belajar facebook ads

Kursus Digital Marketing: Pengertian, Jenis dan Skill

Kursus Digital Marketing – Di zaman modern ini banyak orang yang ingin bekerja secara praktis. Kecepatan mendapatkan barang atau jasa secara online berkembang dengan sangat pesat. Inilah saat yang tepat untuk mengembangkan skill digital marketing, karena hampir semua lini bisnis membutuhkannya. Kamu bisa mulai belajar Facebook Ads yang merupakan salah satu materi pentingnya.

Melalui Facebook Ads bergam keuntungan dalam mempromosikan bisnis secara online akan terwujud. Mulai dari target konsumen, analisis keadaan pasar, branding, penjualan kemana saja saja dengan target promosi yang tepat. Facebook yang telah menjadi keseharian masyarakat sebagai alat bersosialisasi serta mencari informasi, menjadi hal yang tepat untuk dipelajari bukan?

Jika ingin belajar mengenai Facebook Ads artinya kamu harus mempelajarinya secara luas dalam kursus digital marketing. Ilmu mengenai digital marketing sendiri masih belum dipelajari secara detail di perguruan tinggi khususnya secara teknis. Daripada kamu belajar sendiri akan lebih baik jika mempelajari secara langsung melalui ahlinya di tempat kursus digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

kursus digital marketing

Facebook Ads adalah salah satu bagian dari digital marketing, jadi jika kamu mempelajari digital marketing ilmu yang didapatkan akan lebih luas. Bukan hanya Facebook Ads saja, tetapi ada platform lain yang juga bisa dipelajari seperti website, instagram, email dan masih banyak lainnya.

Lalu apa digital marketing itu? Secara umum, digital marketing adalah sebuah aksi untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa dengan menggunakan taktik pemasaran online. Karena dilakukan online, maka platform seperti sosial media dan e-commerce pun dimanfaatkan. Melakukan promosi dan penjualan pada masing-masing platform membutuhkan teknik tertentu.

Di tempat kursus internet marketing kamu akan mengenali karakteristik dari masing-masing platform dan memanfaatkan fitur iklan yang disediakan seperti Facebook Ads. Ada juga iklan yang dipasang di Instagram, website atau email marketing. Butuh proses yang cukup lama jika ingin mempelajari semuanya secara penuh, jadi lebih baik untuk mempelajarinya satu per satu.

Aturan utama yang harus diperhatikan dalam pemasaran secara online adalah untuk membuat penawaran pada saat yang tepat dan di tempat yang sesuai. Saat ini kebanyakan konsumen memanfaatkan media online. Dimana mereka memanfaatkan sosial media untuk selalu mendapatkan kabar baru. Konsumen juga akan mencari barang atau jasa kebutuhan mereka dengan mencarinya secara online.

Melalui digital marketing, kamu akan berada di tempat yang tepat sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan. Kamu bisa mencari konsumen dengan prospek tinggi dimana mereka bisa berinteraksi untuk menanyakan seputar produk atau jasa yang kamu jual. Belajar digital marketing di awal memang kelihatannya sulit.

Baca Juga  Mau Kursus Web Programming? Yuk Pelajari Dasar-Dasarnya

Kamu harus mengenali dan paham strategi yang digunakan dalam banyak platform dengan karakteristik berbeda-beda. Disinilah kuncinya, yaitu kamu harus mengikuti kursus digital marketing dan mempelajari karakteristik dan strategi yang tepat.

Pada dasarnya ilmu tentang digital marketing tidak berbeda dengan teknik marketing offline atau konvensional. Pada tingkat perusahaan yang besar, keduanya masih digunakan untuk mendapatkan lebih banyak hubungan dengan konsumen dengan prospek yang besar.

Namun kini digital marketing telah merubah sebagian besar marketing konvensional karena dapat menjangkau konsumen secara luas. Sebagai contoh, cobalah ingat kembali produk penting apakah yang pernah kamu beli terakhir kali? Mungkin kamu baru saja membeli pakaian, makanan atau beberapa peralatan rumah tangga.

Apapun yang telah dibeli, kamu pasti akan memulainya dengan pencarian di internet. Kamu akan mempelajari produk yang dibutuhkan, dimana saja dan siapa saja yang menyediakannya dan apa pilihan terbaiknya. Cara menemukan tempat terbaik untuk membeli adalah dengan memperhatikan review, harga, serta rekomendasi dari teman atau keluarga.

5 Langkah Pemasaran Digital Marketting

Dilihat dari apa yang sudah kamu lakukan, maka keputusan untuk membeli dimulai secara online. Apabila semua orang melakukan hal yang sama, maka cara untuk mendapatkan banyak konsumen adalah melalui digital marketing di berbagai platform yaitu :

– Konten, dimana konsumen akan mendapatkan update tentang produk sebagai solusi dari kebutuhan yang dicari.

– Sosial media, dimana digunakan untuk share konten yang telah dibuat.

– Search Engine Optimization (SEO) untuk mengoptimasi konten yang akan keluar ketika seseorang mencari informasi yang dibutuhkan.

– Iklan, dimana berfungsi untuk mendrive trafik secara berbayar ke dalam web atau sosial media dimana konsumen dilihat penawaran.

– Email marketing, dimana kamu bisa melakukan follow up pada audien yang tertarik sehingga membeli produk sebagai solusi yang mereka butuhkan.

Ketika lima langkah tersebut dijalankan, maka kamu akan mendapatkan pemasaran yang efisien dan mudah untuk dijalankan secara online. Tentu saja untuk membangun itu semua kamu harus belajar internet marketing dari dasar.

Skill Dasar Digital Marketing dalam Facebook Ads

kursus internet marketing

Digital marketing telah menjadi ilmu yang banyak diincar oleh kalangan anak muda zaman sekarang. Mengetahui pengertian dan mempelajarinya secara individu tidaklah cukup, perlu bantuan orang yang sudah mengetahui seluk beluk internet marketing lebih dalam. Oleh karena itu perlu untuk mengikuti pelatihan digital marketing yang diselenggarakan dalam sebuah lembaga kursus.

Bagi kamu yang ingin menguasai Facebook Ads dalam digital marketing, pahami dulu skill dasar apa saja yang dibutuhkan. Jadi tidak akan kaget ketika nanti mempelajarinya di kelas kursus. Berikut ini skill dasar yang harus dimiliki seorang digital marketer dalam mempraktekkan Facebook Ads.

1. Pembuatan Konten yang Menarik

Konten selalu menjadi bagian yang penting dalam periklanan bahkan dalam digital marketing. Tanpa konten yang menarik konsumen tidak akan melirik produk yang ditawarkan. Konten akan terus menerus menjadi hal yang sangat besar dalam promosi.

Kamu harus menguasai cara membuat konten menjadi menarik dan berkualitas baik. Dimana hasilnya bisa menimbulkan interaksi dengan konsumen. Satu hal yang menarik dari konten adalah bisa berbentuk yang bervariasi. Konten Facebook ads yang bisa dibuat seperti video, tulisan, e-book, dll.

2. Membuat Video Iklan

Video menjadi strategi iklan Facebook yang sangat ampuh. Video mampu memberikan potensial tinggi dalam menarik perhatian konsumen khususnya untuk produk retail. Bukan hanya itu, video juga bisa naik ke ranking 50 besar Goggle dimana 80% dari konsumen akan membeli produk setelah melihat video iklan.

Apa yang membuatnya sangat menjanjikan? Karena video bentuknya personal. Ketika seseorang dilihat wajah dari orang yang memprmosikan tentu kepercayaan akan meningkat. Seorang digital marketer tak harus mengetahui secara detail bagaimana produksi video. Namun mengetahui bagaimana cara singkat membuat video melalui laptop adalah awal yang baik.

3. Mengetahui Cara Membaca Data

Apapun platform yang nantinya digunakan termasuk Facebook ads, membaca data menjadi skill dasar yang sangat penting supaya dapat membangun strategi kedepannya. Melakukan monitoring dan mendapatkan laporan melalui sebuah tools adalah mudah, tapi yang sulit adalah bagaimana mengumpulkan dan menggunakan informasi untuk mempelajari kebiasaan konsumen dan mengaplikasikannya sebagai sebuah solusi.

Platform Facebook sendiri akan memberikan beberapa informasi seperti data pengguna berdasarkan umur, demografi, jenis kelamin hingga kebiasaan lainnya. Melalui informasi inilah kamu nantinya harus bisa membuat target iklan yang sesuai dengan produk.

4. Persuasif!

Tak hanya skill untuk membaca data, membuat video tetapi juga mampu membuat konten menarik. Menarik yang dimaksud adalah dapat menarik perhatian dan membujuk orang untuk dilihat lalu membeli. Iklan Facebook yang dibuat haruslah inovatif yang mendrive bisnis melaju kencang.

Sebelum membuat konten, cobalah untuk menanyakan kembali. Apakah iklan tersebut cukup menarik seseorang untuk membeli? Apakah cukup meyakinkan bagi tim kerja lainnya bahwa ide milikmu tersebut yang terbaik? Bagaimana cara menjadi persuasif dalam bentuk iklan bisa kamu pelajari di kursus digital marketing.

Empat skill di atas baru dasar-dasar saja dan masih banyak materi lain mengenai digital marketing lain yang harus dikuasai. Untuk mengetahui ilmu apakah yang akan dipelajari, kamu bisa mengetahuinya dengan belajar marketing online sesuai dengan jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Digital Marketing

belajar internet marketing

Seperti yang telah dijelaskan sekilas di atas bahwa ada banyak platform yang dimanfaatkan oleh digital marketer untuk melakukan promosi. Sebagaimana yang telah dijelaskan, beberapa platform tersebut merupakan jenis dari digital marketing. Namun bukan hanya itu saja, ada beberapa jenis lainnya juga.

Seringkali tidak semua jenis platform dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan. Beberapa perusahaan justru memiliki salah satu atau dua platform saja supaya bekerja secara optimal. Berikut ini beberapa jenis digital marketing yang biasanya digunakan.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Jenis yang pertama dan biasa digunakan adalah SEO yang artinya adalah proses untuk meningkatkan bisnis secara online tak berbayar (organic) melalui mesin pencarian. SERPs (Search Engine Results) akan muncul setelah penggunaan beberapa keyword dalam mesin pencarian seperti Google atau Bing. Para pengguna ini akan menghasilkan data sebagai visitor berdasarkan keyword dan lokasi pengguna saat pencarian berlangsung.

Ada banyak sekali faktor yang digunakan di dalam SEO seperti keyword di dalam konten untuk menjadi link ke dalam web di antara web-web lainnya. Ada juga on page dan off page yang digunakan untuk mempromosikan bisnis melalui trik SEO yang tepat. Teknik SEO berubah seiring dengan perkembangan algoritma yang sesuai dengan para pencarinya.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Berbeda dengan SEO yang menggunakan organic search, pada SEM kamu harus mengeluarkan uang supaya web akan tampil di halaman pertama mesin pencarian. Melalui SEM kamu akan membeli spot iklan yang muncul sesuai dengan pengguna dalam data dari SERP. Platform yang menyediakan adalah Google Adword dan Bing Ads.

Mesin pencari mematok harga pada marketer sesuai dengan data yang telah didapatkan dari SERP salah satunya adalah keyword yang spesifik atau frasa. Contoh dari SEM adalah pay per click iklan atau PPC yang merupakan metode digital marketing dimana mesin pencarian akan memberikan biaya pada pemasang iklan sesuai dengan iklan per klik.

Metode PPC kemudian diadopsi juga oleh beberapa macam platform sosial media. Mereka akan mengeluarkan iklan pada news feed penggunanya sesuai dengan target audience dari digital marketer. Sistem ini begitu efektif di berbagai tipe platform.

3. Social Media Marketing

Sosial media merupakan kursus digital marketing yang paling banyak diminati karena merupakan hal yang paling krusial dalam bisnis. Melalui sosial media marketing sangat mudah mengkoneksikan langsung dengan konsumen secara personal. Kamu bisa melakukan interaksi khusus dan mendapatkan konsumen yang memiliki nilai tinggi.

Tapi tahukah kamu bagaimana cara kerja sosial media dalam digital marketing? Memanfaatkan sosial media marketing kamu akan mendapatkan lebih banyak hasil asalkan memposting konten yang berkualitas. Apapun yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan trafik bisnis baik itu Facebook, Twitter, LinkedIn dan lainnya.

4. Content Marketing

Ini adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang digital marketer sekaligus salah satu tipe dalam digital marketing. Siapa saja yang bekerja di bidang internet marketing harus mampu untuk membuat konten dan mentransmisikannya kepada pengguna untuk mendapatkan trafik dan pengeluaran. Konten bisa didapatkan oleh siapa saja secara online.

Selalu pikirkan siapa target audien sebelum menciptakan sebuah konten. Ingat siapakah yang diajak bicara dan apakah nantinya mereka akan tertarik. Penggunaan bahasa serta keyword yang juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan SEO. Sebarkan konten ke seluruh sosial media untuk memaksimalkan jangkauan dan mendapatkan feedback.

5. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah tipe yang baru-baru ini banyak digunakan dalam digital marketing. Maksudnya adalah menggunakan orang yang telah memiliki banyak pencaharian sebagai target pasar untuk meningkatkan traffic dan penjualan. Seorang influencer marketing sangat populer di chanel-chanel sosial media seperti Instagram dan Snapchat.

Beberapa perusahaan bahkan berani untuk melakukan kontrak kerja sama dengan Instagrammers dengan following yang banyak. Tujuannya adalah untuk mempromosikan produk melalui posting atau foto influencer menggunakannya. Sebelum memanfaatkan tipe digital marketing ini, kamu perlu memastikan dalam riset manakah influencer yang tepat untuk diajak bekerja sama.

6. Email Marketing

Merupakan salah satu tipe digital marketing online yang sudah lama digunakan. Melalui email, kamu bisa memberikan update secara berkala kepada para subscriber.

Langkah ini dilakukan untuk memupuk hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Email yang dikirim memberikan nilai yang baik kepada konsumen dan hasilnya adalah membangun kepercayaan dan loyalty.

Langkah memanfaatkan email marketing terbaik harus melalui daftar subscriber yang berasal dari konten bukan yang dibayar oleh perusahaan (influencer). Para subscriber atau pengikut konten yang memberikan respon balik dari email membuktikan bahwa mereka adalah konsumen yang berpotensi sebagai pembeli.

Keuntungan Menjadi Digital Marketer

Keuntungan Menjadi Digital Marketer

Dari awal sudah banyak dibahas apa itu digital marketing, skill yang harus dimiliki hingga tipe-tipenya. Tapi tahukah kamu apa sih keuntungan untuk menjadi seorang digital marketer? Apakah karir sebatas dapat bekerja di sebuah perusahaan? Tentu saja tidak.

Bagi kamu yang masih ragu untuk mengikuti kursus digital marketing, perlu tahu keuntungannya jika belajar tentang digital marketing dari sekarang.

1. Bekerja dimanapun

Seorang digital marketer tidak selalu bekerja di sebuah kantor dan masuk dari pagi hingga sore. Kamu dapat bekerja dimanapun dan terikat kontrak dengan siapa saja bahkan lebih dari satu perusahaan, yang akhir-akhir ini disebut sebagai freelancer. Hanya berbekal laptop dan skill seorang digital marketer kamu bisa bekerja dimana saja.

Kuncinya kamu harus mengasah kemampuan dengan baik mulai dari salah satu platform secara mendalam bisa banyak platform. Semakin banyak yang kamu kuasai tentunya akan mendatangkan kesempatan kerja lebih luas.

2. Gaji lebih tinggi

Tidak memungkiri jika kemampuanmu dalam digital marketing sangat luas, maka akan banyak perusahaan yang ingin mengajak bekerja sama.

Tentunya gaji yang akan kamu dapatkan berbeda dan lebih tinggi. Jika kamu ingin memiliki tujuan yang besar, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan terbaik dan kamu bisa mulai mempelajarinya di kelas kursus dari sekarang.

3. Menjadi kreatif dan mudah bereksperimen

Bukan hanya kesempatan yang terbuka lebar, tapi kamu juga bisa menjadi orang yang lebih kreatif. Karena diharuskan membuat konten yang menarik otomatis kamu harus mengikuti perkembangan trend dan memanfaatkannya menjadi konten berkualitas yang persuasif.

Kamu bisa melakukan banyak eksperimen dengan membuat banyak konten, mempublishnya dan membandingkan manakah yang menarik perhatian.

4. Bekerja dengan lebih banyak orang

Kamu bisa belajar dengan berbagai macam orang. Menerima klien bukan hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri. Bekerja sama dengan lebih banyak orang membuat kamu akan memiliki wawasan yang sangat luas.

Ditambah lagi pekerjaan juga tidak akan menjadi membosankan dan monoton. Apapun bidang yang kamu tekuni dalam digital marketing, memberikan garansi kebebasan.

Dimanakah Tempat Kursus Digital Marketing Terbaik?

tempat kursus digital marketing

Berbicara soal belajar Facebook ads maka kamu harus mencari tempat kursus digital marketing yang terbaik. Kamu bisa belajar di Codeva yang menyediakan kelas materi digital marketing secara luas. Bukan hanya Facebook ads, tetapi juga pemrograman, aplikasi mobile dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang ingin belajar digital marketing, Codeva adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa memilih kelas sesuai dengan materi yang ingin dipelajari. Adapun keuntungan yang akan didapatkan di Codeva adalah sebagai berikut:

– Mempelajari apa saja platform online yang dimanfaatkan dalam digital marketing pada awal-awal kelas.

– Mengenal setiap langkah yang harus dilakukan dalam beriklan secara teknis di berbagai platform marketing online.

– Belajar kebiasaan konsumen secara online sehingga dampaknya dapat dimanfaatkan dalam digital marketing.

– Belajar sekaligus menerapkan secara langsung strategi pemasaran secara online dengan berbagai platform.

– Mempelajari secara tepat bagaimana cara membangun hubungan dengan konsumen sesuai target.

Keuntungan dalam hal materi tersebut secara umum sudah memenuhi kebutuhan untuk menjadi seorang digital marketer. Baik dari segi teknis hingga strategi semuanya membutuhkan kreatifitas dan itu juga akan menjadi bagian yang diasah. Tidak ada yang sulit dilakukan jika kamu nanti telah menguasai semuanya.

Selain materi, keuntungan lain dari tempat kursus digital marketing Codeva adalah fasilitas yang nyaman. Modal yang perlu dipersiapkan adalah laptop atau notebook sendiri, tetapi kamu bisa belajar di dalam kelas yang nyaman, ber AC dan memiliki high speed internet. Sehingga kegiatan belajar mengajar akan lebih nyaman dan efisien.

Apabila kamu ingin menjadi expert di bidang digital marketing tak butuh waktu lama. Codeva menyediakan kelas dengan waktu singkat yang sehingga kamu bisa langsung berkecimpung dalam dunia digital marketing dengan cepat, untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi websitenya di Codeva.co.id dan semoga informasi ini dapat menambah wawasan Kamu, selamat belajar.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *