Sangat Mudah! Ini Dia 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot –¬†Perkembangan teknologi dan kebutuhan untuk mobile membuat banyak orang beralih dari PC ke laptop. Karena laptop dianggap lebih praktis, bisa dibawa kemana-mana, serta performanya tidak kalah dengan PC. Begitu banyak yang menggunakan laptop, sehingga laptop sekarang ini sudah bukan barang mewah lagi.

Tapi apa jadinya kalau laptop kesayangan kalian mulai terasa lambat dan mengganggu pekerjaan? Bagi beberapa orang, masalah laptop lambat bisa sangat memusingkan dan membuat jengkel. Tapi jangan khawatir, karena kali ini kami akan berbagi beberapa cara mengatasi laptop lemot dan membuatnya ngebut kembali.

1.Upgrade kapasitas RAM

Kalau laptop kalian mulai lemot, jangan-jangan karena kapasitas RAM yang terlalu kecil. Padahal untuk menjalankan software terbaru, paling tidak dilengkapi dengan RAM 8GB. Nah coba cek spesifikasi laptop kalian ya. Kalau memang kurang, kalian bisa menambahkannya pada slot yang masih tersisa.

2.Uninstall software yang jarang digunakan

Laptop akan melambat kalau kalian menginstall software terus-menerus dan terlalu banyak mengambil ruang memori. Bahkan ini dapat kalian rasakan saat booting. Agar laptop kalian bisa ngebut kembali, coba cek software yang pernah kalian install dan hapus software yang jarang digunakan.

3.Update Windows

Laptop menjadi lambat bisa jadi karena kalian sangat jarang meng-update sistem operasi Windows atau update Windows otomatisnya tidak aktif. Untuk mengatasinya, pastikan windows update berada pada posisi auto dan laptop terkoneksi internet.

Adanya koneksi internet membuat Windows akan melakukan update secara otomastis. Dan update windows ini membuat performa laptop meningkat serta memperbaiki keamanan.

4.Rawat hard disk

Laptop ternyata juga bisa lemot saat terjadi masalah pada hard disk. Beberapa masalah yang sering muncul diantaranya bad sector, terbentuk fragmen, low space, maupun usia had disk yang sudah tua. Masing-masing memiliki solusi yang berbeda-beda.

Baca Juga  Mengerti Apa itu Spam, Bahaya, dan Cara Mengantisipasinya

Karena itu penting untuk selalu merawat hard disk. Jika hard disk di laptop kalian spacenya tinggal sedikit, kalian bisa menghapus atau memindah file yang tidak terpakai. Selain itu, usahakan melakukan proses defrag secara rutin. Ini akan membuat laptop segar dan performanya kencang lagi.

5.Turunkan suhu laptop

Jangan anggap remeh suhu laptop yang terlalu panas. Pemakaian laptop terus menerus bisa berakibat buruk. Suhu yang terlalu panas bisa merusak chip serta memperlambat kinerja processor. Suhu yang cepat panas ini biasanya terjadi pada laptop berusia lebih dari 5 tahun.

Untuk menjaga suhu laptop, kalian bisa gunakan netbook cooler serta tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang terlalu lama. Atau bisa juga dengan menggunakan laptop di ruangan yang dilengkapi AC.

6.Bersihkan disk dengan software cleaner

Seperti halnya rumah, laptop yang jarang dibersihkan akan menyisakan sampah. Akibatnya, kinerja laptop jadi lambat. Sampah yang ada pada laptop berupa registry bermasalah maupun data yang tidak diperlukan.

Untungnya ada beberapa software yang mampu membersihkan sampah-sampah tersebut, diantaranya CCleaner, AVG PC Tune Up, dan lain sebagainya.

7.Hapus data browser yang tidak diperlukan

Bagi kalian yang browsing tiap hari, aplikasi web browser biasanya akan menyimpan cookies, history atau cache. Data yang tersimpan memang mempermudah saat kalian browsing alamat web yang sama di kemudian hari. Masalah muncul karena data itu akan membebani laptop dan memperlambat kinerjanya.

Solusinya, kalian harus menghapus data-data tersebut secara rutin. Risikonya memang kalian akan kehilangan history alamat web yang pernah dikunjungi, tapi laptop kembali ringan dan lebih cepat.

8.Scan dengan antivirus

Bagi kalian sering download file di internet, hati-hati dengan banyaknya virus dan malware yang berkeliaran di dunia maya. Virus yang masuk ke laptop menjadi sangat menjengkelkan, karena bisa merusak dan performa laptop menjadi lambat seketika.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Menggunakan Aplikasi

Nah cara mengatasi laptop lemot akibat virus adalah melakukan scanning rutin dengan software scanner terbaik. Dan kami sarankan untuk men-scan laptop kalian setidaknya sekali dalam seminggu.

Itu tadi 8 cara mengatasi laptop lemot yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kita dan membantu laptop kalian menjadi lebih cepat lagi. Selamat mencoba ya!!

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply