8 Mesin Pencari Selain Google Yang Perlu Kalian Coba

Mesin Pencari Selain Google – Search engine atau mesin pencari telah memungkinkan kalian mengetahui apa saja dengan cepat. Tapi apa yang kalian lakukan saat ingin mencari informasi di internet? Sebagian besar dari kita pasti segera mencari di google.

Padahal google bukanlah satu-satunya mesin pencari yang ada di internet. Ada lebih dari 20 mesin pencari lainnya yang siap menjadi kompetitor google. Tapi tidak ada satupun dari mereka yang memberikan ancaman besar bagi google, setidaknya hingga detik ini.

Sebagai informasi saja, banyak lho diantara mesin pencari selain google tersebut yang juga memiliki fitur menarik dan bisa diandalkan. Nah bagi kalian yang ingin mencari alternatif mesin pencari selain google, ini dia beberapa diantaranya

1.Bing.com

Banyak yang berkomentar kalau Bing merupakan salah satu kompetitor utama google dalam hal market share. Mereka disebut-sebut memiliki market share di atas 6% dari total pasar mesin pencari. Dalam hal tampilan visual, bisa dibilang Bing cukup inovatif.

Mereka selalu meng-update halaman depannya dengan visual yang berubah-ubah. Mulai dari gambar pemandangan alam, gedung, hewan, olahraga, dll, semua disuguhkan dalam gambar beresolusi tinggi.

Salah satu kelebihan bing yang harus kalian coba adalah kemampuannya dalam menampilan hasil pencarian video. Mereka mampu menampilkan video hasil pencarian dalam bentuk thumbnail. Saat kalian mengarahkan kursor ke salah satu video, secara otomatis bing akan membuat preview dan memberi kalian informasi lebih rinci.

Begitu juga dalam pencarian image, bing mampu menampilkan hasil pencarian dengan lebih tajam dan kualitas lebih tinggi. Penasaran dengan hasil pencariannya? Langsung saja kunjungi bing.com dan bandingkan dengan hasil pencarian google.

2.Yahoo.com

Bagi kalian yang sudah berselancar di dunia maya pada tahun 2000-an, pasti tahu kalau yahoo merupakan mesin pencari terpopuler saat itu. Tak terbayang kan kalau sekarang yahoo ada di belakang google dan bing dalam hal popularitas. Padahal yahoo berusia lebih tua daripada dua mesin pencari ini.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Menggunakan Aplikasi

Walau begitu, sampai saat ini yahoo masih banyak penggemarnya. Terutama bagi mereka yang ingin segera tahu informasi apa saja yang sedang populer saat ini. Karena halaman beranda yahoo menampilkan banyak informasi menarik dari dunia hiburan, teknologi, sport, berita politik dll.

Yahoo finance masih diandalkan banyak orang untuk mendapatkan update informasi dalam bisnis dan ekonomi. Kerjasamanya dengan Flickr juga menjadikan yahoo mampu menghasilkan pencarian gambar dengan kualitas lebih baik. Selain itu, mereka juga memiliki Yahoo Local dan Yahoo Weather yang cukup disukai banyak orang.

3.DuckDuckGo.com

Pernah mendengar mesin pencari DuckDuckGo.com? Bagi kalian yang membutuhkan privasi, maka DuckDuckGo bisa menjadi pilihan mesin pencari selain google. Jika google mencatat semua yang kalian lakukan saat browsing, DuckDuckGo justru berkebalikan.

Situs pencari yang mulai beroperasi pada tahun 2008 ini banyak disukai karena kebijakannya untuk tidak mencatat data penggunanya. DuckDuckGo tidak akan bisa memanfaatkan data pribadi penggunanya untuk kepentingan iklan.

Jadi kalian bisa menggunakan mesin pencari ini tanpa harus khawatir terganggu dengan iklan yang tidak diinginkan.

Selain itu, mesin pencari DuckDuckGo juga bersih dari iklan, setidaknya sampai saat ini. Mereka sepertinya tidak terlalu berambisi dalam meraup untung melalui iklan, tapi memberi kesan ingin memberikan manfaat bagi penggunanya. Walau belum menyaingi google, tapi DuckDuckGo bisa menjadi alternatif terbaik bagi semua orang.

4.Ask.com

Seperti namanya, awalnya ask.com merupakan mesin pencari dengan platform tanya jawab. Pada awal beroperasi pada tahun 1996, pengguna harus mengetikkan pertanyaan alih-alih satu atau dua kata kunci. Tapi kini ask.com telah menjadi salah satu mesin pencari yang populer di kalangan pengguna internet.

Walaupun bisa digunakan sebagaimana mesin pencari lainnya, kesan sebagai situs komunitas tanya jawab masih lebih terasa daripada sebuah situs mesin pencari.

Baca Juga  Pengertian Search Engine, Fungsi, Serta Macam-Macamnya

5.StartPage.com

Seperti halnya DuckDuckGo, startpage menjadi salah satu mesin pencari yang menghargai privasi. Startpage berjani tidak akan mencatat alamat IP komputer kalian dan tidak merekam apa yang kalian lakukan di internet. Otomatis mereka tidak bisa mengumpulkan dan menjual data pribadi penggunanya.

Intinya, startpage hanya akan melakukan pencarian berdasar apa yang ada di mesin pencari. Tapi startpage juga sadar sangat sulit mengalahkan google dalam hal kemampuan pencarian online.

Karena itu startpage membayar google dalam mesin pencarinya dan menghapus data pengguna. Hasilnya, inovasi ini menjadikan startpage sebagai salah satu mesin pencari terlengkap tapi tetap menjaga privasi.

6.Internet Archive (archive.org)

Meskipun banyak yang berpendapat internet archive bukan mesin pencari, tapi nyatanya situ ini mampu menemukan arsip situs web di masa lalu. Pernahkah kalian mencari artikel online yang berusia diatas 10 tahun dan mendapati situs tersebut sudah mati?

Kebanyakan dari kita biasanya akan menyerah. Tapi kalian pasti akan terkejut kalian masih bisa menemukan situs web yang hilang tadi dengan mudah. Caranya, kalian tinggal meng-copy paste alamat situsnya ke archive.org.

Jadi internet archive berfungsi seperti layaknya museum atau perpustakaan online yang menyimpan berbagai dokumentasi di masa lalu. Untuk urusan ini, bahkan internet archive bisa lebih hebat dari google sekalipun.

7.Dogpile.com

Dogpile merupakan salah satu mesin pencari tertua yang masih eksis hingga sekarang. Mereka sudah ada sejak awal-awal internet tapi menghilang pada akhir 1990-an. Sempat dilupakan banyak orang, sekarang dogpile telah kembali dengan pengguna yang lumayan banyak.

Dogpile menggunakan cara unik dalam proses pencariannya. Mereka mendapatkan hasil pencarian dengan mengumpulkan data dari beberapa mesin pencari seperti google, yahoo, dll.

Hasil pencarian dari beberapa sumber mesin pencari tersebut lalu dipilih berdasarkan yang paling relevan lalu dibagikan ke penggunanya. Dengan cara ini, dogpile mengklaim mendapat hasil pencarian lebih baik dibanding mesin pencari lainnya.

Baca Juga  Cara Menghapus File Atau Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus

8.Quora.com

Quora merupakan situs pencari yang bekerja dengan platform tanya jawab. Kalian bisa mengetikkan pertanyaan dan quora akan menampilkan pertanyaan serupa yang diposkan orang lain beserta jawabannya. Quora.com bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin mendapatkan sedikit hasil pencarian tapi jawabannya mengena.

Sekarang ini quora menjadi tempat diskusi yang luar biasa. Di quora, siapapun bisa mengajukan pertanyaan dan menjawab. Coba kalian ketikkan “ways to get rich in 5 Years”, maka pertanyaan ini akan dijawab oleh jutawan, CEO, businessman, dan orang-orang berkompeten lainnya.

Secara umum, google masih menjadi raja yang menguasai lebih dari 90% market share mesin pencari di seluruh dunia. Google telah memproses lebih dari 1,2 Triliun pencarian setiap tahunnya. Lalu kenapa google bisa sebesar sekarang dan menjadi mesin pencari terfavorit?

Jawabannya adalah karena google mampu menampilkan jawaban yang akuran dan cepat. Walau jawaban yang muncul terkadang tidak sesuai keinginan, tapi secara umum pengguna puas dengan hasil mesin pencari google.

Selain itu, google memiliki fitur terlengkap dibanding mesin pencari lainnya. Google bisa digunakan untuk mencari video, gambar, berita, berbelanja, bahkan bisa sebagai petunjuk arah saat mengemudi.

Tapi daftar mesin pencari selain google di atas bisa bermanfaat saat kalian mencari sesuatu yang spesifik. Misalnya kalian bisa menggunakan archive.org untuk mencari situs web berusia tua yang saat ini sudah ditutup. Atau silakan menggunakan quora.com saat kamu memiliki pertanyaan dan ingin mendapat jawaban yang unik.

Jadi kalau kalian penasaran dengan keampuhan beberapa mesin pencari di atas, cobal dulu dengan searching dan silakan buat penilaian. Selamat mencoba ya!!

(Visited 42 times, 1 visits today)

Leave a Reply