kursus desain grafis

Mau Kursus Desain Grafis Sampai Mahir? Cari Tahu Disini

Kursus Desain Grafis – Apakah desain grafis itu penting? Pertanyaan ini seringkali tidak mudah untuk dijawab. Salah satu alasannya karena profesi ini memiliki efek yang sangat luas bagi kehidupan sehari-hari di masyarakat. Dimana manusia dapat terpengaruh efek visual lebih cepat daripada sebuah tulisan. Manusia sangat mudah terpengaruh oleh warna dan bentuk dari apa yang dilihat.

Mengingat hal ini, maka desain grafis sering digunakan pada sebuah iklan karena fungsinya adalah untuk menarik perhatian. Lalu apa sebenarnya desain grafis itu? Bagaimana memanfaatkannya untuk membuat sebuah iklan yang persuasif dalam membangun bisnis? Semua jawabannya akan kamu dapatkan jika mengikuti kursus desain grafis.

Di tempat kursus, kamu akan mengenali alasan desain grafis bisa menarik perhatikan secara lebih detail. Tak hanya itu saja, kamu juga akan belajar bagaimana teknik desain grafis yang perlu digunakan untuk membangun sebuah iklan yang menarik. Penasaran dimana dan seperti apakah tempat kursus yang bisa kamu datangi? Simak semuanya disini.

Apa Itu Desain Grafis?


Sebelum belajar desain, akan lebih baik jika kamu mengetahui pengertian desain grafis secara umum. Menurut American Institute of Graphic (AIGA) desain grafis merupakan istilah yang menggambarkan sebuah seni dan praktek perencanaan dan proyeksi sebuah ide bahkan pengalaman menggunakan bentuk visual dan tekstual.

Bisa dibilang juga bahwa desain grafis dapat mengkomunikasikan sebuah ide atau pesan dalam bentuk visual. Penggunaan desain grafis sendiri dalam sebuah perusahaan adalah untuk mempromosikan dan menjual produk melalui iklan. Khususnya pada sebuah website yang digunakan untuk menyampaikan informasi kompleks melalui infografis.

Baca Juga  Mau Ikut Kursus Bootcamp Coding? Kenali Dulu Tempat Kursusnya

Apabila dilihat dari segi profesionalitas, desain grafis adalah sebuah kegiatan manusia yang berhubungan dengan visual arts, komunikasi, psikologi dan bagian lainnya. Ada banyak hal yang termasuk di dalamnya seperti foto dan fonts, pictograms, bentuk dan ukuran, warna dan bentuk, garis dan lengkungan, page layouts, dll.

Jadi bisa dikatakan bahwa desain grafis ini membawa sebuah pesan dalam bentuk visual yang disampaikan ke dalam iklan. Nantinya iklan ini akan dilihat oleh khalayak sesuai dengan target audien. Sebagaimana efeknya, audien akan memperoleh informasi dan mendapatkan solusi mendapatkan produk atau jasa sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pentingnya desain grafis ini tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan pemasaran sehingga bisnis dapat berjalan dengan lancar. Apabila bentuk visual tidak menarik, pesan yang ingin disampaikan tidak akan dipahami oleh masyarakat. Oleh karena itu penting sekali bagi kamu yang ingin mendalami bidang ini harus mengikuti kursus desain grafis terbaik.

Keuntungan Belajar Desain di Tempat Kursus

kursus desain
Bisa dibilang masa depan setelah menekuni bidang desain grafis akan lebih menguntungkan. Jika dilihat dari segi karir, kamu bisa mendalami lebih dari satu bidang. Kamu bisa memilih untuk bekerja di satu perusahaan, bisa juga bekerja sebagai freelancer sehingga memiliki pengalaman yang lebih luas dengan waktu kerja fleksibel.

Ada banyak jenis karir begitu lulus dari kursus seperti graphic designer, user experience (UX) designer, web designer, art director, hingga creative director.

Keuntungan ini akan kamu dapatkan setelah selesai mengikuti kursus desain grafis di tempat yang terbaik. Kira-kira apa saja keuntungan yang akan didapatkan ketika belajar di tempat kursus? Berikut ini macam-macamnya:

1. Belajar dengan waktu singkat

Apa yang membuatmu harus memilih tempat kursus? Pertama jika kamu ingin menjadikan desain grafis sebagai pekerjaan sampingan maka tempat kursus memberikan waktu belajar yang fleksibel. Bagi kamu yang mungkin saat ini sedang bekerja dan ingin menambah ilmu baru, maka jadwal di tempat kursus sangatlah menguntungkan.

Keuntungan juga akan kamu dapatkan jika ingin menekuni bidang ini lebih serius. Karena di tempat kursus, kamu bisa belajar dengan lebih cepat hanya hitungan bulan. Mempelajari teknik dalam hitungan bulan tentu menguntungkan sehingga bisa lebih cepat terjun ke dunia kerja.

2. Biaya yang lebih murah

Apabila dibandingkan dengan belajar desain grafis di perguruan tinggi maka biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih murah. Kamu tidak harus mengikuti materi pembelajaran dalam waktu beberapa tahun yang tentu menguras uang lebih tinggi. Kursus adalah tempat yang tepat bagi kamu yang ingin mengasah skill dengan lebih cepat dan murah.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Kursus Data Science Jakarta Terbaik

3. Mengikuti perkembangan teknologi

Materi di dalam kelas kursus selalu diperbaharui seiring dengan berkembangnya teknologi. Seperti yang diketahui bahwa begitu banyak software desain yang terus diperbaharui dan perlu pembelajaran untuk menggunakannya. Di tempat kursus, kamu akan mempelajari menggunakan software desain terbaru sehingga selalu mengikuti perkembangannya.

4. Fasilitas belajar

Modal yang sedikit membuat lebih banyak orang untuk memilih mengikuti kursus desain grafis. Modal utama yang harus dipersiapkan sendiri adalah laptop dan di tempat kursus kamu akan mendapatkan kelas nyaman yang baik untuk berkonsentrasi. Tak hanya itu, materi yang diberikan juga selalu diperbaharui sehingga kamu bisa meningkatkan kreatifitas.

Materi yang Diajarkan di Tempat Kursus Desain Grafis

belajar desain
Jika mengikuti kursus desain adalah pilihan yang tepat, apa saja materi yang akan dipelajari? Apakah sulit materinya? Jika kamu adalah pemula maka materi dasar terlebih dahulu yang akan disampaikan. Berikut ini perkiraan materi yang akan diajarkan.

1. Elemen dalam Desain Grafis

Materi dasar yang akan dipelajari mengenai elemen dimana sebagai dasar untuk dikombinasikan. Mulai dari garis (lines), bentuk (shapes), warna (colour), teks dan tekstur. Semua materi ini nantinya akan berfungsi untuk membuat logo, ilustrasi, simbol, dll.

2. Mengenal Tools Desain Grafis

Belajar mengenai desain grafis tidak pernah terlepas dari tools yang berhubungan dengan teknologi. Tentunya tidak hanya satu tools saja yang digunakan karena hasilnya bisa sangat berbeda-beda. Di tempat kursus kamu akan belajar untuk menggunakan berbagai tools seperti komputer, software, dan juga sketchpads.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing: Pengertian, Jenis dan Skill

3. Prinsip Desain Grafis

Pada materi ini kamu akan mempelajari hal yang lebih dalam yang beberapa sering diaplikasikan pada ilustrasi website. Mulai dari keseimbangan (balance), prioritas dan dominasi, proporsi, kontras, ritme, harmoni dan kesatuan. Jika prinsip ini sudah dikuasai, kamu bisa memulai untuk membuat layout.

4. Komposisi pada Desain Grafis

Sebuah materi dasar desain grafis yang sama pentingnya yaitu komposisi terdiri dari banyak hal. Seperti single visual, golden ratio, focal point, grid design, gestalt laws, layout Z dan F. Komposisi dalam sebuah website contohnya akan memberikan user experience terbaik untuk meningkatkan traffic.

Materi di atas masih baru dasar saja, karena masih banyak materi yang akan dipelajari seperti fotografi, komunikasi dan presentasi, creative drawing, user interface (UI) design, dll.

Tips Mencari Tempat Belajar Desain Grafis di Jakarta

kursus desain grafis jakarta
Sudah tidak sabar untuk mengikuti kursus desain grafis? Kamu harus mulai mencari tempat kursus yang tepat. Ada beberapa tips mudah ketika kamu mencari tempat kursus terbaik khususnya di kota Jakarta berikut ini:

1. Melihat materi yang ditawarkan

Pewarna yang menarik dari sebuah tempat pelatihan yaitu tempat kursus adalah materinya. Kamu bisa memilih materi sesuai dengan jenis pekerjaan yang nantinya ingin ditekuni.

Setelah itu cobalah untuk meneliti kembali, apakah tempat kursus tersebut memberikan materi sesuai dengan bidang yang ingin ditekuni. Misalnya kamu ingin menjadi UI designer maka, materi yang berhubungan dengan front end developer harus tersedia.

2. Jumlah siswa dalam satu kelas

Berapa banyak siswa yang akan belajar dalam satu kelas selalu menjadi pertimbangan utamanya. Hal ini nantinya berkaitan dengan fokus yang didapatkan dalam kelas.

Terlalu banyak murid akan membuat pengajar tidak bisa fokus pada setiap siswa. Oleh karena itu, kelas yang hanya memuat beberapa siswa saja akan lebih baik untuk dipilih.

Baca Juga  Merasa Kreatif? Yuk Ikuti Kursus Motion Graphic Serpong

3. Siapakah mentor yang bertugas

Mentor atau pengajar juga harus menjadi pertimbangan saat memilih tempat belajar desain. Kamu harus mendapatkan mentor yang berpengalaman dibidangnya. Karena dengan mentor yang berpengalaman luas akan membuka wawasan kamu supaya bisa berkreatifitas dengan lebih luas lagi.

4. Reputasi yang baik dan meyakinkan

Bagaimana dengan reputasi tempat kursus desain grafis Jakarta tersebut bisa kamu dapatkan dengan mendatangi dan mencari tahu dari kerabat. Ketahui juga reputasi tempat tersebut melalui alumni atau teman yang mungkin saja berasal dari tempat yang sama. Kamu bisa tahu kelebihan dan kekurangannya secara terperinci.

5. Biaya yang logis

Kebanyakan tempat kursus akan mematok biaya yang mahal untuk kursus ini karena begitu banyak orang yang berminat untuk belajar. Jangan memaksakan apabila biaya yang ditawarkan terlalu tinggi bahkan tidak bisa dijangkau olehmu. Namun sebaiknya pilih kursus yang sesuai kantong dengan materi lengkap yang nantinya masih bisa dikembangkan.

Rekomendasi Tempat Kursus Desain Grafis Jakarta Terbaik

Ada begitu banyak tempat kursus yang bisa dipilih di Jakarta, tapi kamu tentu harus memilih tempat yang terbaik. Salah satu tempat yang paling direkomendasikan adalah Codeva. Tempat kursus desain menyediakan banyak kelas dimana kamu bisa lebih fokus untuk belajar.

Ditambah lagi setelah lulus, ada perusahaan yang bekerja sama untuk membuatmu bisa lebih cepat untuk berkarir. Baik itu perusahaan swasta dan negeri menjalin kerja sama dengan Codeva. Dengan begitu apakah kamu masih ingin mencari tempat kursus desain grafis yang lainnya? Ayo segera daftarkan diri kursus di Codeva.co.id sekarang juga.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Leave a Reply