konten adalah

Konten adalah Kunci, Pelajari Sekarang Agar Brand Kamu Berkembang!

Konten adalah kunci kesuksesan sebuah pemasaran di zaman seperti ini. Strategi pemasaran yang baik, bila tidak diiringi dengan konten yang baik maka tidak akan sukses dijalankan. Karena itu, orang-orang pemasaran selalu bilang bahwa konten adalah raja atau dalam bahasa Inggris kita sebut “content is king”. Lalu apa yang sebenarnya membuat konten begitu dipuja-puja oleh para marketers?

Pemasaran digital menuntut para brand untuk membuat konten yang berkualitas. Tanpanya, brand tidak akan bisa beresonansi dengan para pengikutnya. Bila gagal, bukan tidak mungkin ia akan ditinggalkan begitu saja. Bayangkan saja, berapa banyak brand yang saat ini berkontestasi di dunia digital seperti media sosial? Ribuan, bahkan lebih. Apabila konten kamu tidak dapat menarik perhatian dalam sepersekian detik, jangan harap orang akan berhenti untuk sekedar memberi like pada konten yang kamu buat.

Konten adalah kunci dalam Dunia Marketing

Arti Konten dalam Pemasaran

Menurut KBBI, pengertian konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Pengertian konten ini dirasa cukup dipaham dengan mudah tanpa penjelasan lebih panjang. Dalam sebuah pemasaran, konten memang dibuat sebagai sarana informasi dan komunikasi bagi sebuah brand untuk disampaikan kepada target pasar mereka melalui berbagai media, termasuk media daring.

Beragam Jenis Konten

Dalam pemanfaatannya, konten memiliki beragam jenis yang dibuat sesuai platform yang digunakan. BIasanya, setiap platform memiliki bentuk kontennya masing-masing agar lebih mudah diterima oleh penggunanya. Dengan menyesuaikan konten yang dibuat, harapannya brand mendapatkan engagement yang tinggi sehingga brand awareness mereka dapat meningkat. Lalu apa saja ragam jenis konten yang umum digunakan?

1. Tulisan

Sebenarnya, jenis konten ini pasti kita temukan di semua platform. Utamanya dibuat sebagai artikel dalam sebuah blog. Pada pemasaran digital, tulisan harus dipikirkan secara matang sebelum akhirnya diterbitkan. Tulisan ini nantinya akan disesuaikan juga dengan kebutuhan dari brand itu sendiri, bisa berupa iklan, artikel, ataupun artikel SEO yang memiliki tugasnya sendiri bagi sebuah website.

Baca Juga  Cara Menghasilkan Uang dengan Monetisasi Youtube

2. Visual

Yang dimaksud dari visual disini bisa berupa gambar ataupun video. Konten jenis ini semakin banyak digemari karena tidak membutuhkan banyak waktu untuk memahaminya dan terasa lebih mudah untuk dinikmati sedari awal. Menurut penelitian, konten dengan visual yang relevan akan lebih lama dan mudah diingatnya, karena otak manusia dapat memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks tulisan.

Baca juga : Cara Membuat Dialog Bahasa Inggris, Contoh, dan Artinya

Visual yang baik juga bisa memberikan kesan yang kuat dalam waktu yang singkat. Tanpa harus menjelaskan emosi dan perasaan yang dimiliki seorang ibu yang kehilangan anaknya dengan kata-kata, sebuah foto yang baik bisa menjelaskan itu semua dalam satu visual. Dengan ekspresi yang jelas dan didukung dengan setting yang sesuai, orang bisa terkoneksi secara cepat dengan foto tersebut. Seolah bisa memahi arti dari rautan wajah yang tergambar. Oleh karena itu, dalam waktu yang singkat, mereka bisa langsung memberikan ‘like’ tanpa perlu membaca penjelasannya lagi. Itulah menariknya dari konten visual.

3. Infografis

Pengertian konten yang satu ini ialah kombinasi dari visual dan tulisan, walaupun pada prinsipnya juga merupakan sebuah visual. Biasanya konten jenis ini merupakan rangkuman dari informasi tulisan yang dituang dalam bentuk visual agar lebih mudah dipahami dan diterima pengguna media sosial tertentu, contohnya instagram.

konten adalah

Di era ini, konten visual lebih banyak digunakan, khususnya untuk mereka yang berjualan produk-produk fashion karena visual yang tepat memudahkan orang untuk membayangkan produk tersebut saat digunakan. Lalu sebenarnya apa pentingnya konten untuk perkembangan sebuah brand?

Pentingnya Konten untuk Brand

Konten sendiri bukan hal yang baru diterapkan. Perusahaan luar sudah melakukan pembuatan konten sejak lama, khususnya semenjak internet mulai aktif digunakan. Semenjak itu, arti konten untuk sebuah brand ini sangat besar dan terus berkembang sampai saat ini.
Sudah disinggung sedikit mengapa brand atau bisnis harus rutin membuat konten. Tapi apasih alasan bahwa mereka harus benar-benar melakukannya?

Baca Juga  Apa Itu Reseller, Keuntungan, dan Bagaimana Cara Kerjanya

1. Membangun sebuah Brand Image Jangka Panjang

Saat kamu memiliki bisnis, tentunya tidak ingin bertahan hanya dalam 1-2 tahun saja bukan? Kamu ingin bisnismu tersebut bisa eksis selamanya untuk memberikan keuntungan secara finansial. Tidak hanya itu, tapi juga memuaskan pelanggan yang sudah setia dengan kehadiran brand kamu. Nah agar itu bisa terjadi, kamu harus membangung brand image yang baik agar mudah diingat oleh orang orang.

Konten dapat membantu kamu untuk mensukseskan visi dan misi yang kamu miliki. Dengan pola yang tepat, konten adalah senjata ampuh untuk membentuk persepsi orang-orang atas brand kamu. Tidak sampai berhenti disitu, kamu juga harus membuatnya secara konsisten agar kamu terlihat lebih kredibel dan orang mengkonsumsi terus konten milikmu.

Bila kamu saat ini memiliki brand sepatu yang ramah lingkungan, ada baiknya kamu tidak hanya membicarakan tentang sepatu. Jauh lebih dalam, kamu harus paham bahwa orang menginginkan produkmu karena kecintaan mereka terhadap alam. Maka dari itu, buatlah konten mengenai alam, pentingnya menjaga lingkungan, dan yang berhubungan dengan hal itu.

2. Meningkatkan Traffic dan Brand Awareness

Konten akan membantumu untuk meningkatkan traffic atau kunjungan ke website kamu. Buatlah konten yang sudah melalui riset audiens terlebih dahulu. Fungsinya ialah menarik orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan pelangganmu melalui konten yang ada di website yang kamu miliki. Satu sisi menaikkan kunjungan website karena membaca konten kamu. Lalu, keuntungan lainnya adalah meningkatkan brand awareness karena mulai mengenal brand kamu yang sebelumnya mungkin belum pernah mereka dengar.

3. Memperbaiki SEO

Secara teknis, konten menjadi alat agar website kamu lebih kredibel dan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Gunakan keyword tertentu yang berhubungan dengan brand atau produk yang kamu miliki dan fokus pada jangka waktu tertentu. Caranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga  8 Aplikasi Edit Video Youtubers Terbaik Untuk Pemula

– Lakukan riset keyword yang sesuai dan banyak dicari. Urutkan sesuai dengan volume yang ada.

– Pilih beberapa keyword yang berkaitan dan pilih volume yang tidak terlalu besar, namun juga tidak kecil. Hal ini untuk meminimalisir persaingan.

– Riset konten dengan keyword yang sama

– Buat konten dengan keyword yang dipilih dengan teknik SEO

– Lakukan monitoring dan evaluasi

Setelah kamu memahami arti konten untuk brand, maka saatnya kamu mulai memikirkan strategi untuk membuatnya. Jangan hanya berhenti disini karena persaingan akan semakin tinggi seiring dengan banyaknya brand-brand baru yang bermunculan. Ingat, konten adalah media komunikasi sebuah brand untuk menciptakan dan menjangkau target pasar yang diinginkan. Untuk itu siapkan dengan matang.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply