Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus – Pernahkan kalian menemukan file yang tidak bisa dihapus pada memori internal smartphone, hard disk, ataupun flash disk? Adanya file yang tidak bisa dihapus seringkali membuat kita kesal. Saat mengalami hal ini, sebagian orang ada yang menganggap bahwa file maupun folder yang tidak bisa di hapus itu disebabkan karena adanya virus, namun pada kenyataannya bukan itu penyebabnya loh.

Baca juga : 50 Nama Pekerjaan di Jerman Dan Contoh Kalimatnya

Jika benar disebabkan oleh virus, seharusnya file tersebut bisa dihapus dengan cara scan komputer maupun hp kalian. Tetapi seringkali file tersebut masih muncul dan tidak hilang sama sekali. Lalu bagaimana cara menghapus file yang tidak bisa dihapus? Tentu ada hal lain yang membuat file atau folder tersebut tidak bisa dihapus. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak informasi tentang cara menghapus file yang tidak bisa dihapus berikut ini.

Mengapa File Tidak Bisa Dihapus?

Jika kalian tidak bisa memperbaikinya, jangan khawatir dan panik dulu ya karena sebenarnya ini bukan masalah yang serius kok. Jadi kalian jangan langsung membawanya ke tukang service dulu. Sebab, ada cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, dimana cara itu bisa kalian lakukan sendiri.

Akan tetapi sebelum memperbaikinya, ada baiknya untuk mengetahui apa penyebab dari masalah itu. Biasanya, penyebab masalah file tidak bisa dihapus ini bisa disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut ini, di antaranya:

1. File atau Folder Masih Aktif
Penyebab pertama mengapa file tidak bisa dihapus adalah karena file atau folder yang ingin dihapus itu masih aktif atau sedang diakses. Terkadang windows juga seringkali mengalami error padahal file tersebut tidak sedang kita akses, namun sebenarnya jika kalian cek di task manager prosesnya masih tetap aktif. Jika hal tersebut terjadi, pada umumnya akan muncul tulisan:
“Cannot delete [nama_file]: There has been a sharing violation. The source or destination file may be in use”

Baca Juga  7 Aplikasi Foto Edit Terbaik 2019 Untuk Smartphone

2. File Digunakan oleh Pengguna Lain
Penyebab lainnya bisa jadi disebabkan karena ada pengguna lain yang masih menggunakan file tersebut. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu hal ini bisa saja terjadi apabila kalian menerapkan fitur sharing pada file yang kalian buat. Biasanya hal ini sering terjadi jika kalian membagikan file tersebut melalui Google Drive. Maka, saat ada pengguna lain sedang mengakses file yang akan kalian hapus, sudah dipastikan proses menghapus akan gagal.

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus

3. File Memiliki Permissions yang Kuat
Penyebab yang ketiga mengapa file tidak dihapus adalah dikarenakan file tersebut memiliki permissions yang kuat. Tahukah kalian sebenarnya setiap file itu memiliki permission atau izin yang dapat membatasi akses seseorang untuk melihat bahkan menghapus file tersebut? Untuk mengecek hal ini, kalian bisa melihatnya pada pengaturan file permission menggunkan cPanel File Manager.
Selain ketiga hal tersebut, masih ada penyebab lainnya yang mungkin belum bisa diketahui. Jika ke tiga penyebab tersebut bukan alasannya, kalian bisa mencoba cara menghapus file yang tidak bisa dihapus berikut ini.

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa di Hapus Pada Windows

Ada berbagai macam cara untuk menghapus file yang tidak dapat dihapus pada windows atau PC kalian. Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus berikut bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun dengan cara manual. Kalian bisa mencobanya dengan cara manual terlebih dahulu, apabila tidak bisa kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu kalian menghapus file tersebut. Beberapa cara yang bisa kalian lakukan yaitu:

1. Menghentikan Program yang Sedang Running
Untuk menghapus file yang sedang digunakan, tentu kalian harus menghentikan program yang sedang running agar file bisa dihapus. Ikuti cara berikut ini :
• Masuk ke Task Manager
• Tekan Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan
• Lalu muncul program yang hendak diberhentikan
• Klik “End Task”
• Kembali pada file yang ingin dihapus, lalu klik “delete”

Baca Juga  Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI? Emang Bisa Ya?

2. Mengganti User Akun Laptop
Jika belum berhasil menggunakan cara yang pertama kalian bisa mencoba untuk mengganti user akun laptop. Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu logout dari user akun laptop lalu login lagi pada user account administrator. Dengan melakukan cara ini, maka proses untuk menghapus file pun akan lebih mudah untuk dilakukan secara normal.

3. Menggunakan Software Unlocker
Apabila file tidak bisa dihapus, maka cara menghapus file yang tidak bisa dihapus lainnya yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah Unlocker. Kalian tidak perlu khawatir file akan sulit dihapus, sebab software ini sudah diklaim sangat ampuh untuk menghapus file yang membandel. Untuk menggunakan software Unlocker, ikuti cara berikut ini:
• Download dan Install Unlocker
• Setelah di Instal klik next untuk proses selanjutnya
• Lalu pilih Direktori Penyimpanan dengan klik “browse”, Apabila ingin menggunakan pengaturan default cukup klik “next” lagi
• Pilih tombol Install untuk memasang software Unlocker pada PC
• Setelah proses install selesai klik “Finish”
• Buka aplikasi Unlocker yang sudah terinstall
• Pilih direktori tempat file itu berada. Lalu klik “OK”
• Jika Unlocker sudah terbuka, klik opsi “Delete” pada tombol dropdown yang tersedia. Lalu klik “OK” sekali lagi.
• Proses menghapus pun akan selesai dan akan muncul jendela bertulisan “The object was deleted”
• Jika sudah selesai, klik “OK” untuk menutup jendela Unlocker.

4. Menggunakan CMD
Selain menggunakan software pihak ketiga, kalian juga bisa menggunakan program bawaan windows yaitu Command Prompt (CMD). Program ini bisa kalian jadikan sebagai alternatif, apabila belum berhasil menghapus file menggunakan software Unlocker. Penggunaan software CMD ini sangat cocok digunakan bagi kalian yang malas menginstall software tambahan. Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus menggunakan CMD yaitu:
• Cari program CMD pada PC kalian
• Kalian bisa mencarinya dengan gunakan shortcut Windows + R lalu ketik “CMD” dan tekan Enter.
• Mengubah direktori di CMD sesuai dengan tempat file yang akan dihapus berada
• Caranya cukup ketikan direktori tempat file yang ingin dihapus, contohnya “D:” lalu klik Enter
• Lalu buka folder tempat file yang ingin dihapus, dengan cara mengetikkan perintah CMD. Contoh : “cdDocument” Lalu tekan Enter
• Jika sudah, tinggal hapus file dengan mengetik perintah CMD dengan cara ketik “delnama file” lalu tekan Enter
• Untuk memastikan kalian bisa mengecek pada folder tempat file itu berada. Jika berhasil maka file itu sudah terhapus

Baca Juga  Apa Itu Netizen dan Apa Saja Peran Mereka?

Nah itu dia beberapa cara menghapus file yang tidak bisa dihapus pada windows atau PC. Kalian bebas bisa menggunakan cara yang mana saja, apabila belum berhasil jangan menyerah dan cobalah cara yang lainnya.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply