10 Alasan Memilih Kuliah di Korea Selatan

Kuliah di Korea – Demam K-pop dan drama Korea telah melambungkan nama Korea Selatan dalam dunia hiburan. Tapi pernahkah kita berpikir tentang kualitas pendidikan Korea? Padahal Korea Selatan itu termasuk macan Asia dalam bidang pendidikan lho.

Sebagai bukti, ada sekitar 31 universitas Korea yang masuk peringkat dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings. Masih berdasar THE, Seoul National University memiliki ranking tertinggi dengan berada di peringkat 64 dunia.

Selain itu ada banyak universitas lain yang dalam beberapa tahun terakhir memiliki ranking dunia, seperti Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Korea University, Sungkyunkwan University, Pohang University of Science and Technology (POSTECH), dan masih banyak lagi.

Dan pemerintah Korea Selatan tampaknya gencar melakukan kampanye agar semakin banyak mahasiswa asing yang kuliah ke Korea. Termasuk diantarnya dengan menawarkan lebih banyak beasiswa kuliah di Korea Selatan.

Selain itu, mahasiswa asing juga diizinkan untuk langsung mengajukan beasiswa ke universitas maupun perusahaan swasta yang ada di Korea. Karena itu, bagi pelajar Indonesia yang ingin kuliah di universitas kelas dunia tapi lokasinya tidak terlalu jauh, kalian bisa menjatuhkan pilihan pada Korea Selatan.

Nah apa saja alasan lain yang menjadikan Korea sebagai negara pilihan untuk melanjutkan studi? Yuk ikuti ulasannya berikut ini.

1.Biaya hidup lebih terjangkau

Biaya hidup menjadi pertimbangan utama bagi siapa saja yang ingin kuliah di luar negeri. Kalian harus menghitung-hitung biaya hidup yang meliputi sewa tempat tinggal, makan minum, transportasi, maupun kebutuhan pribadi lainnya.

Untungnya biaya hidup di Korea Selatan terhitung lebih mudah dibanding negara tujuan studi lain. Bahkan ibukota Seoul juga bisa dinikmati oleh mahasiswa yang memiliki keterbatasan anggaran.

Sebagai gambaran, untuk sewa asrama di dalam kampus saja biayanya berkisar 300 ribu won atau Rp. 3,5 Juta. Bahkan di beberapa tempat ada yang menyediakan sewa kamar yang biayanya di bawah satu Juta Rupiah.

Kalau dirupiahkan biaya tersebut memang tampak tinggi. Tapi akan terlihat murah kalau dibandingkan biaya sewa tempat tinggal di Jerman, Australia, Singapura, Amerika, dan negara lainnya yang bisa mencapai belasan juta Rupiah.

Baca Juga  Selamat Pagi dalam Bahasa Korea Ucapan Selamat Pagi, Siang, dan Malam Dalam Bahasa Korea

2.Teknologi tinggi

Kalau kalian pernah ke Bandara Internasional Incheon, kalian akan dilayani oleh petugas yang siap membantu. Petugas tersebut sangat terlatih dan menguasai 4 bahasa. Tapi sayangnya mereka tidak bisa berbasa-basi. Tentu saja, karena para petugas itu adalah robot.

Informasi di atas sekedar menggambarkan betapa majunya inovasi Korea dalam bidang teknologi. Bahkan Korea diakui sebagai negara yang memiliki nilai tertinggi dalam aktivitas paten, riset, teknologi. Serta penelitian di perguruan tinggi.

Kemajuan teknologi Korea tidak lepas dari hebatnya kualitas pendidikan mereka. Keadaan ini juga menguntungkan mahasiswa. Setidaknya mahasiswa berpeluang terlibat dalam penelitian atau magang di perusahaan teknologi yang ada di Korea Selatan.

3.Kesempatan kerja paruh waktu

Enaknya kuliah di Korea adalah mahasiswa diizinkan mengambil part time job maksimal 20 jam per minggu. Untungnya lagi, ada banyak universitas yang menawarkan pekerjaan di dalam kampus. Bekerja di dalam kampus membuat mahasiswa lebih bisa menyesuaikan jam bekerja dengan jadwal kuliahnya.

Sedangkan untuk pekerjaan di luar kampus, banyak mahasiswa yang mengambil pekerjaan sebagai Waitress, tutor, pelayan restoran, dll. Lumayan kan, hasilnya bisa buat menutupi biaya hidup. Selain itu, bekerja sambil kuliah di negeri orang akan melatih mahasiswa hidup mandiri.

4.Belajar etos kerja ala Korea

Di tahun 1950-an Korea merupakan negara berkembang dengan keadaan ekonomi yang mirip dengan negara Asi dan Afrika lainnya. Mereka juga tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tapi sekarang mereka bisa dibilang sebagi negara maju di berbagai bidang, mulai dari ekonomi, teknologi, pendidikan, bahkan politik.

Lalu apa sebenarnya rahasia kemajuan Korea Selatan? Salah satunya adalah semangat dan etos kerjanya. Orang Korea terkenal sangat fokus dalam bekerja. Mereka terbiasa bekerja serba cepat namun tetap memberikan hasil terbaik. Bagi mereka, jam kerja adalah untuk bekerja.

Mereka tidak akan menggunakan jam kerja untuk kegiatan pribadi atau hal-hal kecil yang tidak ada sangkut autnya dengan urusan pekerjaan. Dan etos kerja ini terbawa dalam semua bidang, termasuk pendidikan. Mahasiswa Korea juga dibiasakan bekerja sangat keras untuk menjadi yang terbaik.

Baca Juga  Selamat Pagi dalam Bahasa Korea Ucapan Selamat Pagi, Siang, dan Malam Dalam Bahasa Korea

Bagi mahasiswa asing, membiasakan diri dengan etos kerja ala Korea membuat mereka selalu terpacu untuk memberikan yang terbaik dalam studi dan ini akan bermanfaat bagi kehidupan mereka di masa depan.

5.Disiplin

Nah ini dia budaya yang sangat baik kalau bisa diterapkan di Indonesia, yaitu disiplin. Mereka sudah biasa masuk kantor atau masuk kampus lebih awal dari jadwal. Makanya tidak ada ceritanya ada mahasiswa atau dosen yang terlambat masuk kelas.

Termasuk juga dalam menyelesaikan tugas kuliah. Mereka tidakan akan menunda-nunda tugas kuliah sampai hari terakhir. Prinsip mereka, kalau bisa selesai hari ini, mengapa harus menunggu esok hari? Dan disiplin tidak selalu dikaitkan dengan uang, tapi lebih pada penghargaan mereka terhadap waktu.

6.Kaya tempat wisata dan budaya

Bagi siapa saja yang melanjutkan studi ke Korea, mereka berkesempatan menikmati pemandangan dan objek wisata menarik. Korea dikaruniai pemandangan alam yang sangat indah, kuil bersejarah, pantai, air terjun yang menantang, serta atraksi budaya lainnya.

Apalagi Korea memiliki budaya yang unik. Walau telah menjadi negara modern, orang Korea tidak melupakan adat istiadat, perayaan, tradisi, dan budaya kuno.

Mahasiswa asing bisa belajar cara membuat makanan khas Korea kimchi, berkenalan dengan pakaian tradisional Hanbok dan Jeogori, maupun perayaan festival panen atau Chuseok. Jadi di waktu luang, mahasiswa asing bisa menjelajahi Korea sambil menikmati keindahan alam dan kekayaan budayanya.

7.Peluang bekerja di Korea pasca lulus

Kesempatan kerja di luar negeri merupakan pengalaman unik. Untungnya Korea termasuk negara yang menyediakan banyak kesempatan kerja. Ekonomi Korea yang mapan menjadikan negara ini sebagai salah satu pasar kerja terbesar di Asia.

Ada banyak posisi manarik yang tersedia bagi pekerja asing seperti IT, mekanik, elektrik, pertanian, dan lain sebagainya. Dan sebagai alumni universitas Korea, pastinya memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di Korea. Kemampuan bahasa dan mengenal budaya menjadikan alumni Korea lebih mudah mengejar karir di negara tersebut.

Baca Juga  Selamat Pagi dalam Bahasa Korea Ucapan Selamat Pagi, Siang, dan Malam Dalam Bahasa Korea

8.Banyak beasiswa

Tidak mau kalah dengan negara tujuan studi lainnya, Korea Selatan menyediakan lebih dari 100 beasiswa untuk mahasiswa asing. Dan yang paling populer adalah Korean Government Scholarship Program (KGSP). Beasiswa yang disponsori pemerintah Korea ini terbuka bagi mahasiswa yang ingin kuliah program Sarjana selama 4 tahun.

Mereka mendapatkan tanggungan penuh biaya kuliah selama 8 semester ditambah satu tahun kursus bahasa Korea yang diadakan sebelum perkuliahan dimulai. Penerima beasiswa juga berhak menerima tunjangan hidup bulanan, tunjangan kedatangan, asuransi kesehatan, maupun tiket pesawat Indonesia-Korea pulang pergi.

Selain itu, masih ada organisasi non profit maupun universitas yang menyediakan beasiswa, terutama untuk mahasiswa dari negara-negara Asia.

9.Kualitas hidup tinggi

Sangat penting bagi kalian untuk melanjutkan kuliah di tempat yang nyaman ditempati. Dan Korea termasuk negara yang memberikan tingkat kenyamanan sangat tinggi bagi warganya. Jalanan maupun fasilitas publik di Korea umumnya sangat rapi, bersih, dan kotanya tertata dengan sangat baik.

Negara ini juga menyediakan alat transportasi canggih yang memudahkan mahasiswa asing pergi kemanapun mereka mau. Selain itu, Korea juga sangat aman dan ramah bagi mahasiswa asing. Meskipun harus menyelesaikan tugas penelitian hingga larut malam, kalian bisa melewati jalanan Korea dengan sangat aman.

10.Banyak orang Indonesia

Salah satu penyakit orang Indonesia yang merantau ke luar negeri adalah homesick. Tapi ini sangat kecil kemungkinan terjadi di Korea. Karena ada banyak WNI yang tinggal di Korea, baik untuk kuliah, pekerja profesional, ataupun TKI.

Dengan total lebih dari 40 ribu WNI, kalian bisa mengobati rasa kangen pada tanah air dengan kumpul-kumpul atau melakukan aktivitas bersama sesama WNI. Apalagi ada banyak komunitas WNI yang akan menerima kalian layaknya keluarga.

Itulah tadi 10 alasan kalian harus mencoba kuliah di Korea. Nah kalau kalian merasa mampu, yuk persiapkan diri dari sekarang. Setidaknya bisa dimulai dengan belajar bahasa Korea dan budayanya. Selamat mencoba ya!!

(Visited 43 times, 1 visits today)

Leave a Reply