Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di PC

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di PC Menggunakan Aplikasi

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di PC – Pernahkah kalian merasa kesal saat menemukan file yang tidak bisa dihapus di PC? Tidak mengherankan jika kalian merasa kesal, sebab file yang sudah dihapus pasti selalu muncul lagi setelahnya. Beberapa dari kalian pasti menganggap bahwa penyebab file yang tidak bisa dihapus itu adalah disebabkan oleh virus. Tapi apakah virus penyebab sebenarnya?

Baca juga : Studi Kasus : Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya

Ternyata bukan loh! Jika disebabkan oleh virus, file tersebut bisa dihapus dengan cara scan pada PC kalian saja. Untuk menghapus file dengan cara manual tentu akan sangat sulit, oleh karena itu kalian bisa mencoba cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan begitu, prosesnya pun akan lebih mudah dan cepat. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Aplikasi Unlocker

Ketika menemukan file yang tidak bisa dihapus dengan cara manual, maka kalian bisa menggunakan cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC dengan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah file yang tidak bisa dihapus adalah Unlocker.
Kalian tidak perlu khawatir tentang file yang akan sulit dihapus, sebab software ini sudah diklaim sangat ampuh untuk menghapus file yang membandel. Untuk menggunakan sofware Unlocker, caranya yaitu:

1. Download terlebih dulu dan Install aplikasi Unlocker
2. Setelah di Install, klik next untuk melalui proses selanjutnya
3. Lalu pilih Direktori Penyimpanan dengan klik browse, Apabila ingin menggunakan pengaturan default cukup klik next lagi
4. Pilih tombol Install untuk memasang software Unlocker di PC
5. Setelah proses install telah selesai klik Finish
6. Kemudian buka aplikasi Unlocker yang sudah terinstall di PC
7. Pilih direktori tempat file itu berada. Lalu klik OK
8. Jika Unlocker sudah terbuka, klik opsi Delete pada tombol dropdown yang tersedia. Lalu klik OK sekali lagi.
9. Proses menghapus pun akan selesai dan akan muncul jendela bertulisan “The object was deleted ”
10. Jika sudah selesai, klik OK untuk menutup jendela Unlocker.

Baca Juga  Sejarah Perkembangan Komputer Digital Dari Masa ke Masa

Aplikasi Tizer Unlocker

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi Tizer Unlocker. Aplikasi ini merupakan alat sederhana dan ringan yang dilengkapi dengan antarmuka minimal. Tombol yang tersedia pun sangat sedikit namun tetap memiliki pilihan yang cukup lengkap.

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di PC

Sehingga kalian tidak akan bingung saat menggunakannya, apalagi jika kalian pengguna komputer yang baru belajar. Dengan menggunakan aplikasi Tizer Unlocker, kalian tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menginstalnya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat memungkinkan kalian untuk mengubah nama, memindahkan atau menghapus file atau folder yang dikunci oleh proses-proses lain. Dengan menggunakan aplikasi Tizer Unlocker, akan menampilkan semua proses yang berjalan pada sistem komputer dan menggunakan beberapa metode agar kalian bisa mengakses file yang diinginkan.

Untuk menggunakan aplikasi ini, terdapat dua cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC menggunakan aplikasi Tizer Unlocker yakni,

1. Menggunakan aplikasi Tizer Unlocker dengan langsung yang memungkinkan pengguna untuk melakukan browsing komputer untuk memilih file, folder atau drive untuk memindai.
2. Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan windows explorer yang memunkinkan kalian untuk mengklik kanan pada file, folder, atau drive lalu klik Tizer Unlocker dan klik delete.

Aplikasi iobit Unlocker

Menggunakan aplikasi Iobit Unlocker adalah cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC selanjutnya. Sayangnya, aplikasi Iobit Unlocker ini hanya bisa digunakan pada PC/ Komputer dengan sistem operasi windows saja. Aplikasi Iobit ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah setelah diinstal kalian bisa menghapus file dengan satu kali klik saja.

Selain itu, kalian juga bisa membuka, menghapus, memindahkan dan mengganti nama file atau folder menggunakan aplikasi Iobit Unlocker. Dengan menggunakan aplikasi ini, file maupun folder hingga aplikasi yang membandel bisa dihapus dengan cepat dan mudah.
Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC dengan Iobit Unlocker yaitu:

Baca Juga  Ingin Menjadi Seniman Hebat? Kenali Dulu 8 Prinsip Seni Rupa

1. Cukup klik kanan pada file atau folder yang masih terkunci atau yang ingin kalian hapus
2. Lalu pilih Iobit Unlocker untuk membuka jendela aplikasi
3. Klik Unlock dan biarkan aplikasi berjalan sampai status file sudah berubah menjadi unlock (tidak terkunci)
4. Apabila file atau folder sudah berubah menjadi unlock. File folder tersebut sudah bisa dihapus dengan sangat mudah.
5. Cobalah menghapus file yang sudah Unlock tersebut.

Aplikasi MoveOnBoot

Jika masih belum berhasil, kalian bisa mencoba cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC menggunakan aplikasi MoveOnBoot. Aplikasi ini dapat membantu kalian untuk memindahkan, mengganti nama maupun menghapus file yang terkunci pada PC kalian. Dengan menggunakan perangkat lunak yang satu ini, dapat membawa perubahan yang berlaku pada reboot sistem berikutnya.

Selain itu, apliaksi ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan, dimana kalian bisa melewati prompt dan memilih tindakan yang sama untuk beberapa file. Namun, perlu kalian ketahui bahwa aplikasi ini membutuhkan boot sistem agar perubahannya bisa diterapkan.

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC menggunakan aplikasi MoveonBoot cukup mudah, sebab aplikasi ini dilengkapi dengan tombol browser inbuilt serta opsi drag and drop. Jadi untuk menggunakan aplikasi ini, yang perlu kalian lakukan hanyalah menyeret file yang dipilih pada antarmuka program dan memilih tindakan yang diminta.

Delete Doctor

Delete Doctor merupakan satu-satunya aplikasi yang menawarkan proses penghapusan utilitas untuk membantu kalian menghilangkan file yang tidah bisa dihapus dari PC/ Komputer kalian. Delete doctor ini tentu dapat kalian jadikan sebagai alternatif cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC.

Selain menghapus file yang tidak bisa dihapus, Delete Doctor juga dapat mendeteksi file berbahaya, sehingga dapat dipastikan bahwa file index.dat yang menyimpan history internet internet juga dihapus. Proses penghapusnyanya pun dijadwalkan setiap komputer kalian boot up. Disamping kelebihannya, Delete Doctor juga memiliki kelemahan yakni memerlukan proses yang memakan waktu.

Baca Juga  Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC menggunakan aplikasi Delete Doctor cukup mudah, sebab menggunakan antar muka yang sangat user friendly. Sehingga, yang perlu kalian lakukan adalah memilih file mana saja yang ingin kalian hapus. Selain itu, kalian juga bisa memilih metode penghapusan apa yang ingin kalian lakukan.

Nah itu dia beberapa cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC menggunakan aplikasi yang bisa kalian gunakan. Dari beberapa aplikasi di atas, tentu masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi, gunakanlah salah satu aplikasi tersebut untuk memudahkan proses penghapusan file yang tidak bisa dihapus. Selamat mencoba!

(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply