kursus codeigniter

Kursus Codeigniter: Pengertian, Materi dan Keuntungannya

Kursus Codeigniter – Web developer menjadi profesi yang banyak dicari modern ini. Berkat teknologi internet yang bermanfaat sangat tinggi terhadap kehidupan manusia, maka profesi tersebut pun banyak dibutuhkan. Semua perusahaan berskala besar dan kecil membutuhkan seorang web developer untuk mengembangkan website.

Sebuah situs perusahaan memiliki banyak fungsi, pertama sebagai image perusahaan dan kedua sebagai alat marketing secara online. Proses pembuatan website bisa dilakukan oleh seorang web developer secara mandiri atau tim. Meningkatnya kebutuhan web developer tentu saja menjadi peluang besar yang tak boleh dilewatkan.

Untuk menjadi web developer ada dua hal yang bisa ditempuh, pertama adalah kuliah di universitas jurusan IT atau mengikuti kursus. Bagi kamu yang ingin belajar dengan lebih cepat dan murah bisa memilih untuk mengikuti kelas khusus. Disana kamu akan belajar teknik dan ada begitu banyak materi yang bisa diperdalam.

Salah satu materi yang penting untuk dipelajari adalah framework seperti Codeigniter. Penasaran apa sih codeigniter itu dan apa saja yang harus dipelajari di dalamnya di tempat kursus? Simak lebih lengkap dalam artikel ini.

Apa Itu Codeigniter?

Apa Itu Codeigniter?
Seorang web developer harus mengetahui kerangka kerja sebuah software yang nantinya mempermudah pembuatan aplikasi atau website. Kerangka kerja ini disebut dengan istilah framework. Ada begitu banyak framework, tapi yang dibutuhkan seorang programmer untuk membentuk website adalah framework PHP (Hypertext Preprocessor).

PHP sendiri merupakan sebuah sebuah bahasa pemrogramanan yang ditanam atau disisipkan dalam HTML. Ada begitu banyak jenis framework PHP yang bisa digunakan yaitu seperti Phalcon, Laravel, Aura dan CodeIgniter. Jadi sudah jelas bahwa CodeIgniter adalah sebuah framework PHP.

Baca Juga  Mau Ikut Kursus Bootcamp Coding? Kenali Dulu Tempat Kursusnya

CodeIgniter adalah sebuah framework PHP yang paling banyak digunakan oleh programmer pemula. Tujuannya adalah mempermudah programmer dalam pembuatan aplikasi web dengan lebih mudah tanpa harus membuat dari awal. Ditambah lagi sifatnya gratis tak perlu membayar.

Ada beberapa hal yang diberikan oleh programmer yaitu box libraries yang akan mengkoneksikan ke database dan menciptakan berbagai macam sistem operasi. Misalnya saja mengirimkan email, upload file, pengaturan setiap sesinya dan masih banyak lagi.

Kelebihan Pengunaan CodeIgniter 

Kelebihan Pengunaan CodeIgniter
Ada beberapa kelebihan dari penggunaan CodeIgniter yaitu sebagai berikut:

– Ukuran filenya sangat kecil yaitu hanya 2 MB saja.

– Memiliki kompatibilitas yang baik hampir di semua platform hosting.

– Syntax lebih terstruktur

– Tidak ada proses coding yang ketat sehingga mudah digunakan dan juga cepat.

– Konfigurasi yang minim, memudahkan programmer untuk menjalankannya.

– Keamanannya cukup baik karena proses penggunaan tidak langsung ke database.

– Fasilitas pembantu yang sangat baik di tampah library yang memudahkan developer untuk memanipulasi url, pagination dan session.

Materi-Materi Kursus Codeigniter yang Harus Dikuasai

codeigniter
Ketika mempelajari CodeIgniter di tempat kursus codeigniter ada beberapa materi dasar yang harus dikuasai. Materi ini nantinya yang membedakan kelas di tempat kursus programming. Penasaran apa saja yang akan dipelajari di tempat kursus Codeigniter? Berikut ini macam-macam materinya.

1. Menginstall dan konfigurasi

Sebelum masuk ke materi fitur, metode kerja bahkan alurnya kamu akan mengetahui cara menginstal beserta konfigurasi yang dibutuhkan. Cara menginstall sangatlah mudah, layaknya install software lainnya, tapi ada beberapa konfigurasi yang harus diterapkan.

Konfigurasi ini akan dipilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti konfigurasi pada bagian base-url dan router. Sehingga memudahkan programmer untuk mengembangkan aplikasi nantinya.

2. Mengenal fitur CodeIgniter

Ada setidaknya tiga fitur yang harus dipelajari dari dasar yaitu small footprint, blazing fast, dan loosely coupled. Small footprint adalah sebuah fitur yang mempermudah proses pembuatan web. Blazing fast merupakan fitur yang akan membuat user membuat aplikasi yang loadingnya lebih cepat. Melalui fitur ini proses loading kurang dari 50 ms.

Terakhir adalah loosely coupled yaitu sebuah fitur yang akan membantu untuk bekerja secara mandiri. Memudahkan proses maintenance dan membuat upgrade web lebih baik.

Baca Juga  Mau Kursus Web Master? Kenali Keuntungan dan Tempatnya Disini

3. Mengenal Metode MVC

Materi pertama yang harus dipelajari adalah metode yang digunakan yaitu MVC atau Model, View dan Controller. Model fungsinya adalah memberikan instruksi dalam pengolahan database.

Misalnya saja pengambilan data, penginputan dan pengolahan yang berhubungan dengan database lainnya. Sedangkan view fungsinya adalah untuk mengelola tampilan.

Melalui view, web developer dapat mengubah dan mengembangkan halaman user interface. Controller sendiri adalah instruksi penghubung antara model dan juga view. Jadi langkah penggunaannya dimulai dari view baru controller untuk pengolahan model.

4. Mengenal dan Praktek Konsep CRUD

CRUD adalah Cread, Read, Update dan Delete yang sebenarnya bukan hanya dalam CodeIgniter saja tetapi juga framework PHP lainnya. Metode ini merupakan materi yang harus dikuasai karena fungsinya adalah untuk pengoperasian database. Misalnya saja bagaimana cara menginput ke dalam database.

Selain itu CRUD juga berfungsi untuk menampilkan data dalam database serta update data hingga penghapusan data.

5. Belajar alur kerja Codeigniter

Setidaknya ada enam alur kerja yang harus dipahami di awal sebelum praktek. Pertama adalah Index.php yaitu merupakan file pertama yang nantinya akan dibaca oleh program. Kemudian the router yaitu pemeriksaan HTTP, dilanjutkan cache file yang akan dikirim ke browser.

Langkah keempat adalah security yang diberikan oleh kursus CodeIgniter, kelima adalah controller dan terakhir adalah view.

Keuntungan Di Masa Depan Jika Menguasai Codeigniter

keuntungan codeigniter
Mengapa harus susah-susah untuk belajar CodeIgniter? Apa untungnya mengikuti kursus? Tentu saja ada begitu banyak keuntungan yang akan kamu rasakan. Keuntungan ini tidak langsung didapatkan detik ini, tetapi di masa depan. Belajar adalah investasi skill yang tentunya menguntungkan, yuk simak keuntungannya jika kamu menguasai CodeIgniter.

1. Peluang Karir yang sangat Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa peluang karir menjadi seorang web developer di masa sekarang apalagi masa depan sangat besar. Bahkan jika kamu saat ini baru mempelajari Codeigniter peluangnya juga sangat tinggi. Kamu sudah bisa menjadi seorang junior backend developer dan bekerja di perusahaan.

Selain itu, jika kamu tak ingin terikat kontrak dengan perusahaan tertentu, bisa juga membuka usaha di bidang yang sejenis. Misalnya jasa pembuatan web dan sistem informasi.

2. Penghasilan Lebih Tinggi

Bukan hanya peluang karir tinggi, tapi sumber penghasilan juga cukup tinggi. Seorang web developer yang bekerja di perusahaan skala besar atau kecil bisa memberikan gaji yang tinggi. Disebabkan tanggung jawab programmer sangatlah besar sehingga tidak heran jika gajinya tinggi.

Kamu juga bisa menjadikan profesi ini sebagai usaha sampingan yang penghasilannya bisa sama dengan pekerjaan yang saat ini mungkin sedang ditekuni. Jadi tak akan ada ruginya untuk belajar dari sekarang.

Baca Juga  Mau Kursus Web Programming? Yuk Pelajari Dasar-Dasarnya

3. Masih Bisa Mengembangkan Ilmu

Teknologi semakin hari terus berkembang, menguasai sebuah program seperti CodeIgniter akan membuatmu terus berkembang. Bahkan walaupun saat ini sudah bekerja, mau tak mau kamu akan terus mengikuti perkembangan dalam pembuatan website. Selalu ada pembaharuan fitur yang mempermudah dan meningkatkan kemudahan serta tampilan web.

Maka dari itu menekuni profesi ini tentu akan membuka wawasan, bahkan bukan hanya CodeIgniter saja yang bisa kamu kuasai. Ada banyak framework PHP lain yang juga bisa dipelajari.

Tak ingin ketinggalan dengan teman lainnya? Kamu harus mengikuti kursus codeigniter Codeva. Mengikuti kursus singkat dan murah disini akan memberikan banyak keuntungan. Baik itu dari segi ilmu dan masa depan yang lebih baik.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *