Review 8 Kamera Untuk Vlogger Terbaik

Kamera Untuk Vlogger – Saat ini banyak generasi milenia yang lebih berminat menjadi vlogger atau youtuber. Selain tidak terikat jam kerja dan menyenangkan, hasilnyapun juga lumayan. Tapi tahukah kalian kalau membuat video berkualitas tidak semudah yang dibayangkan lho.

Nah bagi kalian yang suka membuat video blog atau ingin menjadi vlogger, kamera menjadi penting dalam menghasilkan video berkualitas, bersih, tajam, dan nyaman ditonton. Dan kalau kalian ingin sedikit serius dalam membuat vlog, usahakan jangan hanya mengandalkan kamera pada smartphone.

Pemilihan kamerapun tidak bisa asal-asalan. Selain mempertimbangkan kamera berdasarkan budjet, jangan lupa juga memilih kamera berdasar spek dan fitur yang dimilikinya. Penting untuk memiliki kamera DSLR yang layarnya bisa diputar menghadap kita. Karena seorang vlogger biasanya melakukan proses syuting sendiri tanpa kru.

Pastikan juga kamera yang kalian pilih support untuk tetap autofocus. Jangan sampai kalian kecewa hanya karena kamera out of focus selama pengambilan video.

Tidak kalah penting juga untuk menilai kamera dari kualitas video yang dihasilkan. Setidaknya kamera tersebut mampu menghasilkan video FullHD atau bahkan sekualitas 4K.

Atau pertimbangkan juga apakah kalian memerlukan kamera yang dilengkapi koneksi Wifi, sehingga bisa langsung share video yang kalian rekam. Intinya, makin pintar kamera yang dimiliki, vlogger akan semakin mampu membuat video berkualitas secara mandiri.

Nah bagi kalian yang sedang mencari kamera untuk vlogger, ini dia daftar kamera yang kami rekomendasikan untuk menjadikan vlog kalian makin keren dan banyak viewernya.

  • Kamera smartphone

kamera HP 2

Meski secara umum kemampuan kamera smartphone masih dibawah kamera sungguhan, tapi saat ini ada beberapa smartphone yang kualitasnya makin baik dan cukup mumpuni digunakan untuk vlogging. Bahkan dengan kamera, kalian bisa ngevlog lebih praktis, tanpa kerepotan menenteng kamera.

Baca Juga  6 Aplikasi Edit Video Vlogger Terbaik Untuk HP Android

Dengan pertimbangan kualitas video yang dihasilkan, beberapa kamera yang recommended diantaranya Samsung Galaxy Note 8/S8, LG V30, iPhone 8/8 Plus, atau Huawei Mate 10 Pro. Smartphone tersebut mampu merekam video dengan kualitas 4K.

  • Canon PowerShot G7 X

PowerShot G7 X

PowerShot G7 X merupakan salah satu kamera untuk vlogger terlaris yang diproduksi pabrikan asal Jepang, Canon. Kamera ini memiliki fitur yang sangat canggih disertai desain yang cukup ringkas. Sangat cocok bagi kalian yang menginginkan model kamera saku yang bisa digunakan hanya dengan satu tangan.

Kamera seharga 6 juta-an mampu menghasilkan video dan foto berkualitas sangat baik, tajam, dan jernih. Karena memang dilengkapi dengan lensa beresolusi 20,2 Megapixel. Teknologi ZoomPlus yang ada pada PowerShot G7 X juga mampu memperbesar gambar menjadi 8,4 kali.

  1. Olympus Pen E-PL9

Olympus Pen E-PL9

Bagi kalian yang sering mengabadikan momen saat bepergian, kamera Olympus Pen E-PL9 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Dengan desain mungil, ringan, dan keren, kalian bisa membawanya dengan sangat praktis.

Olympus Pen E-PL9 hadir dengan berbagai fitur yang akan memudahkan kalian menghasilkan video maupun foto-foto artistik. Bagi para vlogger, kalian bisa merekam video dengan format 4K 30P. Kamera ini juga dilengkapi dengan teknologi autofocus contrast tect, fitur stabilizer, face detection, dan eye detection.

Kamera yang di pasaran dihargai sekitar 8,5 Juta Rupiah ini juga dilengkapi dengan bluetooth yang membuat kalian bisa langsung mengirim video ke smartphone dan segera dibagikan ke medsos.

  • Canon EOS M10

Canon EOS M10

Satu lagi produk Canon yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 2016, yaitu EOS M10. Kamera ini dirancang sebagai kamera saku yang praktis dan mudah digunakan dimana saja, kapan saja. Canon EOS M10 sangat recommended bagi kalian yang belum terlalu mahir nge-vlog tapi ingin menghasilkan video berkualitas tinggi.

Baca Juga  Cara Melacak HP Yang Hilang Dalam Keadaan Mati Lewat Google

Kamera Canon EOS M10 berbobot hanya 301 gram, sehingga sangat ringan dan nyaman digenggam satu tangan. Dengan harga yang lebih irit, dijual sekitar Rp 4,5 Juta, kalian akan mendapat kamera yang mampu menghasilkan video Full HD dengan frame rate 30 fps.

Suara yang dihasilkan juga sangat jernih. Intinya, Canon EOS M10 menjadi salah satu kamera handal bagi kalian yang ingin menjadi vlogger atau youtuber.

  • Panasonic Lumix DMC GF7

Panasonic Lumix DMC GF7

Seperti tidak mau kalah dengan pabrikan dari Jepang lainnya, Pansonic juga mengeluarkan Lumix DMC GF7 sebagai kamera untuk selfie dan nge-vlog. Lumix DMC GF7 dilengkapi dengan sensor CMOS 4/3 16 Megapixel yang mampu merekam video resolusi Full HD 60 frame per second.

Kamera yang pas untuk vlogger, karena Lumix DMC GF7 ternyata juga memiliki chip Wifi yang memungkinkan tersambung dengan smartphone dan kalian bisa segera membagikannya ke medsos.

  • Nikon 1 J5

Nikon 1 J5

Walaupun agak tertinggal dibanding kompetitor, akhirnya Nikon merilis Nikon 1 J5 sebagai kamera mirrorless dengan desain yang tidak kalah elegan. Selain bentuknya yang kompak dan simpel, Nikon 1 J5 memiliki LCD 3 inch yang mampu menghasilkan video tajam dan mirip dengan kondisi asli.

Dengan perkiraan harga di bawah Rp 5 Juta, kalian sudah bisa membuat rekaman video dengan resolusi Full HD 60 frame per second. Dengan frame per second yang tinggi, tidak heran kalau kamera ini mampu menghasilkan video yang sangat smooth. Untuk kamera di kelasnya, harga yang ditawarkan ini cukup murah.

  • Samsung NX3000

Samsung NX3000

Selain dikenal dengan produk elektronik rumah tangga maupun smartphone, Samsung ternyata juga mampu membuat kamera berteknologi tinggi. Salah satu yang terkenal adalah Samsung NX3000. Kamera ini memiliki LCD berdesain lebar yang memuaskan kalian saat membikin vlog atau berselfie ria.

Baca Juga  Studi Kasus : Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya

Seperti kamera canggih lainnya, Samsung NX3000 juga mampu menghasilkan video Full HD dengan 30 fps yang sangat jelas dan detail. Dengan format standar kompresi H.254, Samsung NX3000 memberikan jaminan durasi lebih lama dalam merekam video.

Dilengkapi dengan lensa 16-50mm Powerzoom, kalian bisa mengatur zooming yang lebih stabil. Ini akan membuat perekaman video lebih nyaman dan akhirnya menghasilkan video yang jernih dan lebih berkualitas.

  • Sony A5100

Sony A5100

Meski Sony A5100 telah dirilis sejak 2013 lalu, tapi kamera ini masih sangat laris dan masih banyak digunakan sampai sekarang. Sony A5100 manjadi salah satu kamera yang sangat cocok bagi pemula atau orang awam.

Dengan tampilan sederhana dan bobot sangat ringan, kalian masih bisa membuat vlog dengan kualitas gambar dan video yang sangat bagus. Kamera A5100 juga menggunakan sensor gambar APS-C 24 MP, processor Bionz X, serta AF Hybrid yang sangat mumpuni dalam merekam objek bergerak.

Salah satu fitur yang menarik bagi para pembuat video adalah mereka bisa menggunakan Sony A5100 untuk merekam video dalam format MP4 dan XAVCS. Kalau kalian ingin video berukuran kecil dan lebih udah dishare, silakan memilih format MP4. Sedangkan XAVCS cocok bagi kalian yang suka dengan video berukuran besar.

Nah demikian tadi 8 kamera untuk vlogger yang recommended. Pastikan kalian memilih kamera yang tepat untuk aktivitas vlog kalian. Jangan sampai usaha kalian sia-sia hanya karena kamera yang tidak maksimal. Nah semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!!

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *