Agar Mendapat GMAT Scores Tinggi, Kenali Apa Itu Tes GMAT

GMAT Scores- Tes GMAT (Graduate Magement Admission Test) tes berbasis komputer dalam bahasa Inggris yang wajib diikuti bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan pascasarjana di luar negeri. Tes ini juga membantu universitas di Amerika Serikat mengevaluasi kemampuan akademis peserta program pascasarjana bidang bisnis maupun bidang studi lainnya.

Baca Juga  Tips Dapatkan Score Tinggi Pada GMAT Test Jakarta

Jadi, tes GMAT bisa dikatakan merupakan langkah pertama bagi seseorang yang mau masuk ke sekolah bisnis ternama di luar negeri. Hal ini karena diterima atau tidaknya di sekolah pascasarjana favorit sangat ditentukan pada hasil tes GMAT.

Bagaimana Tes GMAT dilakukan?

Tes GMAT terbagi menjadi 4 bagian tes utama, yaitu tes kuantitatif (quantitative), verbal, menulis analisis (analytical writing assesment), serta penalaran terintegrasi (integrated reasoning)

1.Quantitative

Sesi tes kuantitatif akan menguji penalaran serta kemampuan memecahkan masalah. Bagian ini berisi tes pengetahuan dasar matematika seperti aljabar, geometri, aritmatika, deret, maupun statistika. Buat kamu yang suka pelajaran matematika, tes kuantitative ini pasti menyenangkan.

2.Verbal

Bagian verbal terdiri dari 41 soal pilihan ganda yang harus diselesaikan dalam waktu 75 menit. Sesi verbal tes verbal ini terdiri dari tiga jenis pertanyaan, yaitu reading comprehension, critical reasoning, dan sentence correction. Pada sentence correction, kamu diharuskan mampu mengkoreksi kalimat serta mengemukakan makna kalimat dengan cara yang efisien.

Sedangkan tes reading comprehension akan menguji kemampuan memahami isi dari teks dan memadukan dengan pengetahuan yang dimiliki. Jika kamu sudah memiliki kemampuan vocabulary yang baik, reading comprehension akan dilewati dengan mulus.

Adapun tes critical reasoning akan menguji kemampuanmu dalam memberikan argumen serta kemampuan logika. Agar dapat melawati tes ini, dibutuhkan kemampuan logika yang kuat, baik deduktif dan induktif.

Baca Juga  GMAT Adalah Standart Internasional Untuk Raih Gelar MBA

3.Analytical writing assesment

Bagian analytical writing akan menguji kemampuan menganalisa dan mengungkapkannya lewat tulisan. Peserta tes diharuskan membuat satu essai besertta analisanya dalam waktu 30 menit.

Bagian ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan logika dan daya analisa. Agar terbiasa dengan tes ini, kamu bisa berlatih pemecahan masalah dalam studi kasus bidang bisnis dan manajemen.

4.Integrated reasoning

Integrated reasoning terdiri dari 12 jenis pertanyaan dan harus diselesaikan dalam waktu 30 menit. Tes ini dirancang untuk menguji kemampuan analisa dan menginterpretasikan data dalam rangka memecahkan masalah.

GMAT Scores

Tes GMAT berbeda dengan tes masuk perguruan tinggi di Indonesia. Soal yang dijawab benar akan diikuti dengan soal lanjutan yang lebih sulit, sebaliknya soal yang dijawab salah maka soal selanjutnya akan lebih mudah. Hal ini membuat peserta menjawab semua soal yang ada.

Baca Juga  Agar Mendapat GMAT Scores Tinggi, Kenali Apa Itu Tes GMAT

Hasil GMAT scores sangat ditentukan hasil tes kuantitatif dan verbal, karena memang dua sesi tes tersebut memiliki kontribusi terbesar terhadap total GMAT scores. GMAT score berkisar antara 200-800 dan nilai rata-rata saat ini adalah 556.

Setelah mengikuti tes GMAT, maka peserta akan mendapatkan total nilai dan nilai dari masing-masing 4 bagian tes di atas. Tapi bagi sekolah bisnis, GMAT scores yang paling penting adalah total nilai, verbal, dan kuantitatif.

Kunci mendapatkan GMAT score yang tinggi adalah latihan soal-soal. Kamu bisa mendapatkan variasi latihan soal di buku-buku kumpulann soal.

Baca Juga  Lanjutkan Program Magister Manajemen Amerika Pahami Dulu Apa Itu GMAT

Selain latihan soal-soal dari buku, kamu juga bisa mengambil kursus GMAT preparation. Nah, bagi kamu yang lagi nyari lembaga les GMAT preparation terbaik di Jakarta kamu bisa menjadikan di Westwoodprep sebagai pilihan terbaikmu.

Di Westwoodprep berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan, kamu akan mendapatkan bimbingan dari native speaker berpengalaman, sehingga akan membantu meningkatkan skor GMAT kamu. Untuk informasi lengkapnya, klik baner di bawah ini

(Visited 249 times, 1 visits today)

Leave a Reply