CPNS untuk Lulusan SMA

Lowongan CPNS untuk Lulusan SMA dan SMK yang Bisa Kamu Ikuti

CPNS untuk Lulusan SMA – Bila kamu adalah lulusan SMA dan bercita-cita untuk mengabdi pada negara sebagai Pengawai Negeri Sipil maka mimpimu bisa menjadi nyata. Karena saat ini beberapa kementerian membuka lowongan formasi CPNS 2019 untuk lulusan SMA atau sederajat seperti SMK. Setidaknya ada delapan instansi pemerintah pusat yang membutuhkan CPNS untuk lulusan SMA atau sederajat untuk berbagai bidang. Tentu kesempatan ini akan diminati banyak orang dengan persaingan yang ketat karena jumlah CPNS SMA yang tentunya juga terbatas. Namun, ada juga yang membuka sampai ribuan kok.

Adapun delapan instansi yang menerima formasi CPNS untuk SMA adalah, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kejaksaan, Kementerian Perhubungan, dan terakhir Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga : Perbedaan Universitas dan Institut

Lantas, seperti apa syarat dan proses penerimaan formasi CPNS untuk lulusan SMA atau SMK sederajat pada tahun 2019? Simak penjelasan berikut ya!

1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Dibandingkan dengan kementerian dan instansi pusat lainya, Kemenkumham jelas membuka formasi CPNS untuk SMA yang paling banyak pada tahun 2019. Totalnya sampai dengan 3.532 formasi untuk SMA/SMK/sederajat.

• Sipir atau Penjaga Tahanan – Adapun dari jumlah tersebut, sebanyak 2.875 ialah untuk mengisi posisi penjaga tahanan. Nah dari total

2.875, ada alokasi khusus untuk putra/putri asal Papua maupun Papua barat sebanyak 101 formasi. Sementara sisanya 2.774 dialokasikan untuk umum lulusan SMA dan sederajat. Nantinya 2.875 posisi penjaga tahanan tersebut akan disebar ke 33 kantor wilayah. Untuk penyebarannya nanti akan disesuaikan kembali ya.

• Pemeriksa Keimigrasian – Selain penjaga tahanan, Kemenkumham juga membuka formasi jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana atau Pemula sebagai bagian penerimaan CPNS untuk lulusan SMA pada tahun 2019. Jumlah formasi yang tersedia pada jabatan tersebut sebanyak 657 formasi. Dengan alokasi 69 untuk putra atau putri Papua dan Papua barat, sisanya untuk umum.

2. Kementerian Keuangan

Dari total 202 formasi yang dibuka untuk seluruh lulusa, jumlah yang dibuka oleh Kementerian Keungan untuk formasi CPNS untuk lulusan SMA atau SMK sederajat tidaklah banyak. Itupun hanya SMK Pelayaran Teknika dan Nautika dan hanya 2 posisi saja untuk 8 formasi

• Juru Minyak di Direktorat Jenderal Bea dan Cuka – Formasi yang dibutuhkan untuk posisi ini hanyalah sebanyak 4 formasi dari SMK Pelayaran Teknika.

• Juru Mudi di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai – Formasi yang dibutuhkan untuk posisi ini juga sama, yaitu hanyalah sebanyak 4 formasi dari SMK Pelayaran Nautika.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome

3. Kementerian Pertanian

Mayoritas dari posisi yang dibutuhkan Kementan adalah dari lulusan S1, namun ada beberapa jabatan atau posisi yang tersedia untuk lulusan SMK khusunya. Berikut rincian posisi yang bisa dilamar pada formasi CPNS 2019 untuk SMK.

• Jabatan fungsional pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan – Jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 26 formasi.

• Pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner – Jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 9 formasi.

• Pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman — Jumlah formasi yang dibutuhkan sejumlah 2 formasi.

• Pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan – Jumlah formasi yang dibutuhkan sejumlah 5 formasi.

• Pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan – Jumlah formasi yang dibutuhkan hanyalah 1 formasi.

4. Badan Intelijen Negara (BIN)

Meskipun hanya ada 1 posisi, formasi yang dibutuhkan pada instansi BIN juga cukup banyak.

• Pranata Komputer Pelaksana Pemula – Jumlah total yang dibutuhkan untuk posisi ini sebanyak 200 formasi. Unit penempatan yang tersedia juga mencangkup beberapa wilayah. Lebih lengkapnya bisa mengunjungi http://www.bin.go.id/karir.

CPNS untuk Lulusan SMA

5. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Memang tidak ada formasi CPNS untuk lulusan SMA di KLHK, namun tetap tersedia untuk lulusan SMK. Berikut adalah posisi yang tersedia.

• Pelaksana Pemula/Pemula Polisi Kehutanan – Tersedia sebanyak 80 formasi untuk lulusan SMK Kehutanan yang akan ditempa di berbagai Balai Konservasi SUmber daya Alam dan Taman Nasional. Untu lengkapnya bisa mengunjungi http://ropeg.menlhk.go.id/CPNS2019/index.html.

6. Kejaksaan

• Pengawal Tahanan/ Narapidana – Formasi ini membuka totoal 1.000 formasi dengan alokasi 2 orang untuk putra atau putri Papua dan Papua Barat, sisa 998 dibuka untuk umum.

7. Pengemudi Pengawal Tahanan – Sama seperti diatas, formasi ini membuka totoal 1.000 formasi dengan alokasi 2 orang untuk putra atau

putri Papua dan Papua Barat, sisa 998 dibuka untuk umum

8. Kementerian Perhubungan

Posisi atau jabatan yang dibutuhkan oleh Kemenhub cukup beragam pada formasi CPNS untuk lulusan SMA dan SMK tahun 2019. Adapun formasi untuk lulusan SMK sebagai berikut.

• PELAKSANA PEMULA/ PEMULA-PENGUJI KENDARAAN BERMOTOR – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SMK Teknik Otomotif

• JENANG KAPAL – Posisi ini membutuhkan 4 formasi dari SMK PELAYARAN + BST atau SMK PERKAPALAN + BST

• JENANG KAPAL KELAS III – Posisi ini membutuhkan 6 formasi dari SMK PELAYARAN + BST atau SMK PERKAPALAN + BST

• KELASI – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SMK PELAYARAN + BST atau SMK NAUTIKA + BST

Baca Juga  Apa Itu Desain Grafis dan Bagaimana Mempelajarinya?

• KELASI KAPAL KELAS IV – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SMK PELAYARAN + BST atau SMK PERKAPALAN + BST

• KEPALA KAMAR MESIN – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SMA SEDERAJAT + ATT V atau SMK PELAYARAN + ATT V

• KEPALA KAMAR MESIN KAPAL KELAS V – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SMK PELAYARAN + ATT V

• KERANI KAPAL KELAS III – Posisi ini membutuhkan 3 formasi dari SMK PELAYARAN + BST atau SMK PERKAPALAN + BST

• KONSTABEL KAPAL KELAS III – Posisi ini membutuhkan 5 formasi dari SMK PELAYARAN + BST atau SMK PERKAPALAN + BST

• MANDOR MESIN KAPAL KELAS III – Posisi ini membutuhkan 2 formasi dari SMK PELAYARAN + ATT V

• OPERATOR MESIN – Posisi ini membutuhkan 5 formasi dari SMK PELAYARAN + ATT V 5

• TENAGA SAR KAPAL KELAS III – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SMK PELAYARAN + BST

Lalu untuk posisi dan formasi lulusan SMA adalah sebagai berikut.

• JURU MUDI – Posisi ini membutuhkan 9 formasi dari SLTA SEDERAJAT + SERTIFIKAT BST 3 KELASI SLTA SEDERAJAT + BST.

• KELASI KAPAL KELAS V – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SLTA SEDERAJAT + BST 1

• KEPALA KAMAR MESIN – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SLTA SEDERAJAT + ATT V atau SMK PELAYARAN + ATT V

• MASINIS KAPAL – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SLTA SEDERAJAT + ATT V 1

• MUALIM I KAPAL KELAS III – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SLTA SEDERAJAT + ANT IV

• PEMERIKSA PELUMAS MESIN KAPAL KELAS III – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SLTA/SMA SEDERAJAT + BST

• PENGEMUDI KAPAL KELAS III – Posisi ini membutuhkan 3 formasi dari SLTA SEDERAJAT + SERTIFIKAT BST

• PENERBANG – Posisi ini membutuhkan 1 formasi dari SLTA SEDERAJAT + CPL IR + GIC + FIC

• PETUGAS APRON MOVEMENT CONTROL (AMC) – Posisi ini membutuhkan 9 formasi dari SLTA SEDERAJAT + SERTIFIKAT BAHASA INGGRIS/KOMPUTER

• PETUGAS AVIATION SECURITY (AVSEC) – Posisi ini membutuhkan 17 formasi dari SLTA SEDERAJAT + SERTIFIKAT BAHASA INGGRIS/KOMPUTER

• PETUGAS PERTOLONGAN KECELAKAAN PENERBANGAN DAN PEMADAM KEBAKARAN (PKP-PK) – Posisi ini membutuhkan 10 formasi dari SLTA SEDERAJAT + SERTIFIKAT BAHASA INGGRIS/KOMPUTER

9. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud juga tidak ketinggalan untuk membuka formasi CPNS untuk SMA dan SMK sederajat. Jumlah tidak terlalu banyak namun bisa kamu coba. Berikut posisi untuk SMK.

• Teknisi Pemetaan dan Penggambaran – adapun wilayah Penempatan untuk formasi yaitu, UPT Kemendikbud wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Masing-masing dari UPT tersedia 1 formasi untuk umum dengan syarat SMK jurusan SMK Teknologi dan Rekayasa.

Baca Juga  7 Aplikasi Foto Edit Terbaik 2019 Untuk Smartphone

• Teknisi Laboratorium – Ada beberapa wilayah penempatan untuk posisi ini yaitu, UPT Kemendikbud Wilayah Jawa Timur dan Wilayah Sumatera Selatan. Masing-masing dari UPT tersedia 1 formasi untuk umum dengan syarat SMK jurusan Teknik Kimia.
Selain itu ada posisi yang dibuka untuk SMA atau SMK jurusan Akuntansi dan Administrasi Perkantoran.

• Pengadministrasi Keuangan – Ada beberapa wilayah penempatan untuk posisi ini yakni, UPT Kemendikbud Wilayah Bengkulu, Wilayah Riau, dan Wilayah Kepulauan Bangka Belitung. Masing-masing dari UPT tersedia 1 formasi untuk umum.

Syarat Umum CPNS untuk SMA atau SMK Sederajat

1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI / POLRI, Pegawai BUMN / BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.

8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)

9. Tidak bertato / bekas tato dan tindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat (wanita)* dan tidak bertato / bekas tato dan tindik / bekas tindik anggota badan lainnya yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat (pria)*.

10. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Demikian adalah formasi CPNS untuk lulusan SMA yang bisa kalian ikuti. Perhatikan kembali syarat dan posisi yang dibutuhkan agar bisa dengan mudah lolos seleksi berkas. Jangan ragu apabila memiliki pertanyaan, karena bisa langsung menghubungi contact center yang tersedia di laman sscn.bkn.go.id.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *