik kode verifikasi yang dikirim google
•Lalu google akan mengajukan beberapa poin privasi dan persyaratan. Klik saja “saya setuju”
•Di jendela berikutnya, kalian akan menerima ucapan selamat datang dari google. Ini berarti proses mendaftar gmail sudah selesai dan kalian sudah bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di email gmail.

Baca Juga  Penjelasan Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan dan Jenis-Jenisnya

Cara membuat email yahoo

Sekarang ini bisa dibilang google menjadi raja di dunia mesin pencari dengan market share mencapai 93%. Tapi siapa sangka kalau dominasi google ini baru dimulai sejak sekitar 10 tahun terakhir ini. Di sekitar awal tahun 2000, Yahoo-lah yang menjadi penguasa mesin pencari. Dominasi yahoo juga mencakup dalam penggunaan email.

Walau sudah disalip google, setidaknya Yahoo masih memiliki banyak penggemar setia dan masih menjadi terpopuler kedua di dunia. Kenapa? Karena ada banyak fitur Yahoo yang masih menarik, seperti Yahoo finance, Yahoo weather, maupun Yahoo local.

Selain itu, halaman berandanya masih menyajikan informasi ter-update dari dunia olahraga, politik, maupun hiburan. Nah bagi kalian yang ingin menggunakan email Yahoo, berikut ini langkah dan cara membuat email Yahoo.

•Sama seperti google, kalian harus masuk dulu ke www.yahoo.com atau www.id.yahoo.com, lalu klik email di pojok kanan atas. Atau bisa juga mengetikkan https://login.yahoo.com
•Untuk memiliki akun yahoo, silakan klik create account
•Selanjutnya kalian akan berada di jendela pendaftaran email Yahoo. Yang pertama diisi adalah nama depan dan nama belakang. Nama belakang bisa dikosongkan kalau kalian memang tidak memiliki nama belakang atau last name
•Pada baris kedua, silakan ketik email address atau nama pengguna Yahoo. Isian ini akan digunakan sebagai alamat email. Misalnya mahasiswafisika@yahoo.com atau adibandung@yahoo.co.id
•Setelah itu, masukkan password yang minimal terdiri dari 6 karakter
•Yahoo juga akan meminta nomor HP kalian. Data nomor HP diperlukan untuk verifikasi seandainya kalian lupa password dan ingin mengganti dengan password lain
•Tidak lupa juga Yahoo meminta kalian mengisi tanggal, bulan, dan tahun kelahiran. Selanjutnya, klik “continue”
•Di jendela berikutnya, yahoo akan meminta persetujuan kalian untuk mengirim kode verifikasi via SMS. Klik saja “kirimi saya kode verifikasi via SMS” atau “take me an account key”
•Silakan cek sms dari yahoo yang berisi kode verifikasi. Lalu ketikkan kode tersebut ke kolom yang tersedia dan klik verify
•Begtu verifikasi selesai, kalian akan mendapat ucapan selamat dari Yahoo. Kemudian klik saja “lanjutkan” atau “let’s get started”. Dengan ini, kalian bisa bebas mengakses email yahoo dan berbagai fitur yahoo lainnya

Baca Juga  Apa Itu Dropshipper Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Nah tidak sulit kan? Dalam waktu kurang dari 5 menit kalian akan memiliki email dan menikmati berbagai kegunaannya. Selamat mencoba ya!

(Visited 36 times, 1 visits today)

Leave a Reply