ciri khas negara jerman

Ciri Khas Negara Jerman Yang Tercermin di Kehidupan Warganya

Ciri Khas Negara Jerman – Kalau kamu pendatang baru atau suatu saat ingin tinggal di Jerman, penting untuk mengetahui ciri khas negara Jerman. Memahami hal ini akan membantu adaptasi ke dalam lingkungan yang baru. Nah untuk lebih mengenal Jerman, berikut ini beberapa ciri khas negara Jerman yang tercermin dari kepribadian warganya.

ciri khas negara jerman

1.Efisien dan disiplin

Jerman terkenal sebagai bangsa pekerja keras, disiplin, dan efisien. Mereka berpikir praktis dalam mencari solusi untuk memecahkan setiap masalah. Karena itu, banyak penemuan yang dibuat olah orang-orang Jerman. Orang Jerman banyak melakukan inovasi, misalnya saja dalam bidang otomotif, pesawat terbang, telekomunikasi, dll.

Mereka selalu ingin mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah sampai hal yang detail dan tidak menyerah untuk menemukan solusi.

2.Tepat waktu

Ciri khas negara Jerman yang harus kita tiru adalah budaya tepat waktu. Walaupun tidak semua, tapi kebanyakan orang Jerman sangat tepat wakt. Kecuali memang ada halangan seperti kemacetan lalu lintas, kereta terlambat, atau terjadi sesuatu.

Jika kamu sudah janjian dengan orang Jerman, lebih baik kamu sudah sampai paling tidak 5 menit sebelum waktu yang ditentukan. Karena kebanyakan orang Jerman akan tersinggung ketika ada orang yang terlambat.

3.Menghargai tradisi

Tradisi penting bagi orang Jerman dan mereka sangat memegang teguh tradisi. Ini bisa berupa pameran tahunan yang diadakan oleh penduduk suatu kota atau pertemuan bulanan dengan para tetangga.

Mereka tidak mudah bergeser dari tradisi, bahkan pada hal yang bersifat pribadi. Jika ada orang Jerman mengendarai mobil Mercedes, maka ia akan loyal pada mercedes sepanjang hidupnya dan melekat terus pada merek tersebut.

Baca Juga  Fakta dan Budaya Jerman Yang Wajib Kamu Ketahui

4.Rasa humor

Orang Jerman terkenal dengan disiplin dan keseriusan dalam mengerjakan sesuatu. Tapi apakah mereka memiliki selera humor? Ya, mereka bukanlah orang kaku yang tanpa humor seperti yang dibayangkan banyak orang. Tapi mereka punya selera humor yang berbeda.

Mereka tidak suka humor yang konyol, lucu, dan terlihat bodoh. Orang Jerman menghargai humor yang lebih ironis, cerdas, dan sinis. Selain itu, mereka juga suka humor karena bahasa yang ambigu, atau semacam “plesetan” di Indonesia

5.Karya seni

Seni Jerman telah ada sejak dulu dan mempengaruhi kesenian Eropa secara keseluruhan. Jerman telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi musik klasik. Beberapa komposer Jerman dan Austria yang terkenal diantaranya

Johann Sebastian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig van Beethoven, Johannes Brahms, Richard Wagner dan Gustav Mahler yang karya-karyanya masih hidup hingga hari ini.

Jerman juga memiliki tradisi kuat dalam arsitektur. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya bangunan tua istana, kastil, katedral, dan monumen yang tersebar di berbagai kota. Bahkan banyak arsitektur zaman pra-romawi yang masih bertahan diantaranya Gereja Biara Saint Michael’s yang dibangun pada awal abad ke-10.

Contoh seni klasik lainnya yang terkenal adalah Gerbang Brandenburg, bekas gerbang kota yang sekarang digunakan untuk melambangkan persatuan Berlin.

 

ciri khas negara jerman

 

6.Terencana dengan baik

Ciri khas Jerman lainnya adalah mereka suka merencanakan sesuatu. Mereka membuat perencanaan, dan tetap teguh pada rencana tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga biasa punya rencana alternatif seandainya rencana utama tidak bisa terlaksana.

Ini berhubungan juga dengan fakta bahwa Jerman adalah negara yang teratur dalam semua aspek kehidupan. Jerman selalu berusaha agar semuanya rapi dan terencana dengan baik.

7.Budaya bisnis

Perencanaan yang baik juga merembet ke dunia bisnis. Semuanya direncanakan dan diputuskan dengan hati-hati. Dalam budaya bisnis Jerman, jarang terjadi perubahan terjadi setelah perjanjian dibuat. Selain itu, orang Jerman memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap para Insinyur.

Makanya perusahaan di Jerman cenderung dipimpin oleh seorang ahli teknis daripada orang yang berlatang belakang keuangan, manajemen, hukum, atau lainnya.

Pekerja Jerman di semua level juga memiliki standar kompetensi sangat tinggi. Mereka cenderung menghargai kompetensi daripada keterampilan interpersonal. Komunikasi dengan rekan kerja bersifat langsung dan tidak selalu diplomatis.

Baca Juga  Wujudkan Mimpi Kuliah Luar Negeri Melalui Beasiswa di Jerman

Terakhir, bagi siapapun yang mau pindah ke Jerman, ketahuilah tidak ada tempat untuk orang yang bersikap abu-abu. Orang Jerman akan merasa nyaman dengan orang yang bisa bersikap dengan jelas.

Bagi beberapa orang, situasi ini terasa seperti agak membatasi. Tapi dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, kita harus bisa menyesuaikan dengan situasi dan tradisi yang ada.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang Jerman serta peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan buat kamu yang ingin tinggal di Jerman, hubungi Virtu Education di nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau kunjungi www.virtueducation.org berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

Baca Juga  Mengenali Aupair World Jerman Dan Persyaratannya

(Visited 285 times, 1 visits today)
Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *