Nama Hari Dalam Bahasa Inggris dan Cara Pelafalannya

Hari Dalam Bahasa Inggris – Nama hari dalam bahasa Inggris? Bukankah topik ini hanya cocok untuk anak TK atau SD? Benar banget, hampir semua orang sudah hapal nama hari dalam bahasa Inggris. Karena memang kita sudah mempelajari sejak kecil dan sering menggunakan dalam sehari-hari.

Tapi tidak salah kan kalau kami berbagi tulisan dengan topik ini? Karena mungkin masih ada yang belum hapal dan tiba-tiba saja sang anak bertanya nama hari bahasa Inggris. Selain itu, siapa tahu ada untold story yang banyak orang belum mengetahuinya.

The days in a week

•Sunday – minggu

Dari namanya saja sudah ketahuan kan kalau Sunday berasal dari dua kata, yaitu “sun” (matahari) dan “day” (hari). Secara bahasa, Sunday kira-kira berarti “harinya matahari”. Sunday atau hari minggu menjadi hari yang ditunggu-tunggu banyak orang, karena umumnya Sunday menjadi hari libur di sebagian besar negara di dunia.

Lalu bagaimana pengucapan nama hari yang biasa disingkat “SUN” ini? Pengucapan Sunday yang benar adalah “sandei”. San- diucapkan sebagaimana pada kata “santun”, sedangkan -de diucapkan seperti pada kata “ide”.

•Monday – senin

Hari apa yang tidak disukai banyak orang? Sebagian orang tidak terlalu suka dengan hari senin. Setelah bersantai di weekend, tiba saatnya memulai hari pertama kerja atau kuliah di hari senin. Karena identik dengan hari yang ditakuti, sampai-sampai di barat ada istilah “I hate Monday”.

Monday atau hari senin sendiri berasal dari kata “moon’s day” atau “mondandaeg” yang dalam bahasa Anglo-Saxon (bahasa Inggris kuno) berarti “harinya bulan”.

Sedangkan pengucapan yang tepat untuk Monday adalah “mandei” dengan “man-” dilafalkan seperti pada kata “mantu”. Dan “-de” diucapkan sama seperti sebelumnya, yaitu seperti pengucapan pada kata “ide”.

Baca Juga  Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak-Anak

•Tuesday – selasa

Pernahkan kalian mendengar istilah “Super Tuesday”? Istilah ini digunakan di hari pemilu Amerika yang biasanya diadakan di hari Tuesday atau selasa.

Mesipun kita sering menganggap Tuesday sebagai hari kedua, tapi sebenarnya Tuesday merupakan hari ketiga dalam seminggu. Pengucapan yang benar Tuesday adalah “t(y)uzdei” dengan huruf “y” dibaca tipis atau samar. Tapi kalaupun kesulitan, cukup mengucapkan “tusdei”. Penutur asli tetap mengerti maksud kalian.

•Wednesday – rabu

Wednesday atau hari rabu menjadi hari pertengahan dalam seminggu. Biasanya orang barat menyingkat Wednesday dengan sebutan “WED”. Cara pengucapan paling pas untuk Wednesday adalah “wenzdei” dengan huruf “e” pada “wenz” diucapkan seperti huruf “e” pada “sedan” atau “meja”.

•Thursday – kamis

Dalam bahasa Slavic dan China, Thursday atau kamis menjadi hari keempat. Sedangkan mayoritas negara di dunia menganggap Thursday sebagai hari kelima. Pengucapan Thursday bisa dibagi ke dalam dua suku kata, yaitu “thərz” dan “dei”.

Yang harus diperhatikan dalam pengucapannya, huruf “ə” pada “thərz” diucapkan dibaca seperti huruf “e” pada “emak” atau “benar” dan “r” dibaca samar. Sedangkan huruf “e” pada “dei” dibaca sama seperti sebelumnya, yaitu sebagaimana mengucapkan “e” pada “ide” atau “onde-onde”

•Friday – jumat

Hari Friday atau jumat menjadi hari favorit sebagian besar pekerja di seluruh dunia, karena Friday menjadi hari terakhir kerja sebelum weekend. Bahkan di Arab Saudi, Friday menjadi hari libur seperti halnya hari minggu di Indonesia. Bagaimana pengucapannya? Friday dibaca “fraidei” dengan huruf “r” diucapkan secara samar.

•Saturday – sabtu

Di sebagian besar negara, Saturday atau hari sabtu dianggap sebagai hari terakhir dalam seminggu dan hari pertama dalam berakhir pekan. Walaupun menurut standar internasional ISO 8601, Saturday adalah hari keenam dalam seminggu. Yang unik, hari sabtu menjadi satu-satunya libur resmi mingguan di Nepal.

Baca Juga  Apa Itu Kata Benda Bahasa Inggris? Simak Contohnya Berikut

Pengucapan Saturday yang benar adalah “satərdei” dengan huruf “ə” pada “tər” dibaca seperti huruf “e” pada “emak” dan “r” dilafalkan samar.

Nah sekian dulu ya informasi terkait nama-nama hari dalam bahasa Inggris berserta cara pengucapannya. Sangat mudah kan? Mulai sekarang, jangan salah lagi menyebutkan nama hari dalam bahasa Inggris ya!!

(Visited 84 times, 1 visits today)

Leave a Reply