Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris – Kalian pastinya sudah tahu bahwa rahasia mahir berbahasa Inggris adalah dengan praktek dan latihan bicara secara terus-menerus. Dan salah satu cara bagus untuk melatih kemampuan speaking adalah dengan praktek memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

Cara ini sangat efektif karena bisa langsung kalian praktekkan, misalnya saat di kelas, di depan teman, atau bahkan saat sendirian.

Kemampuan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris ini semakin terasa manfaatnya saat kalian bekerja di perusahaan asing atau masuk kelas internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi utama.

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris

Sebelum masuk ke contoh perkenalan, yuk kita lihat dulu beberapa tahapan yang bisa kalian praktekkan,

1.Memulai dengan salam

Seperti juga dalam bahasa Indonesia, biasanya orang tidak langsung masuk ke perkenalan diri. Akan lebih baik kalau kalian memulai dengan pengantar singkat berupa kalimat sapaan atau salam terlebih dulu.

Beberapa ucapan seperti good morning, good afternoon, good evening everyone, Hi everyone, atau hello everybody bisa lebih mencairkan suasana. Suasana yang nyaman membuat kalian lebih leluasa dalam mengungkapkan kalimat perkenalan berikutnya.

2.Sebutkan nama

Sangat sederhana kan? Inti perkenalan bisa dimulai dengan menyebutkan nama yang diikuti dengan alamat, pekerjaan, atau nama departemen tempat kalian bekerja. Misalnya saja, kalian bisa mengucapkan kalimat ini

•Hii, I’m Toto Raharjo and you can call me Toto
•Good morning everyone, my name is Andy. I’m a new Engineer in department of R&D
•Hello, I’m Peter and I just started as new student in department of Physics

3.Sebutkan informasi diri

berikutnya, kalian bisa memberikan beberapa informasi tentang diri kalian. Kalau kalian memperkenalkan diri sebagai karyawan baru, coba sebutkan background pendidikan kalian, pernah bekerja di mana saja serta berapa lama bekerja di bidang ini.

Baca Juga  25 Kata Mutiara Dalam Bahasa Inggris Yang Menginspirasi

Selanjutnya cobalah untuk memperkenalkan diri dengan santai. Kalian bisa menambahkan dengan topik tambahan, seperti bagaimana kalian bisa bergabung atau bagaimana suasana perusahaan tersebut kalau dibandingkan tempat kerja sebelumnya.

Jangan terlalu takut dengan kesalahan berbahasa Inggris, karena tujuan utama perkenalan adalah untuk untuk saling mengenal serta mempererat koneksi dengan rekan sejawat.

Contoh memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris

Nah sekarang saatnya bagi kalian praktek perkenalan berbahasa Inggris. Dalam postingan ini, kami mencoba untuk menampilkan perkenalan diri sebagai siswa dan karyawan baru

1.Memperkenalkan diri sebagai siswa baru

Hello, good morning everyone

Today I will introduce myself. My name is Ahmad Putra Jaya and you can call me Ahmad. I was born in Yogyakarta on August 20rd, 2003. But I have been here since five years old. I live in Jenderal Sudirman street number 23A Bandung.

I have small family. I live with my parents and two brothers. My father work in automotive manufacturer and that’s influenced me to have hobby in mechanical and all things about cars and motorcycles.

I guess this is enough and thanks for your attention.

Artinya:

Halo, selamat pagi semuanya

Hari ini saya akan memperkenalkan diri. Nama saya Ahmad Putra Jaya dan kalian bisa memanggilku Ahmad. Saya lahir di Yogyakarta pada 20 Agustus 2003. Tapi saya sudah di sini sejak berusian lima tahun. Saya tinggal di jalan Jenderal Sudirman nomor 23A Bandung.

Saya memiliki keluarga kecil. Saya tinggal bersama orang tua dan dua saudara laki-laki. Ayah bekerja di pabrik otomotif dan itu memengaruhi saya untuk memiliki hobi mekanik dan semua hal mengenai mobil dan motor.

Saya kira ini sudah cukup dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga  Tips dan Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Singkat

2.Memperkenalkan diri sebagai karyawan baru

Hello everybody. Good morning

My name is Umar Santoso. Today is my first day here and I’m working for Engineering department as Supervisor of Electrical. I had worked as a electrical engineer for five years in my previous workplace. So taking on a new role is great way to grow personally and profesionally.

I’m 27 years old and I like to spend spare time with jogging, playing football, or just relax with my wife and sons. We like to cooking or fishing together during the weekends when we are not too busy.

So it’s very nice finally I can be here and meet with all of you. I’m sure that we can work together as a team and achieve great results.

That’s all about me and I’m looking forward to working together. Thank you.

Artinya:

Halo semua. Selamat pagi

Nama saya Umar Santoso. Hari ini adalah hari pertama saya di sini dan saya bekerja untuk departemen Teknik sebagai Supervisor Elektrik. Saya telah bekerja sebagai electrical engineer selama lima tahun di tempat kerja sebelumnya. Jadi memiliki tugas baru menjadi cara bagus untuk tumbuh secara pribadi dan profesional.

Saya berusia 27 tahun dan saya suka menghabiskan waktu luang dengan jogging, bermain sepak bola, atau sekedar bersantai dengan istri dan anak-anak. Kami suka memasak atau memancing bersama di akhir pekan saat kami tidak terlalu sibuk.

Ini sangat bagus, pada akhirnya saya bisa berada di sini dan bertemu dengan kalian semua. Saya yakin kita bisa bekerja bersama sebagai sebuah tim dan mencapai hasil yang luar biasa.

Baca Juga  Sangat Mudah, Ini Dia 6 Cara Cepat Berbicara Bahasa Inggris

Itu dulu tentang saya dan saya tidak sabar untuk bekerja sama. Terima kasih.

Perkenalan yang dibuat dengan baik pasti memberikan kesan berbeda dibanding “Hi” atau “Hello” saja. Dengan sering praktek, kalian akan bisa melakukan perkenalan berbahasa Inggris dengan lancar. Nah, selamat berlatih ya!

 

(Visited 115 times, 1 visits today)

Leave a Reply