Mengenal Kebudayaan Negara Perancis

Kebudayaan Negara Perancis – Perancis merupakan negara yang terkenal dengan ikon Menara Eiffel-nya. Negara yang memiliki wilayah terbesar dan menjadi salah satu pendiri Uni Eropa ini paling banyak dikunjungi di dunia. Setiap tahunnya negara Perancis menerima sekitar 82 juta turis dari berbagai negara.
Apa yang membuat negara Perancis menarik bagi para wisatawan dari berbagai negara? Salah satu daya tarik yang dimiliki Perancis adalah kebudayaannya. Sejak abad ke-17 Perancis sudah menjadi pusat kebudayaan dan seni.

Mengenal Kebudayaan Negara Perancis

1. Kebudayaan Masyarakat Perancis Secara Umum

Masyarakat Perancis cenderung memiliki individualisme dan lebih menghargai jika Anda bisa bersikap lebih tenang. Yang dimaksud individualisme di sini bukanlah sifat mementingkan diri sendiri, namun individualisme lebih berfokus pada tanggung jawab serta hak dan kewajiban individu.

Mereka menghargai kebebasan dan tanggung jawab individu masing – masing. Mereka berpandangan bahwa segala sesuatu harus diperjuangkan sendiri dengan sungguh sungguh melakukan semua pekerjaannya sebagai perwujudan individualismenya.

Orang Perancis menganggap sikap ramah yang terbuka sebagai hal yang kurang menyenangkan. Kebudayaan negara Perancis, tidak ada membeda – bedakan gender, laki – laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama.

Untuk menduduki jabatan tertentu, mereka lebih menekankan pada kemampuan seseorang dalam berpikir, menganalisis, memecahkan masalah, dan membuat keputusan yang baik.

2. Kebiasaan Orang Perancis

Saat makan, orang Perancis lebih sering menggunakan pisau dan garpu, tanpa menggunakan sendok. Sendok digunakan hanya ketika minum soup. Kebiasaan orang Perancis setelah makan selalu minum kopi. Itu sebabnya disepanjang jalan di Paris terdapat cafe atau tempat minum.

Ketika masyarakat Perancis mengucapkan salam selalu diikuti dengan nama mereka, misalnya Bonjour John, lalu saling berjabat tangan dan melakukan kontak mata. Tak jarang juga diikuti dengan pelukan dan ciuman.

Baca Juga  Cara Tercepat Menuju Kedutaan Prancis di Jakarta

Orang Perancis suka mencium pipi kanan dan pipi kiri sebagai salam. Kebiasaan ini dilakukan antara dua wanita, wanita dan pria, dan terkadang antara dua pria. Namun kebiasaan ini tidak boleh dilakukan di dalam kereta.
Orang Perancis memiliki kebiasaan mengemas barang belanjaannya sendiri ketika berbelanja. Umumnya karyawan toko tidak membantu mengemas belanjaan, karyawan toko hanya memberikan plastik setelah orang yang berbelanja membayar belanjaannya.

Hanya ada beberapa supermarket yang memberikan kantong plastik secara cuma – Cuma, sedangkan supermarket lainnya mengenakan biaya untuk kantong plastik.

3. Tradisi Pernikahan

Sebuah tradisi yang masih dijunjung tinggi oleh masyarakat Perancis di pesta pernikahan adalah pemenggalan dengan botol sampanye dengan pedang khusus yang dibuat. Tradisi ini diyakini berasal dari zaman Napoleon.

Tradisi pernikahan ala Perancis lainnya yaitu pengantin pria akan memanggil pasangannya tepat di depan rumah mempelai wanita pada pagi hari saat pesta pernikahannya akan berlangsung.

4. Perayaan di Perancis

Selain merayakan Natal dan Paskah, masyarakat Perancis juga merayakan Bastille Day. Bastille Day atau hari nasional Perancis menjadi kebudayaan negara Perancis yang dirayakan setiap tanggal 14 Juli tiap tahunnya.

5. Kebudayaan dan Seni

Salah satu galeri seni yang terkenal di dunia adalah Museum Louvre. Di dalam museum terdapat berbagai karya seni diantaranya patung dan lukisan, salah satu lukisan yang paling terkemuka di dunia adalah Monalisa karya Leonardo da Vinci.

Kekayaan kebudayaan negara Perancis lainnya dapat dilihat dari bidang:

• Teater

Dramawan sastra Perancis terkenal yang hidup pada abad ke 17 yaitu Racine, Molière dan Corneille.

• Filsafat

Sejumlah filsuf ternama berasal dari Perancis, diantaranya adalah Montaigne, Descartes, Blaise Pascal, Henry Bergson, Maurice Blondel, Piere Teilhard de Chardin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga  Universitas di Prancis dan Jurusannya Paling Diminati

• Penulis Perancis

Perancis banyak melahirkan penulis, salah satu penulis Perancis yaitu Roger Garaudy.

• Sastra

Penyair besar Perancis yang menulis soneta tentang alam dan cinta pada abad ke-16 adalah Ronsard dan penyair besar awal abad ke-19 bernama Lamartine. Sebagian puisi dan literatur pertengahan terinspirasi oleh permasalahan Perancis, seperti The Song of Roland dan berbagai Chansons de geste.

Perancis memiliki pemenang nobel sastra terbanyak, ada 15 peraih penghargaan nobel sastra yang berasal dari negara Perancis.

(Visited 556 times, 2 visits today)

Leave a Reply