gre vs gmat

Membedakan Soal GRE VS GMAT dalam Verbal Section

GRE VS GMAT – Lebih dari 1.200 program master kini menerima skor yang berasal dari tes GMAT atau GRE untuk sekolah bisnis atau jurusan lainnya.

Sebelum kamu memilih manakah tes yang akan diambil lakukan riset pada sekolah yang kamu minati dan temukan apakah mereka menerima hasil tes dari GRE atau GMAT. Coba bandingkan antara kedua jenis tes tersebut mulai dari struktur soalnya.

Baca Juga  Agar Mendapat GMAT Scores Tinggi, Kenali Apa Itu Tes GMAT

Apa sebenarnya yang membedakan antara kedua tes tersebut dan apakah sekolah khusus bisnis hanya mengkhususkan untuk mengambil salah satu diantaranya? Manakah yang lebih mudah untuk diambil?

Mulai dari jenis soal, struktur soal, biaya tes hingga hasil tes sangat berbeda. GRE adalah Graduate Record Examination sedangan GMAT adalah The Graduate Management Admission Test.

Melihat dari pengertiannya sekolah bisnis kebanyakan memiliki syarat untuk menempuh tes GMAT sedangkan untuk jurusan lain bisa menggunakan GRE.

 

gre vs gmat

Perbedaan antara GMAT vs GRE dari Soal Verbal Section

Membedakan antara kedua jenis tes GRE vs GMAT ini paling mudah adalah melalui jenis soal. Keduanya memiliki tingkatan yang berbeda. Soal hitungan yang diberikan pada tes GMAT akan lebih sulit dibandingkan dengan soal pada tes GRE. Namun sebaliknya soal bahasa dalam tes GRE akan lebih sulit dibandingkan dengan tes GMAT.

Adapun beberapa jenis soal verbal section yang membedakan antara tes GMAT vs GRE adalah sebagai berikut ini:

1. Soal kalimat (sentence correction/ sentence equivalence)

Pada tes GRE dalam soal kalimat yang termasuk dalam verbal section, bentuk soalnya adalah sebuah kalimat dengan satu bagian yang kosong dengan 6 pilihan jawaban. Soal ini akan berhubungan dengan arti dari kata, kalimat yang saling berhubungan dan kosep. (sentence equivalence)

Masih dalam verbal section, dalam tes GMAT pertanyaan adalah dalam bentuk kalimat. Salah satu bagian dalam kalimat akan digarisbawahi dan kamu harus memilih salah satu dari 5 pilihan jawaban yang merupakan kata yang tepat. (sentence correction)

gre vs gmat

2. Soal Bacaan

Pada tes GRE soal bacaan akan lebih rumit, banyak data atau grafik yang harus dibaca dalam sebuah paragraf. Di sini kamu akan dites mengenai kesimpulan dan alasan dari grafik atau data yang tidak lengkap dengan banyak arti seperti literatur dan penulis. Ada lima jawaban yang bisa kamu pilih salah satunya.

Soal bacaan dalam tes GMAT lebih mudah, kamu hanya perlu menganalisis dengan baik kesimpulan dari bacaan. Kebanyakan pertanyaan akan menanyakan tentang kesimpulan dan isi konten dalam bacaan tersebut.

Baca Juga  Lanjutkan Program Magister Manajemen Amerika Pahami Dulu Apa Itu GMAT

3. Text Completion/ Critical Reasoning

Pada tes GRE soal verbal section yang terakhir adalah text competion. Dalam tes ini kamu akan diuji tentang kemampuan menginterpretasikan sebuah informasi yang penting.

Pertanyaan akan berbentuk sebuah paragraf dengan jumlah 1 hingga 5 kalimat dan beberapa bagian yang kosong. Kamu harus memilih jawaban yang benar dari lima pilihan jawaban.

Pada tes GMAT bagian akhir ini disebut dengan critical reasoning yang akan menganalisa informasi di mana pertanyaannya berdasarkan tentang memilih jawaban yang benar. Bagian ini cukup mudah dibandingkan dengan pertanyaan pada tes GRE.

Baca Juga  Persiapanan Apa Saja Sih Yang Perlu Untuk GRE Test Jakarta?

Melihat perbedaan GRE vs GMAT dari satu bagian soal saja sudah terlihat manakah yang memiliki tingkat tes yang berat. Hasil nilai yang diberikan juga berbeda, pada tes GRE format nilai yang didapatkan adalah 130 hingga 170 yang merupakan angka tertinggi. Sedangkan tes GMAT mengambil angka 200-800.

(Visited 82 times, 1 visits today)
Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *