Apa Pengertian Present Continous Tense dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Present Continous Tense – Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar mengenai tense dalam grammar? Pasti terbayangkan ada banyak rumus tense yang harus dihafal dan juga penggunaannya dalam sebuah kalimat dengan tata bahasa yang baik.

Bagi Anda yang sedang mempelajari bahasa Inggris maka sangat penting untuk menguasai grammar sehingga penempatan subjek dan kosa kata lain akan tepat.

Ada tiga tense utama yang dibagi sesuai dengan waktu yakni past, present dan future yang masing-masing memiliki rumus berbeda tergantung penggunaannya dalam kalimat yang akan dibentuk. Salah satu jenis tense yang digunakan adalah present tense.

Artinya adalah tata bahasa yang digunakan untuk menyatakan waktu sekarang. Rumus ini pun masih dibagi menjadi empat bagian yang salah satunya adalah present continous tense.

Baca Juga  Kenali Jenis dan Contoh 10 Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris

Apa itu present continous tense dan bagaimana penggunaannya dalam sebuah kalimat? Dalam artikel ini Anda akan mengetahui jawabannya.

Pengertian present continous tense adalah rumus tense yang menyatakan tentang kejadian atau kegiatan yang sedang berlangsung. Kegiatan tersebut masih dilakukan dan belum berkahir.

 

Rumus present continous tense ini jika digambarkan dalam bahasa Indonesia adalah kegatan yang sedang berlangsung misalnya seperti sedang mengetik, sedang makan atau kegiatan lainnya.

Rumus yang digunakan untuk present continous tense adalah sebagai berikut ini:

Baca Juga  10 Kata-kata Motivasi Bahasa Inggris Menginspirasi Anda Untuk Sukses

– Kalimat positif : Subjek + to be + Ving

– Kalimat negatif : Subjek +to be + not + Ving

– Kalimat tanya : to be + Subjek + Ving

Kata to be yang ada di dalam rumus diganti dengan am, is, are tergantung dengan subjek sebelumnya dalam kalimat negatif atau kalimat positif dan tergantung subjek yang mengikuti dalam kalimat tanya. Jika menggunakan rumus di atas berikut ini beberapa contoh kalimatnya.

• Father is writing a book (Ayah sedang menulis buku)

• Father is not writing a book (Ayah tidak sedang menulis buku)

• Is Father writing a book (Apakah Ayah sedang menulis buku?)

• Mother is cooking in the kitchen (Ibu sedang memasak di dapur)

• Mother is not cooking in the kitchen (Ibu tidak sedang memasak di dapur)

• Is Mother cooking in the kitchen (Apakah ibu sedang memasak di dapur?)

Baca Juga  Cara Cepat Menghafal Kata Kerja Bahasa Inggris V1 V2 V3

• Ani is having dinner at a restaurant (Ani sedang makan malam di restaurant)

• Ani is not having dinner at a restaurant (Ani tidak sedang makan malam di restaurant)

• Is Ani having dinner at a restaurant (Apakah Ani sedag makan malam di restaurant?)

Setelah memahami pengertian continous tense dalam bentuk rumus dan aplikasinya pada sebuah kalimat maka Anda bisa mengembangkannya kembali dalam kalimat yang lebih.

(Visited 90 times, 1 visits today)
Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

 

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

 

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

 

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *