Berapa GMAT Scores yang Diperlukan untuk Masuk ke Sekolah Business?

GMAT Scores – GMAT singkatan dari General Management Admisssion Test. GMAT merupakan tes terstandarisasi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan calon mahasiswa yang ingin mendaftar program Master of Business Administration (MBA).

“Berapa sih skor yang bagus untuk GMAT?” Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh para pelamar yang akan mengikuti tes GMAT. Untuk dapat masuk ke sekolah bisnis yang kamu minati, tentunya kamu harus mengetahui GMAT score yang kamu perlukan.

GMAT scores ada 2 yaitu skor AWA (Analytical Writing Assessment) serta skor bagian verbal dan quantitative. Umumnya skor GMAT yang ditanyakan orang – orang adalah skor gabungan antara verbal dan quantitative.

Skor verbal dan quantitative ini berada pada rentang 200 – 800. GMAT scores maksimum untuk bagian verbal dan quantitative adalah 800. Sedangkan skor AWA terpisah dari skor verbal dan quantitative. Skor AWA berada pada rentang 0 – 6, dengan nilai 6 sebagai nilai tertinggi.

GMAT scores berlaku selama 5 tahun. Skor rata – rata untuk peserta GMAT selama beberapa tahun terakhir sekitar 500-an. Nah, jika kamu mendapatkan skor di atas 600, GMAT scores yang kamu dapatkan lebih baik daripada mayoritas orang – orang yang mengambil tes GMAT. Jika GMAT score kamu di atas 650, skor kamu ini cukup tinggi untuk masuk ke sekolah – sekolah bisnis.

Namun, tiap sekolah bisnis tentunya meminta skor GMAT yang berbeda – beda, semakin bagus dan top sekolah tersebut maka standar skor yang diminta pastinya juga lebih tinggi. Itu sebabnya tiap orang memiliki target skor GMAT yang berbeda pula.

Jika kamu menargetkan ingin masuk ke sekolah bisnis top seperti Harvard Graduate School of Business, The Wharton School of The University of Pennsylvania, Columbia Business School, Stanford Business School dan lainnya, maka kamu perlu mendapatkan nilai GMAT yang tinggi. Untuk bisa bersaing mendaftar program di 10 sekolah bisnis terbaik di Amerika atau negara lainnya, kamu membutuhkan skor setidaknya 715.

Baca Juga  Membedakan Soal GRE VS GMAT dalam Verbal Section

Walaupun ada beberapa pelamar yang diterima dengan skor dibawah itu, namun jika skor yang kamu miliki lebih tinggi dibandingkan pelamar lainnya maka kesempatan kamu tentunya lebih besar. Preferensi GMAT scores tiap – tiap sekolah bisnis dapat berubah dari tahun ke tahun.

Kamu dapat mengetahui peringkat sekolah bisnis terbaik dari US News & World Report setiap tahunnya. Rata – rata skor GMAT untuk siswa di Universitas Harvard dan Universitas Chicago yaitu 731 dan 730. GMAT scores sekolah bisnis lainnya bisa berada di atas ataupun di bawah angka itu. Selain memperhatikan GMAT scores, untuk dapat masuk ke sekolah bisnis di luar negeri kamu juga perlu memperhatikan aspek lainnya.

Diterima atau tidaknya kamu di sekolah bisnis yang kamu minati tergantung dari aplikasi kamu untuk memenuhi persyaratan yang diminta seperti motivation letter, recomendation letter, wawancara, esai, dan persyaratan lain yang harus kamu penuhi.

(Visited 107 times, 1 visits today)

Leave a Reply