Ingin Sukses Tes IGCSE? Yuk Belajar Di Kursus IGCSE Surabaya

Kursus IGCSE Surabaya – IGCSE mungkin tidak terlalu populer, hanya beberapa gelintir golongan saja yang mengenal istilah ini. Tapi seiring globalisasi dan meningkatnya keinginan orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke luar negeri, ternyata banyak lho yang menginginkan anaknya mendapat sertifikat IGCSE.

Karena sertifikat IGCSE ini diakui di negara yang level pendidikannya sangat tinggi, seperti Inggris, Amerika, maupun Australia.

Pengertian IGCSE

kursus igcse surabaya

Berdasar definisi Wikipedia, International General Certificate of Secondary Education atau IGCSE adalah ujian standar internasional yang ditujukan untuk pelajar sekolah menengah.

Kurikulum yang dirancang Cambridge International Examination atau CIE biasa digunakan siswa berusia 14 hingga 16 tahun untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, yaitu pre university. Karena kurikulumnya dirancang oleh Universitas Cambridge, tidak heran kalau IGCSE memiliki bobot yang sangat tinggi.

Walaupun ada beberapa pelajaran yang sama dengan kurikulum Indonesia, tapi jelas IGCSE memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah IGCSE fokus ada pengembangan logika, kreatvitas, dan mampu mengaplikasi teori dalam pemecahan masalah.

Baca Juga  Apa Itu IGCSE dan Kenali Les Privat IGCSE Jakarta Terbaik

Jadi kurikulum IGCSE ini tidak hanya mengedepankan teori dan membuat siswa menjadi pintar saja. Tetapi menggabungkan teori dan prakter serta menumbuhkan kepercayaan diri siswa untuk mencapai level pendidikan tertinggi.

Kurikulum IGCE sendiri mulai diterapkan pada tahun 1988 di Inggris. Dan karena kualitasnya yang luar biasa, banyak negara yang tertarik menggunakannya. Bahkan sekarang ini kurikulum IGCSE digunakan sebagai kurikulum resmi di 120 negara di dunia.

Jadi bagi siswa yang memiliki sertifikat IGCSE, mereka akan diterima dengan senang hati kalau mau melanjutkan sekolah di luar negeri seperti Amerika, Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, Malaysia, dan negara bekas jajahan Inggris lainnya.

Mereka juga bisa langsung diterima tanpa harus menjalani matrikulasi atau penyesuaian kurikulum. Makanya banyak siswa yang lanjut sekolah di luar negeri begitu memegang sertifikat IGCSE.

Mata pelajaran yang diujikan dalam sertifikasi IGCSE

kursus igcse surabaya

Kenapa orang tua ingin memberikan pendidikan kurikulum Cambridge? Beberapa alasannya adalah agar siswa terbiasa menjalani pendidikan yang disampaikan dalam bahasa Inggris, mampu bersaing di tingkat internasional, serta memudahkan untuk lanjut kuliah di universitas favorit luar negeri.

Maka dari itu IGCSE tidak hanya mengajarkan untuk pinter menghapal saja, tapi harus cerdas secara intelektual serta mampu memaksimalkan semua bakat yang dimilikinya. Siswa selalu dibiasakan dengan studi kasus dan tahu cara menerapkan teori dalam kasus tersebut.

Untuk mata pelajarannya, terdapat total 70 mata pelajaran. Tapi siswa diminta mengambil setidaknya 5 hingga 14 pelajaran saja. Diantara mata pelajaran itu ada yang wajib diambil, yaitu Bahasa Inggris, Matematika Dasar, dan Ilmu Sains.

Pelajaran tersebut menjadi wajib karena menjadi dasar saat masuk di jenjang Universitas. Adapun mata pelajaran tambahan yang bisa diambil siswa adalah Bisnis, Geografi, Teknologi Informasi, Desain, Komputer, dan masih banyak lagi. Siswa bisa mengambil mata pelajaran tambahan tersebut secara bebas.

Walau jumlah pelajaran yang diambil sangat minim, jangan harap kalian bisa menjalaninya dengan mudah. Bagi siswa yang terbiasa belajar teori saja, dapat dipastikan akan menemui kesulitan besar saat ujian. Karena soal ujian IGCSE mengharuskan siswa berpikir kreatif, inovatif, dan mampu berperan sebagai problem solver.

Ciri khas lain dari kurikulum IGCSE adalah penilaiannya yang menggunakan huruf, alih-alih angka seperti yang terjadi di sekolah menengah di Indonesia. Siswa yang meraih hasil sempurna akan diberi nilai A*. Sedangkan nilai terendah adalah G.

Nah untuk bisa masuk di universitas favorit di luar negeri, setidaknya siswa mampu meraih nilai C. Karena ada banyak kampus luar negeri yang mensyaratkan nilai C pada sertifikat IGCSE.

Kursus IGCSE Surabaya

Sebelumnya sudah dijelaskan bahawa tes IGCSE memiliki bobot dan kualitas sangat tinggi. Maka tidak heran kalau akhirnya banyak yang memutuskan untuk ikut kursus IGCSE.

Selain itu, sangat jarang ada siswa Indonesia yang terbiasa dengan soal bergaya IGSCE, sehingga ikut kursus membantu siswa menyiapkan diri sebelum berhadapan dengan tes yang sesungguhnya.

Baca Juga  Ayo Rek! Ikuti Kursus Bahasa Perancis di Surabaya

Bagi siswa yang berada di Surabaya dan sekitarnya, kalian tidak perlu bingung-bingung lagi mencari tempat kursus IGCSE Surabaya. Karena sekarang sudah hadir West Wood Preparation yang sudah berpengalaman mengantarkan siswa Indonesia sukses dalam ujian IGCSE.

Sebagai lembaga kursus IGCSE berpengalaman, salah satu letak kekuatan West Wood Prep adalah instruktur. Siswa akan dibimbing oleh pengajar yang smart, muda, dan siap berdiskusi mengenai pelajaran kurikulum Cambridge.

Siswa diberikan kesempatan bertanya kapan saja, bahkan pengajar sangat terbuka untuk menjawab pertanyaan di luar jam belajar. Siswa tidak hanya diajari cara mengerjakan soal-soal IGSCE. Tapi juga dibentuk pola pikir dan logikanya berdasarkan kurikulum IGCSE.

Metode belajar seperti ini menjadikan siswa siap memecahkan berbagai masalah yang diajukan di ujian IGCSE. Pengajar West Wood Prep juga dibekali kemampuan mendiagnosa kelebihan dan kekurangan siswa. Kalau sudah terdeteksi, maka siswa akan diasah kelebihannya menjadi lebih maksimal lagi.

Dengan bimbingan bersama instruktur yang tepat, tidak heran kalau alumni West Wood Prep sudah banyak yang berhasil lanjut studi ke beberapa negara favorit.

Nah sambil menunggu jadwal ujian IGCSE yang biasa diadakan di bulan Mei, Juni, Oktober, dan November, tidak ada salahnya kalau siswa ikut kursus IGCSE Surabaya bersama West Wood Prep.

Dan untuk mengetahui segala sesuatu mengenai kurikulum IGCSE, silakan hubungi hotline services di nomor 0811-123-0051. Atau bisa juga dengan mengunjungi tempat les IGCSE Surabaya West Wood Prep yang ada di Plaza Graha Famili Blok D -26, JL. Mayjen Yono Suwoyo, Surabaya (Samping SMA Kristen Petra 1). Nah, selamat belajar ya!!

(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply