kursus web programming

Mau Kursus Web Programming? Yuk Pelajari Dasar-Dasarnya

Kursus Web Programming – Pernahkah kamu bertanya bagaimana sebuah program komputer bekerja? Misalnya seperti Ms Excel yang bisa bekerja untuk menjumlahkah atau menyusun data secara akurat.

Semua program tak berjalan begitu saja karena ada orang yang menciptakannya sehingga program bisa membantu dalam kehidupan sehari-hari baik itu pekerjaan atau pendidikan.

Hal yang sama juga bekerja pada sebuah website, seperti bagaimana website seperti Pinterest memiliki layout yang susunannya rapi dengan konten mudah ditemukan.

Semua adalah hasil kerja keras seorang web developer. Hingga akhirnya website memiliki navigasi yang mudah, desain yang menarik untuk digunakan oleh banyak khalayak. Maraknya website modern ini akhirnya mengundang banyak rasa keingintahuan orang banyak untuk mempelajarinya.

Kini untuk bisa belajar tak harus masuk ke jurusan IT dan menyelesaikan kuliah selama beberapa tahun. Kamu bisa mengikuti kursus web programming yang dilakukan selama beberapa bulan. Materinya lebih fokus dan dari dasar. Penasaran apa saja materi dasar apa saja yang akan dipelajari? Simak disini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Web Programmer

kursus pemrograman web
Sebelum mempelajari materi dasar, kamu harus tahu terlebih dahulu apa sih web programmer itu? Jangan-jangan kamu masih salah mengira bahwa web programmer adalah web designer. Jangan sampai salah, karena gugus tugas dari keduanya sangatlah berbeda.

Web programmer disebut juga sebagai backend web developer merupakan seorang programmer yang bekerja dalam pembuatan web atau aplikasi web memanfaatkan bahasa pemrograman. Tugas utamanya adalah menjadi penghubung sumber data pada website seperti pemanggilan database, pembuatan halaman web yang dinamis serta mengatur pengalaman pengunjung ketika berinteraksi pada setiap elemen web.

Jika kamu ingin belajar menjadi seorang web programmer maka adalah beberapa bagian aplikasi yang harus dipahami. Seperti Javascript, ASP, MySQL, PHP, Python, Ruby, dan masih banyak lainnya. Semua bahasa pemrograman harus dikuasai dan juga mampu operasional database.

Baca Juga  Waspadalah! Ini Dia 12 Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya

Web designer disisi lain adalah orang yang bekerja untuk membuat tampilan web menjadi lebih menarik pengunjung. Ranah pekerjaan ini juga disebut sebagai frontend web developer. Wilayah kerjanya berbeda, karena web designer akan berkecimpung dalam hal gambar, multimedia, file flash yang nantinya akan membuat pengunjung mendapatkan pengalaman visual yang menarik.

Keahlian yang dibutuhkan dari seorang web designer adalah JavaScript, PHP, ASP, HTML, Adobe Photoshop, GIMP, Corel Draw, animasi dan lain sebagianya. Tanggung jawab tampilan web dimiliki seorang web designer sehingga keterampilan berkomunikasi sangat dibutuhkan.

Nah, kini sudah paham bukan perbedaan keduanya. Jadi apakah kamu mau memulai kursus web programing atau web design?

Dasar-Dasar Pemrograman yang akan Dikuasai

kursus web developer
Setelah paham apa itu web programmer, saatnya masuk ke materi pemrograman yang biasa digunakan dalam sebuah komputer. Pemrograman merupakan sebuah urutan yang dikumpulkan dalam bentuk perintah komputer supaya dapat menggerakan sesuatu. Instruksi ini menggunakan bahasa pemrograman bentuknya adalah kode.

Jadi pada saat membuat sebuah program dalam komputer atau web sekalipun, mengetahui bahasa pemrograman sangatlah penting. Karena bagian ini akan menjadi penghubung programmer dengan pengguna software atau web tersebut. Bahasa pemrograman merupakan keahlian yang sangat penting untuk dikuasai, karena akan mempermudah pekerjaanmu nantinya.

Baca Juga  Apa Itu Bahasa Pemrograman dan Macam-Macamnya

Ada beberapa bahasa pemrograman dasar yang sering digunakan oleh programmer. Semua ini nantinya akan kamu pelajari di kelas kursus pemrograman web.

1. Java

Merupakan bahasa pemrograman yang bentuk logonya adalah cangkir kopi dan termasuk yang sangat terkenal. Java sering digunakan untuk perangkat OS yang berbeda-beda seperti iOS, windows, dan Linux.

2. C++

Bahasa ini adalah pengembangan dari bahasa C yang sebelumnya banyak digunakan. Orientasi dari bahasa ini bertumpu pada objek. Jika dibandingkan dengan Java, maka sintaks yang digunakan hampir mirip. Bedanya adalah pada penyelesaian masalahnya.

3. Pascal

Bagi para pemula, bahasa dasar pemrograman ini perlu dipelajari atau sebaiknya dipilih. karena bahasa ini lebih mudah dibandingkan dengan Java atau C++.

4. PHP

Ini dia, bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakan sebuah program web. Bahasa pemrograman ini akan dipadukan dengan CSS beserta HTML atau XML. Fungsi utama dari PHP adalah menghidupkan tampilan yang telah dibuat dengan menggunakan HTML atau CSS. PHP digunakan biasanya pada bagian tombol input data serat untuk memaksimalkan fungsi SEO supaya web muncul pada halaman sistem pencarian.

Setelah mendengar bahasa pemrograman apakah kamu sudah mulai sedikit jelas? Tentunya bahasa pemrograman ini tak bisa dipelajari sendiri, kamu perlu mengikuti kursus web programming untuk bisa mendalaminya lebih jauh lagi.

Basic Web Developer yang akan Dipelajari

kursus full stack developer

Pada pengertian web programmer di atas sempat disinggung mengenai frontend web developer dan backend web developer. Ada juga sebutan full stack web developer yang artinya menguasai semua bidang keahlian baik itu frontend dan backend web developer.

Kamu mungkin juga mempertimbangkan untuk bisa menguasai kemampuan full stack web developer, tapi perlu waktu yang lebih panjang untuk mempelajarinya.

Oleh karena itu akan lebih baik jika menguasai satu per satu kemampuan di kedua bidang tersebut. Dengan begitu kamu nantinya bisa menjadi seorang web developer yang handal.

Masing-masing memiliki materi dasar sebagai web developer yang harus dipelajari yaitu sebagai berikut ini:

1. Frontend Web Developer

Karena bekerja untuk menciptakan antarmuka halaman website maka ada beberapa materi dasar yang wajib dikuasai nantinya setelah belajar di tempat kursus web programming berikut.

– HTML (Hypertext Markup Language)

HTML adalah bahasa skrip yang fungsinya untuk penyusunan konten dalam web. Melalui HTML kamu bisa menyusun judul, gambar, paragraf serta navigasi dan masih banyak lainnya. Cara kerja HTML tidak tidak dapat berdiri sendiri karena hanya dapat membuat halaman web yang sederhana dan perlu CSS.

– CSS (Cascading Style Sheets)

CSS merupakan pelengkap dari HTML yang akan membuat tampilan web menjadi lebih indah. Fungsinya adalah pengaturan dari setiap elemen serta pemberian warna dan tampilan yang sesuai dengan ukuran layar.

– Javascript

Materi dasar ketiga adalah sebuah bahasa pemrograman yang fungsinya untuk membuat halaman web lebih interaktif. Pengunjung web bisa mendapatkan informasi terbaru tanpa harus refresh halaman terus menerus. Semua langkah seperti drag and drop serat infinite scroll akan bisa diatur melalui Javascript.

Baca Juga  Menjadi Profesional Dengan Kursus Web Master Serpong

2. Backend Web Developer

Tampilan yang sudah disusun oleh front end web developer bisa saja sangat menarik, tapi itu tidak ada artinya jika sistem didalamnya tidak bekerja dengan baik. Materi dasar pertama yang harus dipelajari adalah PHP yang sudah diterangkan di atas, namun bukan hanya itu saja. Ada beberapa materi lainnya yang harus dipelajari sebagai berikut:

– Python

Sebuah bahasa program yang memiliki fungsi sangat umum dan lengkap. Hampir semua kebutuhan backend web programming menggunakan bahasa program ini. Kebanyakan digunakan untuk banyak universitas di Amerika karena sintaks yang digunakan mudah dipelajari serta dibaca. Materi yang dipelajari bisa berupa Django, Bottle atau Flask.

– SQL

Bahasa pemrograman SQL (Structured Query Language) berfungsi untuk menyimpan data yang bentuknya tabel atau kolom. Bahasa khusus yang digunakan berfungsi untuk menciptakan data baru, membaca data, memperbaharui data serta menghapus data.

– Node. js

Muncul pertama kali tahun 2009 yang dirilis oleh RYan Dahl. Teknologi ini dibuat untuk memudahkan semua backend untuk bisa menggunakan Javascript. Karena fungsinya inilah akhirnya membuat para frontend juga membangun backend menggunakan Javascript.

Keuntungan Menjadi Web Programer Di Masa Depan

web programming

Tahukah kamu jika belajar menjadi seorang programmer di masa sekarang akan memberikan dampak besar di masa depan. Di zaman yang serba teknologi ini keahlian sebagai seorang programmer terus menerus dibutuhkan. Sebagai jalan pintas yang cepat, kamu bisa mempelajarinya di kursus web developer yang tak kalah lengkap materinya dengan tingkat universitas loh.

Ada beberapa keuntungan menjadi programmer yang akan kamu dapatkan sebagai berikut:

– Mengasah logika dan ketelitian karena membuat program penuh dengan rumus matematika dan ketepatan.

– Lapangan pekerjaan terbuka lebar karena begitu banyak perusahaan yang membutuhkan programmer untuk memajukan lini bisnis mereka.

– Terus berkembang karena dunia teknologi selalu mengalami kemajuan yang membuatmu tidak akan ketinggalan zaman.

Rekomendasi Tempat Kursus Web Progamming

Kini kamu tak perlu bingung untuk memilih tempat kursus web programming dimana bisa mempelajari semua ilmu sebagai seorang web developer. Codeva telah menjadi tempat kursus terpercaya yang bisa menambah serta mengembangkan keterampilan sebagai seorang programmer.

Prosesnya tidak membutuhkan laptop atau komputer dengan spek tinggi, karena kamu bisa belajar menggunakan laptop yang sekarang sudah dimiliki. Mulai dari materi dasar programmer hingga web developer yang sudah dijelaskan di atas akan kamu dapatkan di sini.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *