kursus gmat surabaya

Raih Sukses Dengan Kursus GMAT Surabaya

Kursus GMAT Surabaya – Bagi yang tertarik mengambil MBA, maka harus melewati GMAT test sebelum benar-benar masuk ke sekolah bisnis. Calon mahasiswa juga bisa ikut kursus berbulan-bulan agar sukses ujian GMAT. Lalu apa sebenarnya GMAT test itu?

Apa itu GMAT?

Graduate Management Admission Test atau disingkat GMAT merupakan tes berbahasa Inggris selama 3,5 jam yang dirancang untuk mengukur apakah calon mahasiswa memiliki kemampuan akademis untuk kuliah program MBA (Masters in Business Administration).

Tes yang dilakukan secara computer based dimaksudkan untuk mengetahui skill menulis, logika, kuantitatif, dan kemampuan verbal yang sangat diperlukan saat menjalani perkuliahan MBA

Baca Juga  Ingin Skor GRE Tinggi? Yuk Belajar di Kursus GRE Surabaya
.

Karena pelamar MBA berasal dari seluruh dunia dengan perbedaan latar belakang budaya, bahasa, pengalaman kerja, dan level akademik, maka perlu tes standar yang bisa dijadikan patokan. Dan tes itu adalah GMAT.

Meskipun GMAT bukan satu-satunya penentu, tapi hasil GMAT test digunakan sebagai data awal untuk mengetahui apakah kandidat ini berkompeten atau tidak. Jika skor GMAT yang didapatkan terlalu kecil, misalnya di bawah 550, maka panitia penerimaan mahasiswa tidak akan melihat aplikasi dan hasil tes lainnya.

Ujian GMAT

kursus gmat surabaya

Selain GMAT, ada tes sejenis, yaitu GRE. Tapi sebagian besar mahasiswa yang melamar program MBA, Master of Finance, atau jurusan bisnis lainnya masih lebih memprioritaskan GMAT daripada GRE. Nah ingin tahu apa saja yang diujikan pada GMAT test? Ini dia penjelasan ringkasnya.

1.Analytical Writing Assessment (AWA)

Sesi Analytical Writing Assessment atau esai ini akan berlangsung selama 30 menit. Kalian bisa memilih untuk menempatkan sesi AWA di bagian awal atau paling akhir. Untuk bisa menulis esai, tidak diperlukan pengetahuan pada satu mata kuliah tertentu.

Yang dinilai hanyalah kemampuan membuat analisa atas suatu argumentasi, lalu mengekspresikan dalam sebuah tulisan. Kalian bisa mendukung ataupun mengkritik argumen tersebut, tapi harus dengan alasan yang kuat. Sampaikan apa yang mendasari pendapat kalian, tapi jangan hanya berdasar pendapat pribadi yang subjektif.

Penulisan esai ini dilakukan di komputer dengan software pengolah kata. Kalian tidak akan disalahkan hanya gara-gara salah ketik, tapi skor bisa berkurang kalau kesalahan terjadi karena tata bahasa yang buruk.

2.Integrated Reasoning (IR)

Integrated Reasoning merupakan bagian terbaru dari GMAT dan dimasukkan dalam GMAT pada tahun 2012. Sesi ini akan menilai kemampuan kalian dalam mengumpulkan data, menganalisa, lalu menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Sesi ini sangat penting penting, karena sebagai mahasiswa bisnis, kalian akan mengambil data dalam jumlah yang besar dan membuat keputusan yang tepat. IR akan berlangsung selama 30 menit yang terdiri dari 12 pertanyaan. Jadi rata-rata kalian harus menjawab 1 pertanyaan dalam waktu 2,5 menit.

Pada bagian IR ini, kalian akan melihat banyak tabel, grafik, dan bagan. Tugas kalian adalah menafsirkan data yang terkumpul dari berbagai sumber untuk kemudian menarik sebuah kesimpulan.

3.Quantitative Reasoning (QR)

Sesi Quantitative Reasoning akan mengukur kemampuan kalian dalam bernalar secara matematis, menyelesaikan masalah kuantitiaf, serta membaca grafik. Walau identik dengan soal matematika, kalian tidak perlu khawatir. Karena tidak akan ada soal matematika tingkat atas seperti Integral dan Kalkulus.

Sesi ini hanya menggunakan beberapa materi Matematika Dasar seperti aritmatika, aljabar, geometri, maupun teori bilangan.

Yakinlah, bahwa kesulitan tidak datang karena beratnya soal Matematika. Tapi lebih karena memerlukan skill logika dan analisa. Pada sesi ini, kalian diberikan waktu 75 menit untuk menyelesaikan 37 soal pilihan ganda.

4.Verbal Reasoning (VR)

Sesi yang satu ini akan mengukur kemampuan kalian dalam memahami bahan bacaan berbahasa Inggris, memperbaiki teks agar sesuai aturan bahasa Inggris tertulis, serta kemampuan membaca secara kritis. Karena itu, ada tiga jenis soal pada sesi ini, yaitu reading comprehension, sentence correction, dan critical reasoning.

Reading comprehension akan menguji kemampuan kalian dalam memahami pernyataan, memahami antar poin-poin penting dalam teks, serta menarik kesimpulan.

Setiap soal reading comprehension menuntut kalian mampu menafsirkan teks sesuai konteksnya. Beberapa topik yang sering dibahas pada reading comprehension diantaranya Ilmu Sosial, Sains, serta artikel terkait Bisnis.

Adapun sentence correction akan meminta kalian mengkoreksi kalimat agar benar secara tata bahasa dan mengekspresikannya dengan kalimat yang efektif.

Sementara critical reasoning digunakan untuk mengetahui kemampuan kalian dalam membuat argumen, mengevaluasi argumen, serta merumuskan tindakan apa yang harus dilakukan. Biasanya peserta akan diberikan teks sekitar 100 kata diserta dengan pertanyaan apakah kalian mendukung atau menolak argumen tersebut.

Agar bisa melewati sesi Verbal Reasoning, kalian harus membekali diri dengan pengetahuan tata bahasa dan wawasan kosakata yang luas.

Baca Juga  Mendapat Skor Tinggi Dengan Kursus SAT Surabaya

Skor GMAT

Skor total yang didapatkan pada GMAT ada di kisaran antara 200 hingga 800. Biasanya skor GMAT akan dikirim 20 hari setelah hari pengujian. Selain itu, kalian akan mendapat laporan peringkat dibanding peserta lainnya.

Misalnya saja kalian mendapat persentil ke 90, artinya skor kalian lebih tinggi dari 90% peserta lainnya. Kalian akan mendapat laporan persentil ini per bagian tes. Jadi bisa saja kalian mendapat persentil ke 90 di integrated reasoning, tapi hanya persentil ke 80 di bagian verbal.

Lalu berapa skor yang diperlukan untuk masuk sekolah bisnis top? Skor rata-rata GMAT ada di angka sekitar 550. Tapi kalau kalian mampu meraih skor di atas 700, kalian boleh optimis bisa memilih sekolah bisnis papan atas di seluruh dunia.

Tempat kursus GMAT Surabaya

kursus gmat surabaya

Nah sekarang kita sudah cukup jelas kan dengan GMAT? Selanjutnya apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan GMAT test?

Karena soal-soal GMAT terkenal sulit, cara terbaik mempersiapkannya adalah belajar bersama pengajar yang expert. Belajar bersama expert membuat kalian bisa mempersiapkan diri secara efekti, dan tepat sasaran. Banyak lho yang gagal dan harus mengulang hanya karena tidak mendapat panduan metode persiapan yang tepat.

Nah bagi mahasiswa di Surabaya dan sekitarnya, sekarang sudah ada tempat kursus GMAT Surabaya yang akan membantu kalian meraih skor maksimal dan masuk ke sekolah bisnis yang diidam-idamkan, yaitu Westwood Preparation atau biasa disingkat Westwood Prep.

Walau termasuk baru di Surabaya, tapi Westwood Prep sudah eksis terlebih dulu di Jakarta dan telah banyak membantu mahasiswa meningkatkan skor mereka. Bahkan banyak siswa yang mengalami peningkatan skor sangat besar.

Kelebihan tempat les GMAT Surabaya di Westwood Prep terletak pada pengajar yang luar biasa, jadwal yang sangat rapi tapi fleksibel, materi belajar berkualitas tinggi, serta latihan akhir yang membantu siswa lebih siap dengan tes sebenarnya.

Awalnya banyak siswa yang kesulitan dengan standar GMAT yang sulit, tapi dengan strategi yang diberikan pengajar, pada akhirnya siswa paham cara penyelesaian yang cerdas.

Pengajar Westwood Prep juga sangat paham dengan kelebihan dan kekurangan tiap siswa. Karena itu, mereka melakukan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Nah kalau kalian ingin tahu banyak mengenai kursus GMAT Surabaya, kalian bisa hubungi contact center 0811-123-0051 atau datang langsung ke kantor Westwood Prep yang ada di Plaza Graha Famili Blok D-26, Jl. Mayjen Yono Suwoyo, Surabaya (samping SMA Kristen Petra 1). Selamat belajar dan sukses selalu ya!

(Visited 54 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *