kursus data science

Rekomendasi Tempat Kursus Data Science Jakarta Terbaik

Kursus Data Science – Pemilik atau bisnis yang mulai bermunculan saat ini sudah memulai sadar betapa pentingnya sebuah data untuk bisa mengembangkan usaha mereka. Data ini bisa berupa karakteristik konsumen. Nantinya semua data akan digunakan untuk membuat promosi dan langkah-langkah marketing lainnya supaya bisnis semakin maja.

Oleh karena itu dibutuhkan seorang yang ahli dibidang data yaitu data science. Keahlian yang dibutuhkan bukan hanya sekedar riset saja, tetapi banyak hal lain yang harus dikerjakan. Bisa dibilang karir sebagai seorang yang memiliki keahlian data science cukup menjanjikan apalagi di masa depan.

Teknologi yang terus berkembang membuat profesi ini paling banyak dicari oleh semua perusahaan. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari ilmu bisa mengikuti kelas di tempat kursus data science. Waktu kursus lebih singkat daripada harus kuliah selama bertahun-tahun. Khususnya bagi kamu yang saat ini butuh skill dalam bidang ini.

Apa Itu Data Science?

kursus data science jakarta

Penggunaan kata data science di kalangan perusahaan kini sudah menjadi sangat umum. Sebelum mengikuti kursus, kamu perlu tahu apa sih data science itu? Skill apa saja yang harus diasah di tempat kursus? Bagaimana keputusan dan prediksi bisa didapatkan dalam sebuah data. Pertanyaan-pertanyaan inilah yang harus kamu ketahui jawabannya.

Pertama, data science merupakan campuran antara berbagai macam alat atau tools, algoritma, dan machine learning. Semuanya digunakan untuk mencapai tujuan yaitu menemukan pola tersembunyi pada sebuah data mentahan. Jadi bisa dikatakan bahwa data science bertugas untuk membuat keputusan dan prediksi menggunakan keempat hal berikut:

Baca Juga  Kursus Digital Marketing: Pengertian, Jenis dan Skill

1. Predictive Analytics

Melalui predictive analytic kamu bisa memprediksi kemungkinan-kemungkinan pada hal tertentu di masa depan. Misalnya saja, sebuah perusahaan yang menyediakan kredit elektronik. Maka sangat penting bagi perusahaan tersebut untuk mengetahui kemungkinan konsumen untuk mengikuti program kredit elektronik. Melalui predictive analytics kamu bisa memprediksi pembayaran konsumen tersebut melalui history pembelian yang telah lalu.

2. Prescriptive Analytics

Fungsi dari data science ini adalah untuk menentukan keputusan dan kemampuan untuk memodifikasinya dengan parameter yang dinamis. Bisa dibilang hal ini cukup baru untuk memberikan saran dalam bagian pengambilan keputusan. Secara tidak langsung bukan sekedar memberikan prediksi dari data saja tetapi juga mendeskripsikan hasil dari keputusan yang hendak diambil.

3. Machine Learning untuk membuat prediksi

Apabila perusahaan memiliki data transaksi keuangan dan membutuhkan penentuan untuk trend di masa depan maka algoritma machine learning adalah pilihan yang sangat tepat. Hal ini termasuk dalam pengamatan data karena kamu hanya perlu mempelajari data yang sudah pada.

4. Machine Learning untuk menemukan pola

Apabila tidak ada parameter dasar yang digunakan untuk membuat sebuah prediksi, maka kamu perlu menemukan pola yang tersembunyi dari data yang pada. Biasanya algoritma yang digunakan untuk menciptakan prediksi ini disebut sebagai Clustering.

Melalui keempat hal tersebut, maka seorang data scientist bekerja untuk membuat predictive casual analytics dan machine learning. Semua materi ini nantinya akan kamu belajar di kursus data science, baik itu dari dasar hingga tingkat yang lebih profesional lagi.

Skill Dasar Data Science yang akan Dipelajari di Tempat Kursus

Siapa saja yang bisa mengikuti kursus data science Indonesia? Jawabannya adalah siapa saja. Tak ada aturan khusus siapa saja yang harus mengikutinya. Bagi kamu yang mungkin baru saja membaca-baca mengenai data science dan tertarik bisa belajar dari dasar. Mulai dari skill dasar ini, nantinya kamu bisa belajar lebih spesifik ke tiga profesi paling umum yaitu data scientist, data analyst dan data engineer.

Ada beberapa skill yang nantinya akan kamu pelajari di tempat kursus, hampir semuanya berhubungan dengan bahasa pemrograman. Apa saja itu? Simak macam-macam skill-nya berikut ini.

1. Pemrograman Dasar

Kemampuan analisis yang baik akan ditentukan dari langkah awal yaitu mengoperasikan sebuah program. Bukan hanya mengoperasikan tetapi bahasa pemrograman juga penting untuk dikuasai sehingga analisa yang dibuat bisa menjadi lebih akurat.

Misalnya saja bahasa pemrograman seperti R, SAS, Hive, SQL, Python. Jika menguasai bahasa pemrograman ini layaknya seorang programmer maka kamu bisa dilirik oleh perusahaan-perusahaan besar. Kemungkinan diterima kerja dengan gaji tinggi pun akan semakin besar.

2. Statistika dasar

Ilmu statistik juga akan diajarkan di tempat kursus data science terbaik. Mampu membaca statisik nantinya akan digunakan untuk penentuan algoritma yang hendak digunakan. Ilmu dasar ini sangat vital fungsinya karena akan digunakan sebagai dasar pengembangan machine learning.

3. Machine Learning

Di atas sempat disinggung mengenai machine learning dalam proses pengambilan keputusan. Ilmu ini adalah bagaimana cara membuat komputer dapat berpikir layaknya seorang manusia. Machine learning ini akan digunakan untuk mengumpulkan semua data driven dari sumber seperti Netflix, Uber, Google Map atau sumber data tak terstruktur lainnya.

Semua data yang bentuknya tidak terstruktur tidak memungkinkan dalam pembuatan algoritma, oleh karena itu data science harus bisa mengembangkan machine learning. Tak sedikit juga hasil pengembangan machine learning pada data science ini digunakan menjadi konsep artificial intelligence.

4. Komunikasi dan Visualisasi Data

Skill lain yang akan dipelajari di kursus data science lainnya adalah kemampuan untuk komunikasi serat visualisasi data. Kemampuan ini berhubungan dengan bagaimana penyajian data secara visual serta hasil olahan data tersebut kepada manajemen perusahaan. Data tentunya harus bisa dibaca oleh orang awam dengan mudah yang diserta penjelasan dengan kemampuan komunikasi khusus.

5. Software Engineering

Software merupakan sebuah program yang nantinya harus dibuat dan dikembangkan oleh data science. Pada sebuah perusahaan, memiliki software yang dibuat sendiri untuk mempermudah pekerjaan adalah tanggung jawab seorang data science.

Oleh karena itu memiliki keahlian software engineering baik itu untuk software desktop, web dan aplikasi mobile sangat dibutuhkan. Ilmu dasar ini akan diajarkan, bisa dibilang bahwa data science juga meliputi ranah seorang programmer.

Kemampuan dasar ini nantinya akan dikembangkan lagi dalam tingkatan yang lebih profesional. Ditambah lagi dengan ilmu-ilmu seperti kalkulus, aljabar, pemetaan data hingga intuisi. Sampai disini, apakah kamu masih bingung? Tentunya tidak, karena pengertian data science hingga skill dasar yang dibutuhkan dan akan diajarkan di tempat kursus data science sudah diterangkan dengan jelas.

Macam-Macam Keuntungan Menjadi Seorang Programmer

kursus data science indonesia

Apabila dilihat dari semua skill dasar di atas seperti pemrograman dan software engineering, maka keahlian sebagai seorang programmer harus dimiliki. Kemampuan dasar inilah yang pertama kali akan diajarkan di tempat kursus. Lalu apa untungnya jika kamu sudah menguasai keahlian seorang programmer?

Selain menjadi seorang data scientist, data analyst, dan data engineering, ada beberapa keuntungan lainnya yang akan didapatkan sebagai berikut:

1. Modal Kursus Beberapa Bulan

Modal yang sangat murah bisa kamu dapatkan untuk menjadi seorang programmer. Cukup dengan laptop yang speknya tidak harus tinggi dan mahal kamu bisa mengikuti kursus. Tidak seperti kuliah IT yang bertahun-tahun, kamu bisa mengikuti paket kursus selama beberapa bulan saja. Karena waktu yang cenderung singkat, biaya yang dibutuhkan juga tak semahal seperti di universitas.

2. Peluang Kerja yang Sangat Luas

Hampir semua perusahaan besar mempekerjakan seorang programmer maupun data science. Artinya jika kamu belajar menjadi seorang programmer peluang kerja akan menjadi lebih luas bukan hanya data science saja. Kamu bisa menjadi teknisi perusahaan dan web developer. Peluang kerja yang sangat saja sudah menguntungkan, ditambah lagi gaji seorang programmer juga sangat tinggi. Gimana, masih tidak tertarik?

Baca Juga  Mau Kursus Web Programming? Yuk Pelajari Dasar-Dasarnya

3. Selalu Berpikir dengan Logika

Menjadi seorang programmer artinya kamu akan selalu berpikir dengan logika dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Hal ini tak hanya berdampak baik dalam pekerjaan tetapi juga pada kehidupan sehari-hari. Bertindak dengan pikiran logis akan membuatmu selalu berhati-hati ketika hendak melangkah maju.

Rekomendasi Tempat Kursus Data Science di Jakarta

kursus data science di jakarta

Dilihat dari banyaknya keuntungan menjadi programmer tersebut, dimanakah kamu bisa belajar skill dasar data science? Apalagi di Jakarta yang kini begitu banyak tempat kursus bersaing. Daripada salah memilih tempat kursus data science Jakarta, sebaiknya kamu langsung saja memilih Codeva.

Codeva adalah tempat kursus terbaik untuk mempelajari semua ilmu programmer. Semua bahasa pemrograman seperti Javascript, HTML, SSC, C++, Python, PHP, dan masih banyak lagi akan diajarkan. Melalui kursus data science di Codeva dijamin, setelah lulus kamu akan mahir membuat dan mengembangkan sebuah program.

Setelah lulus pun kamu akan tetap mendapat bimbingan tentang materi-materi yang sudah disampaikan. Jadi tunggu apalagi, kamu tak perlu ragu untuk segera mendaftarkan diri.

 

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *