File Hilang? Ini Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di PC

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus – Pernahkan kalian tanpa sengaja menghapus data skripsi, bahan kuliah, materi presentasi, foto keluarga, atau file penting yang ada di komputer? Kadang terjadi pada kita dimana file terhapus dan tiba-tiba memerlukannya kembali. Kehilangan data seperti ini bisa terjadi pada siapa saja dan bisa menjadi bencana.

Tapi sayangnya tidak semua orang tahu cara mengembalikan file yang terhapus dari PC. Nah kali ini kita akan membahas cara mengembalikan file yang terhapus dan informasi beberapa software pemulihan data yang akan membantu kalian melakukan tugas ini.

Cek apakah file benar-benar terhapus

Jika tidak yakin apakah file tersebut benar-benar terhapus, kalian bisa mencari lagi di file explorer. Semoga kalian hanya lupa menaruh file dan bisa menemukannya lagi. Kalau yakin file tersebut tidak ada di file explorer, kalian bisa masuk ke recycle bin.

Recycle bin sendiri merupakan folder yang berisi file yang terhapus. Recycle bin menjadi salah satu fitur bawaan Windows, sehingga otomatis ada di PC begitu kalian menginstal sistem operasi Windows.

Untuk melihat pencarian berdasarkan waktu, kalian bisa klik kanan recycle bin, lalu pilih Sort By > Date Deleted. Kalau file tersebut ada di recycle bin, maka kalian tinggal klik kanan file, pilih restore, dan filepun segera muncul kembali di file explorer.

Sebagai tambahan informasi, kalau kalian menjalankan program seperti CCleaner, maka secara default akan menghapus file di recycle bin. Tapi kalian bisa memilih opsi “disable cleaning the Reycle Bin”, sehingga kalianpun masih bisa menelusuri file yang terhapus di Recycle Bin.

Restore previous version

Sudah mencari di recycle bin tapi tetap tidak ada? Kalian bisa menggunakan cara ke-2, yatu dengan melacak melalui restore previous version.

Baca Juga  Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Gmail dan Google Maps

Caranya sangatlah mudah, tapi kalian harus ingat di folder mana file tersebut disimpan. Kamu tinggal masuk ke folder tersebut, lalu klik kanan folder dan pilih restore previous version. Kalian akan mendapati backup folder tersebut di tanggal sebelumnya.

Kalian bisa melihat folder backup tersebut untuk menelusuri file penting kalian yang terhapus tadi. Lalu kalian bisa restore folder tersebut dan filepun bisa digunakan kembali.

Software data recovery

Kalau cara tadi belum juga berhasil, kalian bisa menggunakan bantuan software data recovery. Selain mudah digunakan, banyak software yang bisa kalian unduh dengan gratis.

Tapi sebelum menggunakan software data recovery, ada baiknya kalian cek dulu apakah file tersebut pernah kalian kirim lewat email? Atau mungkin kalian pernah menyimpan di flash disk? Kalau memang belum pernah disimpan di tempat lain, barulah kita bisa beralih ke beberapa perangkat lunak berikut ini.

1.Recuva

Recuva sering disebut-sebut sebagai salah satu software data recovery terbaik yang bisa didapatkan secara gratis. Recuva juga sangat mudah digunakan. Untuk pemula, software ini sangat baik untuk memulai recovery data yang hilang.

Keunggulan lainnya, Recuva bisa untuk mengembalikan data yang terhapus dari drive eksternal, disk BD/DVD/CD, memori card, bahkan iPod.

2.Wise Data Recovery

Wise Data Recovery merupakan salah satu software data recovery yang mengandalkan kecepatan. Selain bisa diinstall dengan sangat cepat, program ini bisa memindai PC dalam waktu singkat dan dengan segera menemukan file yang terhapus.

3.Glary Undelete

Glary Undelete menjadi salah satu software gratis yang luar biasa. Tampilan bergaya “file explorer” membuatnya tampak sederhana. Selain itu, program ini sejak awal mampu memberikan informasi seberapa besar peluang file berhasil dikembalikan.

Baca Juga  Tutorial 4 Cara Membuat Tabel di Word

4.MiniTool Power Data Recovery

Software ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Tapi versi gratisnya saja sudah sangat hebat. Karena kalian bisa merecovery data hingga 1GB dengan pemindaian yang sangat cepat.

5.SoftPerfect File Recovery

SoftPerfect File Recovery berupa file portabel berukuran 500 KB. Untuk menggunakannya, kalian tidak perlu menginstal ke PC. Selain bisa mencari file dengan nama file, program ini juga mampu mengembalikan file yang terhapus hanya dengan mengetikkan ekstensi file. Kelebihan lainnya, kalian bisa merestore lebih dari satu file secara bersamaan.

6.EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard menjadi salah satu software berikutnya yang mampu merecovery data hilang dengan sangat cepat. Kalian bisa mengembalikan file hanya dengan beberapa klik. Sangat mudah, bahkan proses data recovery mirip kalau kalian mencari file di windows explorer.

Salah satu fitur menarik lainnya adalah mampu mengurutkan file berdasar type, nama, maupun tanggal terhapus, sehingga membuat kalian makin nyaman menggunakan software ini.

7.DiskDril

Satu lagi software data recovery yang sederhana tapi memiliki kemampuan luar biasa. Dengan tampilan sangat sederhana, kalian tidak akan bingung menggunakan software ini. Menurut informasi dari situs resminya, software ini mampu merecovery data hingga 500 MB.

Selain 7 perangkat lunak di atas, masih ada beberapa software data recovery yang bisa didapatkan secara gratis seperti Puran File Recovery, Restoration, FreeUndelete, TOKIWA Data Recovery, dll.

Lalu bagaimana kalau file yang terhapus tadi tetap tidak berhasil dikembalikan? Kalau file yang hilang tersebut sangat penting, maka tidak mengapa kalau kalian mempertimbangkan untuk menggunakan jasa seorang spesialis data recovery.

Kalian biasanya akan dikenakan biaya yang lumayan mahal, tapi tidak masalah karena mereka memang spesialis dalam menyelamatkan data hilang.

Baca Juga  8 Mesin Pencari Selain Google Yang Perlu Kalian Coba

Nah itu tadi beberapa cara mengembalikan file yang terhapus dari PC. Agar tidak terlalu kerepotan saat file terhapus, jangan lupa untuk selalu membackup file atau data yang yang ada di PC kalian. Semoga ulasan tadi bermanfaat dan sukses selalu ya!!

(Visited 46 times, 1 visits today)

Leave a Reply